Artikel Pilihan

Komposisi yang Terkandung di Dalam Bibit Buah Bidara

Bibit Pohon Bidara

Salah satu tanaman yang terkenal dan paling banyak ditanam di Indonesia adalah bidara yang bisa didapatkan dari menanam bibit pohon bidara. Berbagai penyakit bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi bibit pohon bidara. Tanaman yang satu ini memang memiliki banyak sekali kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Ada beberapa bagian yang bisa dimanfaatkan dari tanaman yang satu ini, antara lain adalah daun dan buahnya. Daun dari pohon bidara bisa direbus dan diminum air hasil rebusannya untuk mengobati berbagai penyakit. Buahnya juga bisa digunakan sebagai bibit pohon bidara yang lain juga memiliki komposisi yang mengesankan. 

Komposisi Dalam Sebiji Bibit Pohon Bidara 

Bibit Pohon Bidara
Sumber: sehatq.com
Dalam 100 gram buah atau bibit pohon bidara mengandung kalori sebesar 5,92 dengan karbohidrat, gula, serat, lemak, protein, air, tiamin, riboflavin, niasin, kalsium, zat besi, dan fosfor. 

1. Karbohidrat 

Karbohidrat merupakan makronutrien yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi utama. Anda harus mendapatkan karbohidrat sebanyak 60% dari total berat badan. Dalam 100 gram bibit pohon bidara, terdapat 17 gram karbohidrat. 

2. Gula 

Bibit pohon bidara sebanyak 100 gram mengandung 10 gram gula. Zat yang terasa manis ini sebenarnya sama seperti karbohidrat yang merupakan sumber energi bagi tubuh. Namun, terlalu banyak mengkonsumsi gula bisa menyebabkan obesitas dan diabetes. Baiknya, anda mengkonsumsi gula sebanyak 25-30 gram. 

3. Serat 

Serat berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan mempercepat proses penyerapan nutrisi oleh tubuh. Dalam 100 gram bibit pohon bidara, terdapat 0,6gram serat. Anda membutuhkan 20-30 gram lemak setiap harinya. 

4. Lemak 

Bibit pohon bidara juga mengandung lemak, tapi tidak terlalu banyak, hanya 0,07 gram setiap 100 gramnya. Kandungan yang sering dijauhi ini ternyata dibutuhkan oleh tubuh. Lemak termasuk makronutrien yang berguna untuk mempertahankan suhu tubuh. Anda harus mengkonsumsi lemak sebesar 20% dari berat badan. 

5. Protein 

Bibit pohon bidara juga mengandung protein sebanyak 0,8 gram. Protein juga termasuk dalam makronutrien bersama karbohidrat dan lemak. Kandungan yang satu ini sering dicari oleh orang yang ingin membentuk otot. Selain membentuk otot, protein juga berfungsi untuk mempertahankan metabolisme tubuh anda. 

6. Air 

Kandungan air dalam 100 gram bibit pohon bidara juga cukup banyak, yaitu 83 gram. Buah ini sangat cocok untuk menghindari anda dari dehidrasi. Anda pasti sudah tahu bahwa 70% komposisi tubuh terdiri dari air. Kalau sampai dehidrasi, tubuh bisa lemas atau merasakan sakit. 

7. Tiamin 

Tiamin merupakan vitamin B1 yang berfungsi untuk mempercepat proses perubahan karbohidrat menjadi energi. Tiamin juga menjaga fungsi saraf, otot, serta jantung. Dalam 100gram bibit pohon bidara terkandung 0,024 mg tiamin. Orang dewasa membutuhkan 300 mg tiamin setiap harinya. Kurang mengkonsumsi tiamin bisa menyebabkan penyusutan otot serta kinerja bagian tubuh lainnya. 

8. Riboflavin 

Bibit pohon bidara sebanyak 100 gram mengandung 0,04 mg riboflavin atau vitamin B2. Kandungan yang satu ini berfungsi untuk memecah protein menjadi asam amino yang mudah dicerna oleh tubuh. Riboflavin juga memecah karbohidrat menjadi glukosa hingga disimpan sebagai cadangan makanan. Anda butuh 1,3 mg vitamin B2 setiap hari. 

9. Niasin 

Kandungan vitamin B dalam sebiji bibit pohon bidara sangat lengkap. Kali ini, ada niasin atau vitamin B3 sebanyak 0,8mg dalam 100 gram buah ini. Berbeda dengan kedua vitamin B sebelumnya, vitamin B3 berfungsi menjaga kulit agar tetap sehat. Vitamin ini juga mampu menghilangkan jerawat. 

10. Kalsium 

Anda pasti sudah tahu kalau kalsium sangat berguna untuk membentuk tulang dan gigi yang sehat. Sejak kecil, anda sudah disuruh minum kalsium yang banyak dalam susu. Namun, tidak semua orang suka dengan susu. Kalau anda tidak suka susu, cobalah makan bibit pohon bidara. Dalam 100 gramnya, terkandung kalsium sebesar 25,6 mg. 

11. Zat Besi 

Zat besi juga merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Fungsinya sangat banyak, seperti membentuk hemoglobin dalam darah, membantu pembekuan darah jika terjadi luka, dan yang terpenting, zat besi mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Bibit pohon bidara bisa membantu memenuhi kebutuhan zat besi anda setiap harinya, yaitu sebesar 8,7 mg. Dalam 100 gram buah ini terkandung 1,8 mg zat besi. 

12. Fosfor 

Zat terakhir yang terkandung dalam bibit pohon bidara adalah fosfor. Kandungan yang satu ini berfungsi untuk membantu kerja ginjal, menjaga fungsi saraf, dan pembentukan DNA. Kebutuhan tubuh akan fosfor berbeda untuk setiap usia. Bagi orang dewasa, fosfor yang dibutuhkan adalah 700 mg setiap harinya. Dalam 100 gram tanaman ini mengandung 27 mg fosfor. 

Baca juga : Budidaya Bunga Viola

Penyakit yang Bisa Disembuhkan Bibit Pohon Bidara 

Bibit Pohon Bidara
Sumber: linkarnews.com
Setelah mengetahui kandungan yang terdapat dalam bibit pohon bidara, anda pastinya sudah memiliki bayangan penyakit seperti apa yang bisa disembuhkan oleh buah ini. Kandungan dalam buah ini sangat penting untuk memberikan energi bagi tubuh dan menjaga fungsi organ tubuh anda. 

Penyakit yang bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi bibit pohon bidara, antara lain adalah penyakit kardiovaskuler, penyakit penceranaan, dan masalah kulit. 

Setelah mengetahui kandungan yang terdapat dalam bibit pohon bidara, apakah anda semakin tertarik untuk mencari dan menanamnya?

Belum ada Komentar untuk "Komposisi yang Terkandung di Dalam Bibit Buah Bidara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel