Artikel Pilihan

Cara Menanam Bibit Pohon Bidara Dengan Benar

Bibit pohon bidara merupakan bibit dari sebuah tanaman yang tumbuh di daerah kering. Bibit pohon bidara bisa didapatkan di toko yang menjual tanaman. Menanam tanaman yang bernama latin Ziziphus Mauritiana ini kebanyakan tumbuh di Asia Tengah dan beberapa negara kering seperti Tunisia, Mesir, Libya, dan Aljazair.

Bibit pohon bidara akan menghasilkan daun dengan bentuk yang bulat dengan ujung yang lonjong. Daunnya memiliki warna hijau pekat dengan struktur tiga tulang yang sejajar. Daun dari pohon bidara bisa mengobati jerawat, luka bakar, dan menguatkan rambut. Bibit ini memiliki cara dan langkah sendiri dalam penanamannya. 

Cara Menanam Bibit Pohon Bidara 

1. Cari Bibitnya 

Pertama, anda harus bibit pohon bidara terlebih dahulu di toko tanaman atau mencarinya sendiri di pohon bidara yang sudah tua. Bila anda membeli di toko tanaman, pastikan kalau bibit yang anda dapatkan sudah dikupas cangkangnya. Harga bibit ini bervariasi, sekitar 5 ribu sampai 50 ribu Rupiah.

2. Mempersiapkan Persemaian 

Kalau anda sudah mendapatkan bibit pohon bidara yang terlepas dari cangkangnya, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan persemaian. Anda memerlukan bawang merah, air hangat, dan ember. 

Rendam bibit tersebut di dalam air hangat bersama dengan bawang merah selama semalaman. Kalau sudah, ambil bibitnya dari air. Proses ini dipercaya dapat mempercepat pertumbuhan pohon bidara yang anda tanam. 

3. Proses Persemaian

Anda perlu menyiapkan tisu, plastik, dan wadah untuk melanjutkan proses persemaian. Buat tisu basah dan letakkan di atas wadah yang telah anda siapkan untuk bibit pohon bidara. 

Susunlah bibit yang telah anda siapkan sebelumnya dan letakkan di atas tisu. Siram bibit tersebut. Lalu, tutup bibit yang telah anda siram menggunakan plastik. Proses ini akan berlangsung selama dua hari. Selama itu, biarkan saja bibit dalam wadah. Dalam 2 hari, akar akan keluar dari bibit tersebut. 

4. Pemindahan 

Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah memindahkan bibitnya dari wadah ke media tanam yang lebih besar. Anda perlu menyiapkan media tanam berupa tanah humus yang diberi pupuk kandang dan abu sekam. 

Lepaskan plastik pada wadah di proses persemaian. Ambil bibit pohon bidara yang sudah mengeluarkan akar dan pindahkan ke media tanamnya. Anda harus meletakkan akarnya menghadap ke bawah. Tutupi dengan tanah dan siram. 

5. Penumbuhan 

Siram terus setiap hari hingga daun bidara muncul dari tanah. Daun bidara akan muncul dari bibit pohon bidara dalam kurang lebih seminggu. 

Proses Perawatan Bibit Pohon Bidara yang Sudah Tumbuh 

Ciri-Ciri Pohon Bidara
Sumber: pinterest.com
Meski anda sudah melakukan proses penanaman bibit pohon bidara dengan benar, akan percuma bila tidak melakukan perawatan yang sesuai. Karena itu, anda juga harus belajar cara merawat pohon ini dengan benar. 

Siapkan tongkat untuk diikatkan kepada tanaman ini saat sudah agak meninggi. Pangkas juga cabangnya yang bentuknya tidak sesuai hingga bentuknya bisa bagus nantinya. Anda juga harus terus menyiram dan memberikan pupuk secara rutin. 

Pohon ini akan menghasilkan buah pada tahun kedua sejak anda melakukan penanaman. Buah tersebut bisa anda gunakan lagi sebagai bibit pohon bidara dengan mengikuti proses penanaman dari awal. 

Bila anda ingin mendapatkan bibit yang benar-benar berkualitas, tunggulah 4 sampai 5 tahun sejak pohon bidara ditanam. Pada umur 5 tahun, pohon bidara akan menghasilkan buah yang sangat berkualitas untuk dikonsumsi atau menjadi bibit. 

Kalau anda ingin memanen buah dari pohon ini, anda mungkin memerlukan 4 kali proses panen. Hal ini disebabkan karena buah dari pohon bidara tidak selalu matang secara keseluruhan. Jika anda mencabut buah yang masih mentah, buah tersebut akan menghasilkan bau yang menyengat dan tidak cocok dijadikan bibit pohon bidara yang baru. 

Jangan juga memanen buah yang sudah terlalu matang karena memiliki kualitas yang sudah menurun. Warna buahnya sudah berbeda dan memiliki tekstur yang tidak menarik. Teksturnya terlihat keriput. 

Buah bidara yang matang akan berwarna kuning kecoklatan dengan bentuk bulat. Anda harus memecahkan cangkang buahnya dengan hati-hati agar bijinya tidak rusak. 

 Pohon bidara juga akan menghasilkan bunga pada setiap pucuk cabangnya. Ada baiknya anda memangkas bunga dan pucuk tersebut agar tidak mengganggu pertumbuhan buah yang bisa anda gunakan sebagai bibit pohon bidara ini. 

Tetap berikan pupuk meski pohon bidara sudah memiliki umur yang tua. Anda dapat memberinya pupuk kandang dan pupuk nitrogen untuk pembentukan buah yang berkualitas. Jangan berikan pupuk terlalu banyak karena justru dapat membuatnya jadi layu. 

Tanaman yang menghasilkan buah yang kaya akan antioksidan dan mengurangi risiko terkena kanker ini tidak boleh kekeringan, meski tumbuh di daerah yang kering. Makanya, anda harus rajin menyiram tanaman ini. 

Pastikan juga kalau tanah yang menjadi media tanam bibit pohon bidara sebelumnya bebas dari hama dan gulma. Tanaman pengganggu akan menghambat proses penyiraman. Tanaman ini bisa mengambil nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh pohon bidara.
Ciri-Ciri Pohon Bidara
Sumber: pinterest.com
Kini, anda sudah mengerti cara menanam bibit pohon bidara hingga merawatnya, apakah anda sudah tertarik untuk menanam tanaman ini? 

Pohon bidara juga memiliki banyak sekali khasiat dan sebagian orang percaya bahwa pohon ini memiliki kesan yang mistis. Bagaimana dengan anda?

Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Bibit Pohon Bidara Dengan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel