Artikel Pilihan

Ini Ternyata Manfaat Pupuk NPK Yaramila dan Pelangi

Pupuk menjadi salah satu peran penting dalam kesuksesan tanaman. Maka dari itu, petani akan memilih pupuk yang tepat guna mendapatkan hasil panen yang maksimal. Salah satu pupuk yang banyak dipakai adalah NPK.

Pupuk satu ini memiliki unsur hara majemuk yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang tanaman. Nah, pupuk NPK sendiri memiliki banyak jenis. Pupuk NPK Yaramila dan Pelangi menjadi jenis yang paling sering dipakai. Lantas, apa manfaat dari kedua jenis pupuk ini?

Pupuk NPK Yaramila

Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK Yaramila
Kandungan pupuk majemuk ini tidak hanya memiliki tiga unsur hara saja tetapi lima. Selain nitrogen, phospat dan kalium, ada pula kandungan kalsium dan juga magnesium. Untuk unsur NPK dari pupuk ini masing-masing sebanyak 16%. Sementara untuk magnesium sebanyak 1,5% serta kalsium kurang lebih 6%.



Pupuk NPK satu ini memiliki bentuk fisik granul alias butiran yang memiliki warna biru pudar. Fungsinya untuk membantu percepatan pembuahan dan pembungaan. Komposisi hara pada setiap butiran prill pada pupuk satu ini akan memudahkan pemberian nutrisi.

Seluruh komposisinya merata maka sangat cocok jika dipakai sebagai pupuk susulan maupun pupuk dasar. Artinya, pupuk ini sangat cocok dipakai di saat sebelum menanam maupun ketika bibit sudah ditanam. Lantas, apa yang jadi keunggulan dari pupuk ini sehingga banyak orang yang tertarik memakainya?

Pemakaian pupuk ini ternyata tidak memiliki risiko negatif. Istilahnya tidak ada efek samping ketika memakai dan mencampurkan pupuk ini ke tanaman. Selain itu, unsurnya juga merata serta seimbang sehingga petani akan untung jika memakai pupuk satu ini.

Proses vegetatif hingga generatif akan jadi lebih maksimal dengan bantuan pupuk satu ini. Maka, produksi pertanian akan jadi lebih maksimal. Hasil panen juga akan lebih tahan lama setelah proses pemetikan. Apalagi, petani tak perlu bingung untuk memakainya karena butirannya yang homogen.

Pupuk NPK Pelangi

Pupuk majemuk satu ini termasuk yang banyak dipakai dan cukup terkenal. Selain karena produsen dari Pupuk Kaltim, ada banyak variasi dari Mutiara yang bisa menyesuaikan terhadap kebutuhan dari tanaman itu sendiri. Bahkan, bisa dikondisikan dengan situasi tanaman itu sendiri.

Sama seperti pupuk NPK pada umumnya, bahan baku dari pupuk ini adalah nitrogen, fosfat dan kalium. Salah satu alasan mengapa kandungan pupuk NPK Mutiara sangat bagus karena memakai proses mechanical blending sehingga NPK Pelangi sangat berkualitas tinggi.

Ada beberapa keunggulan dari pupuk ini yang wajib kamu ketahui. Pertama adalah komposisi yang bisa disesuaikan dan diubah. Hal ini benar-benar bisa disesuaikan dengan jenis tanaman hingga kesuburan tanah itu sendiri. Apalagi ia tidak mudah hanyut karena bisa langsung meresap ke dalam tanah.

Pupuk satu ini juga memiliki sifat yang slow release. Artinya ia tidak boros dan sangat optimal dalam penyerapannya. Variasi formulasi ini pastinya sangat cocok bila dipakai oleh berbagai jenis tanaman. Dengan seluruh keunggulan yang dimiliki oleh NPK Pelangi maka ada banyak tanaman yang berfungsi dengan baik.
Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK Pelangi
Pertama adalah bisa memperpanjang pertumbuhan tanaman. Selain itu, bisa membentuk anakan serta bisa merangsang tinggi tanaman. Tidak sampai situ saja, NPK Pelangi juga bisa melebarkan daun hingga jumlah gabah. Tanaman juga jauh lebih hijau karena kandungan NPK pelangi akan menjamin fotosintesis dengan baik.

Unsur hara juga bisa diserap dengan baik karena pertumbuhan akar tanaman itu sendiri. Dengan begitu, batang jadi lebih kokoh. Tanaman tidak lagi berisiko roboh karena angin atau masalah alam lainnya. Pupuk NPK Pelangi juga bisa meningkatkan tingkat ketahanan tanaman. Dengan begitu akan bebas dari penyakit dan juga hama.



Manfaat berikutnya adalah adalah bisa memacu pertumbuhan bunga. Selain itu bisa membuat biji jadi lebih masak sehingga buah jadi lebih cepat dalam hal panen. Di samping itu, pupuk NPK Pelangi dapat meningkatkan protein serta lemak di dalam tanaman. Dengan begitu, kamu bisa memperbesar ukuran buah, biji hingga umbi yang akan dipanen.

Ternyata kedua jenis pupuk ini termasuk yang sangat bermanfaat bagi tanaman. Setiap jenis tanaman akan bisa tumbuh dengan subur dan maksimal dengan bantuan keduanya.

Belum ada Komentar untuk "Ini Ternyata Manfaat Pupuk NPK Yaramila dan Pelangi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel