Artikel Pilihan

Jenis-Jenis Lumut (Moss) Yang Cocok Untuk Bonsai

Ficus Bonsai Terbaik

Banyak penggemar tanaman bonsai yang baru saja terjun ke hobi ini mungkin bertanya-tanya bagaimana lumut bisa tumbuh dibawah pohon dalam pot, dan bagaimana bisa sesubur itu.

Jawabannya ada dibawah ini :

Tekstur lumut yang bervariasi, mulai dari bentuk gundukan, mendatar, hingga yang tak beraturan (forest moss) dapat membantu memperindah dan membuat segar penampilan bonsai karena tampak lebih alami.

Menurut banyak seniman bonsai, tidak semua lumut bisa ditumbuhkan, itu terkait dengan kandungan pH tanah dan lokasi penanamannya.

Sebelum mencari atau membeli lumut (Bryophyte), kamu harus mencari informasi lebih dalam terlebih dahulu mengenai keseimbangan pH tanah yang kamu gunakan untuk menanam pohon bonsai. Mempertimbangkan penempatan bonsai dari paparan sinar matahari juga perlu diperhatikan, karena ada lumut yang tumbuh di tempat teduh dan ada juga lumut yang tumbuh dibawah sinar matahari.



Lumut tumbuh seperti kebiasaan mereka di alam liar. Beberapa spesies lumut menyebar seperti penutup tanah, sementara yang lain tumbuh membentuk gundukan. Hampir semua jenis lumut bagus digunakan untuk Bonsai dan lanskap mini yang digunakan untuk membentuk perbukitan, lembah, dan pegunungan.

Kuncinya ialah gunakan lumut yang tepat dengan pH tanah yang sama dengan tanah pohon bonsai.

INFO : Jika kamu kesulitan mengetahui pH tanah pada pohon bonsai yang kamu miliki, saat ini sudah banyak alat untuk mendeteksi kandungan pH tanah yang dijual di toko-toko tanaman online maupun offline.

Bryum argenteum dan spesies Bryum lainnya serta spesies Ceratodon purpureus telah digunakan pada tanah alkaline dan itu mampu bertahan pada konidisi kekeringan dengan lebih baik. Jenis-jenis lumut ini dapat ditemukan di retakan-retakan jalan, trotoar, atau selip-selipan jembatan.

Lumut Bonsai (Bryum argenteum)

Bryum dan Ceratodon adalah lumut yang memiliki pertumbuhan lambat karena mereka tumbuh tegak dalam koloni yang sempit, dan dengan sedikit ekspansi ke luar. Spesies Bryum tetap hijau, bahkan selama musim kemarau. Spesies lumut Bryum dan Ceratodon paling baik pada substrat tanah alkaline.

Lumut Bonsai (Ceratodon)

Spesies lumut Atrichum dan Polytrichum menawarkan penampilan dan tekstur yang berbeda. Spesies ini lebih menyukai kondisi tanah yang lembab dan berdrainase baik. Ia sering disebut sebagai "Lumut karpet". Spesies lumut lain yang dapat digunakan untuk bonsai adalah Thuidium, Ctenidium, dan Hypnum.

Lumut Bonsai (Atrichum sp)

Beberapa seniman bonsai menggunakan lumut yang disebut "Blue Moss" atau lumut biru, yaitu Bryum argenteum. Lumut Bryum argenteum termasuk lumut yang paling cepat tumbuh, ia bahkan dapat merambat hingga ke batang pohon Bonsai.

Perlu diketahui, jika lumut yang kamu tanam berubah kecoklatan atau tampak kering, mereka mungkin mengalami transisi, dan seiring waktu dengan penyiraman yang rutin, mereka dapat pulih kembali.



Nah itulah Jenis-Jenis Lumut (Moss) Yang Cocok Untuk Bonsai. Selain bonsai, bisa juga digunakan untuk menutupi tanah tanaman hias atau pohon yang ditanam dipekarangan agar tampak indah dan hijau segar.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Lumut (Moss) Yang Cocok Untuk Bonsai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel