Artikel Pilihan

Cara Aman Mengirim Tanaman via Jasa Ekspedisi

Cara Packing Tanaman

Membeli tanaman secara online kini semakin mudah karena banyaknya pembudidaya tanaman yang telah membuka toko di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee untuk menjual tanaman hasil budidayanya.

Jika kamu termasuk penjual tanaman atau baru saja ingin menjual tanaman secara online, itu bisa dilakukan sekarang. Pihak ekspedisi ternama JNE, J&T, TiKi, dan POS Indonesia pun sudah bisa mengirim tanaman hidup antar pulau dan dalam pulau. Tentu dengan aturan yang berlaku di masing-masing kebijakan mereka.



Umumnya, kebijakan mengirim tanaman hidup ke luar pulau dan melalui udara (kapal terbang) memerlukan surat karantina tanaman dari dinas terkait agar tanaman bisa lolos proses pemeriksaan bandara.

Surat karantina tanaman bisa didapatkan di kantor Balai Karantina Pertanian atau lembaga terkait yang menyediakan.

Tapi, jika tanaman hanya dikirim di dalam pulau, atau keluar pulau melalui kapal laut, surat karantina tersebut tidak dibutuhkan.

Setelah surat menyurat diurus, tahap yang tak kalah penting adalah packing atau kemasan tanaman yang hendak dikirim. Packing kemasan tersebut menjadi perhatikan khusus terutama untuk mengirim tanaman hidup.

Besar kecil tanaman dan spesies tanaman wajib diperhatikan saat pengemasan/packing. Spesies pohon berkayu keras dan berbatang lentur mungkin lebih tahan daripada tanaman hias seperti bunga dan skulen yang mudah patah atau mati layu.

Seperti apa cara yang tepat untuk mengemas tanaman yang hendak dikirim? Berikut ini Cara Aman Mengirim Tanaman via Jasa Ekspedisi yang dapat CCP rangkum.


Cara Aman Mengirim Tanaman Hias


Packing Tanaman Hias

Jangan samakan mengirim tanaman hias yang memiliki tekstur getas atau gampang patah dengan tanaman berkayu dan tanaman berbatang lentur. Kemasan paling baik untuk mengirim tanaman hias adalah dengan kardus kokoh yang memiliki ruang dalam lebih besar dari ukuran tanaman. Toleransi ruang kosong yang rekomendasi adalah 3-6 cm dari tinggi dan lebar tanaman.

Hal tersebut diharuskan agar tanaman tetap tak tertekuk atau patah jikalau kardus penyok dalam pengiriman. Kamu juga bisa memberikan penunjang disetiap sudut bagian dalam kardus berupa potongan kayu lurus (bambu kecil) yang panjangnya lebih tinggi dari tanaman untuk memperkokoh kardus.



Cara Aman Mengirim Tanaman Berkayu


Packing Tanaman Berkayu

Mengemas paket tanaman berkayu tidak harus memberi ruang toleransi besar seperti tanaman hias. Sebab, tanaman berkayu dan berbatang lentur lebih tahan terhadap gangguan saat proses pengiriman (misalnya tertekuk atau terjepit sedang).

Cukup dengan memberikan sedikit tanah gembur dan lembap pada akar, lalu membungkusnya dengan koran, kemudian mengemasnya memakai kardus.

Spesies tanaman berkayu dan berbatang lentur mampu bertahan antara 3-5 hari dalam pengiriman.


Cara Aman Mengirim Tanaman Berukuran Besar


Packing Tanaman Besar

Yang terakhir adalah cara mengirim tanaman berukuran besar dan berat memakai jasa ekspedisi. Hal yang perlu diperhatikan adalah rangka kayu atau packing kayu agar kardus tidak jeblos saat paket kamu tertindih dengan paket-paket lainnya.

Mengapa harus pakai kayu segala? Jawabannya sederhana, untuk paket dalam ukuran yang besar biasanya diletakkan dibagian bawah saat proses perjalanan pengiriman oleh pihak ekspedisi. Maka dari itulah, packking kayu sangat diperlukan.

Kerangka kayu ini bisa dibuat dengan kayu-kayu ringan bekas krat telur atau palet. Apabila tidak ingin repot, kamu bisa meminta pihak ekspedisi untuk mengemasnya dengan rangka kayu / packing kayu.




Tidak semua cabang jasa ekspedisi menyediakan layanan packing kayu, hanya cabang-cabang tertentu saja.

Nah begitulah cara mengemas atau packing tanaman sebelum dikirim ke pembeli. Dengan kemasan packing yang rapih dan kokoh, tentu pembeli akan senang dan tak ragu lagi jika ingin membeli di kemudian hari.


Belum ada Komentar untuk "Cara Aman Mengirim Tanaman via Jasa Ekspedisi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel