Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Kecubung (Datura metel) Di Alam Liar

Pohon Kecubung

Kecubung (Datura metel) adalah tanaman semak abadi yang tumbuh di alam liar di semua bagian dunia tropis. Kecubung sering dibudidayakan di seluruh dunia untuk diambil ekstrak zat dari pohonnya karena memiliki kandungan yang bisa dimanfaatkan untuk farmasi.

Tanaman ini pertama kali dideskripsikan oleh Carl Linnaeus pada 1753, tetapi tidak ada ilustrasi atau deskripsi botani yang benar dibuat.

Kultivar kecubung dengan batang kehitam-hitaman tampak seperti tanaman liar dikebun. Bunganya memiliki corolla ganda atau tiga, masing-masing corolla memiliki eksterior ungu gelap dan putih.



Pohon kecubung juga memiliki banyak nama ilmiah seperti :
  • Datura hummatu var. fastuosa
  • Datura fastuosa L.
  • Datura metel f. fastuosa
  • Datura metel var. fastuosa
  • Stramonium fastuosum

Semua bagian pohon kecubung mengandung zat tingkat berbahaya (alkaloid tropane) yang sangat beracun dan dapat berakibat fatal jika tertelan oleh manusia atau hewan. Di beberapa tempat telah diberlakukan pelarangan terhadap jual beli atau mengolah pohon kecubung.

Mengkonsumsi bagian pohon kecubung dalam jumlah kecil dapat menyebabkan kulit memerah, sakit kepala, halusinasi, dan mungkin kejang-kejang atau bahkan koma. Memakan satu daun kecubung saja dapat menyebabkan efek samping yang cukup serius.

Pohon kecubung termasuk salah satu dari 50 pohon herbal yang digunakan dalam pengobatan Cina tradisional, di mana ia disebut Yáng Jīn Huā (洋金花).


Ciri Ciri Daun Kecubung


Ciri Ciri Daun Kecubung

Daunnya tebal, berbulu halus, lebar, ada 5-7 gelombang pada tepinya.


Ciri Ciri Bunga Kecubung


Ciri Ciri Bunga Kecubung

Bunga kecubung berukuran panjang 15-20 cm yang beraroma harum, dan bisa tumbuh secara tunggal atau ganda. Warna bunganya bervariasi, mulai dari putih, krem, kuning, merah, dan ungu.


Ciri Ciri Buah Kecubung


Ciri Ciri Buah Kecubung

Buahnya berbentuk bulat, dengan kulit buah yang ditutupi dengan banyak duri.


Ciri Ciri Pohon Kecubung


Ciri Ciri Pohon Kecubung

Pohon kecubung dapat tumbuh setinggi 1 meter dan membentuk semak. Batangnya berbulu, dengan warna coklat dan violet gelap hampir kehitaman.

Semua spesies Datura (termasuk kultivarnya), mengandung alkaloid atropin yang sangat beracun, hyoscine (scopolamine), dan hyoscyamine. Suku Aztec menyebut tanaman kecubung sebagai "Toloatzin", dan telah digunakansejak berabad-abad lalu untuk tujuan terapeutik, seperti tapal untuk luka di mana ia bertindak sebagai anodyne.



Meskipun suku Aztec memperingatkan pohon ini berbahaya karena bisa membuat orang menjadi kejang-kejang hingga koma, tapi banyak penduduk Amerika mengabaikan dan justru menggunakan tanaman ini sebagai entheogen untuk halusinasi.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Kecubung (Datura metel) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel