Artikel Pilihan

Inilah Kisah dan Sosok Asli Pohon Sahabi (Tree of Bakieoah)

Pohon Sahabi

Pernah mendengar kisah dari Pohon Sahabi (Sahabat Nabi)? Jika belum, mungkin informasi yang akan CCP utarakan dibawah ini bisa membuat kamu mengetahui sejarah apa yang ada pada pohon kuno berusia lebih dari 14 abad ini.

Pohon Sahabi atau yang populer dengan nama Blessed Tree, adalah salah satu pohon gugur yang tumbuh di gurun wilayah utara Yordania (salah satu Negara di Timur Tengah). Pohon ini diyakini telah melindungi Nabi Muhammad SAW dari panas terik matahari sekitar 1.400 tahun yang lalu.



Kala itu ketika Nabi Muhammad SAW berusia 12 tahun, beliau melakukan perjalanan ke Suriah bersama dengan pamannya. Dalam perjalanannya yang jauh dan cuaca panas, Nabi Muhammad SAW dan pamannya berteduh di bawah pohon Sahabi ini.

POHON SAHABI DALAM HADITS

Dalam perkataan (hadits) Nabi Muhammad SAW : "Jika seorang Muslim menanam pohon atau menabur benih, dan kemudian seekor burung, atau seseorang atau hewan memakannya, itu dianggap sebagai hadiah amal (sedekah) untuknya." - Imam Bukhari

SEJARAH POHON SAHABI

Nabi Muhammad SAW pernah berteduh dibawah pohon Sahabi saat melakukan perjalanan bersama pamannya menuju Suriah. Dalam perjalanan ini pula, seorang Bhikkhu Buhira melihat tanda-tanda kenabian yang ada pada anak muda itu (Nabi Muhammad SAW), dan memberitahukan pamannya untuk melindunginya.

Meskipun pohon Sahabi tumbuh di daerah yang bermil-mil jauhnya dari sumber air, namun pohon ini masih tetap hidup walau tak lagi muda.

Di musim semi, daun-daun pohon Sahabi berwarna hijau cerah yang menyegarkan suasana sekitar, sedangkan di musim gugur dedaunannya berubah warna menjadi kecoklatan dan gugur. Kemudian memunculkan dedaunan muda lagi saat musim semi berikutnya.

Pohon Sahabi Di Musim Hujan
Source : blogspot.com

Tanah disekitar pohon datar, kering kerontang hingga retak-retak, dan tidak ada pohon lain yang tumbuh, kecuali pohon Sahabi yang sudah berusia lebih dari 14 abad.

Pemandangan tampak kontras antara pohon dan lingkungan sekelilingnya, pohon nampak sangat subur sedangkan lingkungan sekelilingnya terlihat coklat tandus dan tidak memungkinkan untuk kehidupan bagi flora.

Tanah Di Sekitar Pohon Sahabi
Source : muslim.okezone.com

Pohon Sahabi memiliki 7 batang utama yang berukuran besar dan ratusan cabang dipenuhi dengan dedaunan yang menggantung rendah. Akarnya kekar, sedikit menonjol ke permukaan tanah dengan kulit keriput yang menuinjukkan bahwa usianya sangat tua.

Akar Pohon Sahabi
Source : merdeka.com

Daunnya menciptakan kanopi yang luas hingga bisa digunakan berteduh bagi makhluk hidup (manusia dan hewan) dari teriknya matahari gurun.




Kini lokasi tumbuhnya pohon Sahabi telah dikelilingi oleh pagar besi kokoh, lengkap dengan gerbang. Pohon kuno ini mendapat perhatian khusus oleh pemerintah setempat dan sangat dilindungi kelangsungan hidupnya.

Disekitar tumbuhnya pohon Sahabi juga ada jalan Romawi kuno, dimana jalan tersebut menghubungkan antara Makka dan Damaskus.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Kisah dan Sosok Asli Pohon Sahabi (Tree of Bakieoah)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel