Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Sala (Shorea robusta) Di Alam Liar

Bunga Sala (Shorea robusta)

Sala atau Sal (Shorea robusta) adalah pohon asli dari anak benua India, mulai dari selatan Himalaya, Myanmar timur, Nepal, India, dan Bangladesh. Di India, habitatnya membentang dari Assam, Bengal, Odisha, Jharkhand, Bukit Shivalik, danYamuna timur.

Di Nepal, pohon sala sebagian besar ditemukan tumbuh di wilayah Terai dari timur ke barat, terutama di Bukit Sivalik (Churia Range) di zona iklim subtropis. Ada banyak kawasan lindung, seperti Taman Nasional Chitwan, Taman Nasional Bardia, dan Suaka Margasatwa Shukla Phat, di mana terdapat hutan pohon sal yang besar.



Pohon sala dikenal dengan nama Sakhua di India utara, termasuk Madhya Pradesh, Odisha, dan Jharkhand.

KEKELIRUAN TENTANG POHON SALA / SAL

Di Asia, pohon sala sering disalah artikan (keliru) dengan pohon meriam (Couroupita guianensis). Pohon meriam telah ditanam di situs-situs agama Buddha dan Hindu di Asia dengan keyakinan bahwa itu adalah pohon sala.

Di Sri Lanka, Thailand, dan negara-negara Buddhis Theravada lainnya, pohon meriam ditanam di biara-biara Budha dan situs keagamaan.

Di India pohon meriam telah ditanam di kuil Siwa dan disebut Shiv Kamal atau Nagalingam karena bunganya dikatakan menyerupai tudung Naga yang melindungi lingam Siwa.

Sebuah contoh pohon meriam yang secara keliru diberi nama 'pohon sala' ada di Pagoda Istana Kerajaan Phnom Penh di Kamboja.

Selain disalah artikan atau salah penyebutan dengan pohon meriam, namun pohon sala juga masih dikelirukan lagi dengan pohon Stewartia Jepang (Stewartia pseudocamellia), yang disebut Shāra, oleh penduduk setempat.

Pohon Ashoka (Saraca indica) juga turut menambah kebingungan dan sering pula dikatakan sebagai pohon sala atau pohon sal.


Ciri Ciri Daun Sala


Daun Sala
Source : flickr.com/Shubhada Nikharge

Daunnya panjang 10-25 cm dan lebar 5-15 cm. Di daerah yang lebih lembap, pohon sala berwarna hijau, namun di daerah kering atau musim kemarau, pohonnya menggugurkan daun, tepatnya di antara Februari hingga April.


Ciri Ciri Bunga Sala


Bunga Sala
Source : flickr.com/ashitaka-f


Ciri Ciri Pohon Sala


Pohon Sala
Source : flickr.com/Jeff Collman

Pohon sala berukuran sedang hingga besar, dan dapat mencapai ketinggian 30-35 meter dengan diameter batang mencapai 2-3 meter.


MANFAAT POHON SALA / SAL :

Pohon sala dianggap penting di India karena tekstur kayunya yang keras dan tahan lama. Karena kekuatan kayunya, itu sering digunakan untuk konstruksi, terutama dalam pembuatan lemari, pintu, dan jendela.



Daun kering sal adalah sumber utama untuk produksi lempeng daun yang disebut sebagai Patravali di India utara dan timur. Sedangkan daun segarnaya digunakan untuk menyajikan makanan siap saji dan makanan kecil.

Getah pohon sala mengandung zat yang dapat digunakan untuk pengobatan Ayurvedic.

Kayunya sering dibakar sebagai dupa dalam upacara Hindu, dan tak jarang dipakai untuk menambal sampan dan perahu.

Biji dan buah sala mengandung minyak lemak nabati. Minyak dari hasil ekstraksi biji tersebut dapat digunakan sebagai minyak goreng setelah melalui proses penyulingan.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Sala (Shorea robusta) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel