Artikel Pilihan

10 Manfaat Pohon Angsana yang Jarang Diketahui

Jika ditanya mengenai Pohon Angsana, mungkin sebagian orang tidak mengenal atau bahkan tidak tahu pohon Angsana itu pohon yang mana dan seperti apa? Karena Pohon Angsana atau yang disebut sebagai Pohon Sonokembang ini merupakan salah satu jenis pohon yang tiap daerah memiliki penyebutan yang berbeda-beda.

Pohon yang bisa tumbuh rimbun hingga 40 meter ini merupakan salah satu jenis pohon besar yang punya banyak sekali manfaat dan kegunaan. Pohon ini sangat menguntungkan bagi manusia maupun bagi lingkungan. Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi mengenai 10 manfaat Pohon Angsana yang jarang diketahui. Simak ulasannya!

Ciri Ciri Pohon Angsana

1. Mengatasi sariawan

Daun dari Angsana ini ternyata mengandung senyawa antibakteri yang bisa membantu untuk membunuh kuman dan bakteri jahat di dalam tubuh. Oleh karena itu daun Angsana ini ternyata bermanfaat sekali untuk mengatasi sariawan. Jika Anda sedang mengalami sariawan di mulut, maka Anda bisa menggunakan rebusan daun Angsana dan menjadikannya sebagai obat kumur.




Baca juga : Ciri Ciri Pohon Angsana (Pterocarpus indicus) Di Alam Liar

2. Mengatasi batu ginjal

Tak hanya bisa membantu untuk mengatasi penyakit ringan seperti sariawan saja ya, ternyata Pohon Angsana atau Sonokembang ini juga bisa membantu untuk menyembuhkan penyakit serius seperti batu ginjalnya.

Kandungan berbagai zat kimia yang ada dalam daun Angsana ini bisa membantu untuk mengeluarkan batu ginjal yang mengendap di dalam organ tubuh. Caranya juga dengan rutin minum ramuan daun Angsana, jika ingin lebih manis maka Anda bisa mencampurnya dengan gula aren.

3. Mencegah diabetes melitus

Yang ketiga, ternyata Angsana juga bermanfaat untuk mencegah diabetes melitus. Dengan rutin minum air rebusan daun Angsana maka bisa membantu untuk mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Jadi jika Anda ingin mencegah diabetes melitus maka bisa minum rebusan daun Angsana atau Sonokembang ini ya.

4. Antioksidan untuk tubuh

Kandungan antioksidan di dalam daun Angsana ternyata tinggi dan terbukti mampu menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh sehingga mampu mencegah berbagai jenis penyakit. Anda bisa membentengi diri dengan rajin minum ramuan Angsana yang berperan sebagai antioksidan bagi tubuh kita.

5. Menyembuhkan luka bakar

10 manfaat Pohon Angsana yang jarang diketahui yang kelima adalah bisa membantu menyembuhkan luka bakar. Luka bakar pasti akan menimbulkan efek nyeri atau perih, sekarang Anda bisa memanfaatkan daun Angsana untuk mengurangi rasa nyeri itu sehingga bekas luka pun juga bisa cepat hilang. Daun Angsana sendiri mengandung mineral dan vitamin yang tinggi sehingga bagus untuk mengatasi luka.

Baca juga : Ketahuilah Beberapa Manfaat Pohon Angsana Bagi Lingkungan

6. Mengobati sakit gigi

Ciri Ciri Pohon Angsana
Sumber: cdn2.tstatic.net
Sedang sakit gigi? Jika di lingkungan Anda ada Pohon Angsana maka Anda bisa memanfaatkannya. Jika tadi banyak memanfaatkan daun Angsana, ternyata getah dari Angsana ini juga bisa berguna untuk mengatasi sakit gigi. Caranya Anda bisa mengoleskan getah pada gigi Anda yang sakit dan rasa sakit itu akan berangsur-angsur menghilang.

7. Memperlancar pencernaan

Banyak sekali manfaat dan kegunaan dari Angsana untuk kesehatan manusia. Yang ketujuh, ternyata daun Angsana ini ampuh membantu untuk melancarkan pencernaan. Daun Angsana yang masih muda ternyata mampu untuk melawan bakteri pengganggu yang mungkin ada di organ pencernaan kita. Anda hanya perlu merebus daun Angsana muda kemudian minum rebusannya secara rutin.

8. Memperlancar haid

Bagi wanita yang sering mengalami keluhan seperti haid yang telat, maka Anda bisa mengkonsumsi rebusan daun Angsana untuk melancarkan haid Anda. Kenapa? Karena daun Angsana ini mengandung antibakteri yang bisa melawan bakteri jahat yang mungkin menjadi penyebab haid Anda menjadi telat.

9. Mengurangi peradangan

Daun Angsana ini mengandung banyak sekali zat yang bagus untuk tubuh, salah satunya adalah kandungan anti-inflamasi yang baik. Yang bisa membantu untuk mengatasi peradangan, jika Anda sedang mengalami peradangan maka baik untuk minum rebusan Daun Angsana yang masih hangat.

10. Mengatasi penyakit pernapasan





Memiliki penyakit pernapasan seperti asma, sesak nafas? Maka Anda bisa rutin minum ramuan Angsana yaitu dari daunnya yang direbus karena bisa membantu meringankan penyakit pernapasan.

Nah itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda semua mengenai 10 manfaat Pohon Angsana yang jarang diketahui. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.

Baca Juga :





Belum ada Komentar untuk "10 Manfaat Pohon Angsana yang Jarang Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel