Artikel Pilihan

Bibit Pohon Bidara Memiliki Banyak Sekali Manfaatnya

Ciri-Ciri Pohon Bidara

Bibit pohon bidara bisa didapatkan dari buah pohon bidara atau Ziziphus mauritiana. Untuk menanam bibit pohon bidara dari buahnya, anda harus melepaskan cangkang buahnya terlebih dahulu baru menanam bijinya. Pohon bidara yang sudah tumbuh akan mulai berbuah saat umurnya mencapai 2 tahun.

Buah yang dihasilkan dari bibit pohon bidara ini memiliki banyak sekali manfaat. Buahnya merupakan makanan rendah kalori yang cocok untuk orang yang sedang diet. Selain itu, bagian lainnya juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah bergunanya. Bagian-bagian seperti daun bahkan batangnya bisa anda ambil sebagai obat.

Manfaat Bibit Pohon Bidara Bagi Kesehatan 

1. Meningkatkan Kualitas Tidur 

Buah bidara cocok dikonsumsi bila anda mengalami gangguan tidur, seperti insomnia. Mengonsumsi buah dari tanaman bisa meningkatkan kualitas tidur anda karena buah ini kaya akan antioksidan. 

2. Kandungan Vitamin C 

Bibit pohon bidara akan menghasilkan buah yang kaya akan antioksidan aktif dengan jenis polisakarida, flavonoid, dan triterpenoid. Selain antioksidan, buahnya juga mengandung vitamin C yang sangat tinggi. 

Vitamin C sendiri memiliki fungsi untuk menambah sistem kekebalan tubuh sedangkan antioksidan berfungsi untuk memperbaiki sel yang rusak karena radikal bebas. 

3. Mengatasi Kecemasan 

Anxiety atau yang lebih populer dengan gangguan kecemasan merupakan penyakit yang jarang disadari oleh orang serta belum ada obatnya. Namun, buah bidara bisa mengurangi kecemasan yang berlebih. 

Penelitian yang dilakukan oleh Very Well Health pada tahun 2000 menjelaskan bahwa buah bidara mengandung zat yang berfungsi sebagai efek penenang. 

 4. Mencegah dan Melawan Sel Kanker 

Sel kanker bisa timbul di dalam tubuh karena ada kesalahan sistem yang membuat sel yang rusak tidak mati dan terus membelah diri hingga menyerang sistem tubuh. Buah dari bibit pohon bidara ini memiliki zat yang membuat sel yang rusak bisa mati. 

Buah itu memiliki manfaat ini karena mengandung zat anti kanker, yaitu asam triterpenic dan polisakarida. Senyawa ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Pharmacognosy pada tahun 2015 lalu. 

5. Mengatasi Diabetes 

Sekarang ini semakin banyak orang yang terkena diabetes karena kurang bisa mengontrol konsumsi gula. Demi menghindari diabetes, ada baiknya anda mengonsumsi buah bidara. Buah ini merupakan buah yang bisa mencegah dan mengobati diabetes. 

Natural Product Communications, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 lalu menemukan bahwa buah bidara memiliki senyawa yang bisa mengontrol kadar gula dalam darah.

6. Menghilangkan Jerawat 

Selain buah, bibit pohon bidara juga akan mengeluarkan daun. Daun ini bisa anda manfaatkan sebagai perawatan muka untuk menghilangkan jerawat. Caranya adalah dengan menjadikannya masker. 

Tumbuk daun bidara hingga halus dan campurkan air lemon. Oleskan pada bagian yang berjerawat dan biarkan kering. Lakukan cara ini secara rutin agar bisa menghilangkan jerawat hingga ke bekasnya. 

7. Membantu Jaga Kesehatan Mulut 

Masalah pada mulut, seperti sariawan dan gusi bengkak merupakan masalah yang umum terjadi. Kalau anda mengalaminya, anda bisa menggunakan daun bidara untuk mengobati penyakit ini. 

Selain mengobati, daun pohon bidara juga bisa anda gunakan untuk menjaga kesehatan mulut agar berbagai gangguan mulut tidak muncul. 

8. Mengatasi Maag 

Sebagian orang memiliki gangguan pencernaan, seperti maag bila telat makan. Sebenarnya maag bisa terjadi karena kadar asam dalam lambung menjadi tinggi. Daun tanaman dari bibit pohon bidara ini memiliki zat untuk menurunkan kadar asam lambung. 

Selain itu, anda juga bisa memanfaatkannya bila terjadi infeksi dalam saluran pencernaan. Daun bidara bisa membantu proses penyembuhan infeksi di saluran pencernaan. 

9. Memperlancar Haid 

Haid yang tidak lancar pada wanita karena hormon yang tidak seimbang bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah dan daun bidara. Mengonsumsi bagian dari tanaman ini secara rutin akan mengembalikan siklus menstruasi anda hingga normal. 

Proses Penanaman Bibit Pohon Bidara 

Ciri-Ciri Pohon Bidara
Sumber: pinterest.com
Untuk mendapatkan buah dan daun pohon bidara yang bisa anda manfaatkan untuk kesehatan, anda bisa menanamnya sendiri. Cara menanamnya juga sangat gampang. Anda hanya perlu mencari bibit pohon bidara terlebih dahulu. Cari bibit yang sudah terlepas dari cangkangnya. 

Rendam bibit pohon bidara tersebut bersama dengan bawang merah semalaman. Sementara itu, siapkan wadah, tisu, dan plastik. Bila sudah semalaman, ambil bibitnya dan pindahkan ke wadah yang sudah dilapisi tisu basah kemudian tutup dengan plastik. 

Proses ini berguna untuk menumbuhkan akar pada bibit pohon bidara, biasanya berlangsung selama 6 atau 7 hari. Jika sudah tumbuh akar, anda bisa memindahkannya ke media yang berisi tanah. Saat dipindahkan ke tanah, pastikan kalau akarnya menghadap ke bagian bawah. 

Bibit pohon bidara akan menumbuhkan batang serta daun dalam waktu beberapa minggu. Sedangkan buahnya baru akan tumbuh setelah 2 tahun. Anda harus memberikan perawatan intensif kepada tanaman ini. 

Berikan pupuk yang mengandung nitrogen secara teratur. Pupuk dengan kandungan nitrogen dapat membantu proses pembentukan buah lebih sempurna. Jangan biarkan juga tanaman ini kering. Karena itu, selalu siram setiap harinya. 
Ciri-Ciri Pohon Bidara
Sumber: pinterest.com
Setelah mengetahui manfaatnya, apakah anda semakin tertarik untuk menanam bibit pohon bidara? Menanam bibit pohon bidara juga tidak sulit. Namun, membutuhkan waktu yang cukup lama hingga seminggu.

Belum ada Komentar untuk "Bibit Pohon Bidara Memiliki Banyak Sekali Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel