Artikel Pilihan

Ini Dia Kesalahan Merawat dan Membentuk Bonsai yang Sering Terjadi

Memiliki kebun yang hijau dan rindang pastinya menjadi mimpi bagi sebagian orang. Taman akan menciptakan suasana yang sejuk, asri dan juga hijau. Tanaman hijau di halaman juga akan membuat rumah semakin cantik. Maka dari itu tak heran jika banyak orang yang mengejar atau senang berburu aneka tanaman hias.   

Salah satu jenis tanaman hias yang kerap diburu orang adalah bonsai. Bentuknya yang indah membuat tanaman yang menjadi kerdil ini tampak membuat rumah semakin apik bila dilihat. Sayangnya merawat bonsai bukanlah hal yang mudah. Kerap kali orang melakukan kesalahan merawat bonsai yang membuat keindahan bonsai itu menjadi berkurang.

Ciri Ciri Pohon Bonsai

Mengenal Teknik Bonsai   

Sebelum mengetahui lebih dalam mengenai perawatan bonsai, ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu apa itu teknik bonsai. Tanaman bonsai ini merupakan sebuah teknik merawat tanaman yang membuat tanaman tetap memiliki ukuran kecil meskipun usianya sudah cukup lama.   

Semakin unik bentuk dari sebuah bonsai maka akan semakin tinggi pula nilainya. Ada berbagai jenis tanaman yang bisa dijadikan bonsai mulai dari kamboja, beringin sampai asam jawa. Perawatan khusus ini yang membuat harga bonsai  melambung tinggi. Jika kamu berminat untuk merawatnya, maka kenali terlebih dahulu perawatan yang benar supaya bonsai bisa tumbuh dengan cantik.   

Kesalahan Merawat Bonsai   

Supaya mendapatkan bonsai yang bagus, tentu kamu sebaiknya merawat bonsai sedari usia muda. Teknik untuk membentuk bonsai perlu dilakukan dengan tepat. Mengapa demikian? Hal ini dilakukan supaya pertumbuhan tanaman bisa ditata dan diatur sedemikian rupa supaya bisa menampilkan keindahan.   

Sayangnya kerap kali kesalahan merawat bonsai tersebut terjadi pada saat awal tanaman. Biasanya orang tak menyadari bahwa hal tersebut akan memberikan dampak buruk bagi tanaman. Maka dari itu, kamu harus memahami hal-hal yang sekiranya salah atau tidak tepat dalam perawatan bonsai.   
Ciri Ciri Pohon Bonsai
Sumber: tatkala.com

1. Cabang tanaman tumbuh sejajar satu sama lain   

Kesalahan merawat bonsai pertama adalah ketika kamu membiarkan cabang tanaman tumbuh di bagian kanan dan kiri batang utama. Jangan sampai cabang tanaman tersebut tumbuh dengan ketinggian yang sama. Jika tampak tumbuh dengan ketinggian yang sama, kamu harus segera memotong salah satu dari cabang tersebut.    

2. Cabang tanaman tumbuh naik ke atas   

Jika melihat cabang bonsai terlalu tumbuh ke atas, kamu harus menghindari dan segera mengatasinya. Cabang yang tumbuh ke atas umumnya adalah jenis cabang yang masih berusia muda. Cabang tersebut bisa memberikan kesan bahwa tanaman bonsai yang kamu miliki adalah tanaman muda. Justru tanaman bonsai akan tampak baik dan memberikan kesan tersendiri apabila usia tanamannya sudah cukup tua.   

3. Cabang tanaman tumbuh melingkar   

Kamu perlu menghindari bila ada cabang yang tumbuh di berbagai sisi tanaman. Cabang yang tumbuh tidak beraturan dan melingkar harus segera dirapikan. Bila dibiarkan begitu saja bisa jadi akan merusak tampilan bonsai secara keseluruhan. 

4. Cabang tanaman tumbuh menggantung ke bawah   

Salah satu syarat cabang bonsai yang baik adalah yang tumbuh ke bawah tetapi dengan posisi merunduk. Bila tanaman bonsai memiliki cabang yang tumbuh ke bawah tetapi menggantung, ada baiknya kamu segera merapikan cabang yang tampak menggantung ini dengan cara memangkasnya.

Ciri Ciri Pohon Bonsai
Sumber: bloggerbonsai.blogspot.com


5. Cabang tanaman tumbuh ke arah depan   

Kesalahan merawat bonsai berikutnya ketika cabang tanaman tampak tumbuh lurus namun ke arah depan. Hal ini sangat bisa mengurangi keindahan dari tanaman bonsai itu sendiri. Maka sebaiknya kamu memangkas cabang-cabang yang tumbuhnya lurus di bagian depan.   


6. Cabang berukuran lebih besar dari batang utama   

Kondisi ini termasuk salah satu kesalahan merawat bonsai yang cukup fatal dan besar. Kondisi ini bisa sangat merusak keseluruhan tampilan dari bonsai tersebut. Usahakan bonsai yang kamu miliki hanya memiliki satu cabang utama yang ukurannya paling besar. Maka, ia bisa menjadi pembeda dengan batang lain yang ada di semua sisi.

7. Cabang tanaman saling mengait satu sama lain

Cabang bonsai memang bisa saling mengait satu sama lain. Namun bila tidak diatur maka akan menimbulkan kesan bonsai yang berantakan. Bonsai akan tampak tidak terurus. Maka, kamu harus memisahkan cabang yang saling mengait. Bila diperlukan, kamu bisa memangkasnya.

Belum ada Komentar untuk "Ini Dia Kesalahan Merawat dan Membentuk Bonsai yang Sering Terjadi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel