Artikel Pilihan

Ingin Menanam Bonsai Jambu? Begini Cara Tepatnya

Bercocok tanam adalah sebuah hobi yang sangat bagus untuk dilakukan. Sayangnya semakin banyak lahan kosong sehingga seseorang akan kesulitan untuk melakukan kegiatan satu ini. Di daerah perkotaan tentu akan sulit menemukan halaman rumah yang luas.   

Hal ini akhirnya membuat orang-orang tidak mempunyai tanaman yang bisa menyegarkan mata. Namun, kamu tak perlu khawatir mengenai hal tersebut. Sebenarnya ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk tetap bercocok tanam meski tidak banyak lahan. Salah satunya adalah dengan menanam bonsai.   

Teknik menanam bonsai ini hanya memerlukan pot. Artinya kamu bisa menanam berbagai jenis tanaman di dalam pot. Ruang tanam yang sempit membuat tanaman tersebut akan dikerdilkan. Tapi dengan adanya pot tentu kamu tidak perlu bingung mengenai tempat untuk meletakkan pot tersebut bukan? Kamu jadi bisa menaruhnya di mana-mana.
  
Ciri Ciri Pohon Bonsai Jambu Biji

Kelebihan dari bonsai pun tak hanya soal penghematan tempat saja. Salah satu kelebihannya adalah kamu bisa bebas memilih bibit bonsai yang kamu suka. Bahkan, kamu bisa memilih bibit bonsai dari tanaman buah misalnya bonsai jambu. Kamu bisa memilih bonsai jambu seperti jambu kerikil, jambu klutuk hingga jambu air.   

Manfaat Menanam Bonsai Jambu   

Pastinya menanam bonsai apapun jenisnya akan memberikan efek keindahan bagi tanaman. Bonsai jambu yang kamu tanam bisa diletakkan di pot dan menjadi hiasan di pekarangan maupun di dalam rumah. Namun, ada keuntungan atau manfaat lain jika kamu menanam bonsai jambu.   

Salah satunya adalah bisa menikmati buah jambu dari hasil tanaman sendiri. Pastinya meskipun berbentuk bonsai, jambu juga bisa menghasilkan buah. Jika kamu merawatnya dengan benar, buah tersebut akan tetap enak dan tidak berkurang sedikitpun kualitasnya. 

Cara Menanam Bonsai Jambu   

Sekarang saatnya kamu mengetahui cara atau langkah-langkah untuk menanam bonsai jambu. Secara keseluruhan, proses penanaman bonsai jambu tidaklah sulit. Misalnya untuk menanam bonsai jambu air, kamu perlu siapkan pot yang ukurannya cukup besar. Jangan lupa siapkan tanah gembur yang sudah dicampur dengan pupuk.   

Kamu bisa memilih bibit bonsai yang dibeli di toko tanaman. Setelah mendapatkan bibit bonsai tersebut, kamu bisa langsung memasukkannya ke dalam pot. Jangan lupa untuk memotong sedikit bagian akar tunggang serta potong separuh lebar daun. Proses ini penting dilakukan supaya menghindari penguapan yang berlebihan. Cara-cara ini bisa dilakukan untuk semua jenis jambu, baik jambu biji, klutuk maupun kerikil. 
Ciri Ciri Pohon Bonsai Jambu Biji
Sumber: tokopedia.com

Lalu, bagaimana caranya agar mendapatkan buah yang baik dari hasil tanaman tersebut? Kamu harus menjaganya dengan baik. Salah satunya adalah menyiram tanaman bonsai jambu yang kamu miliki. Intensitas penyiraman juga harus ditambahkan bila masuk musim kemarau.   

Kamu juga harus rajin memangkas cabang tanaman. Apalagi pada bagian cabang yang dekat dengan batang buah yang berbuah. Cabang tanaman yang berlebihan justru akan menghambat produksi buah. Selain itu, kamu juga perlu rajin memberikan pupuk. Hal ini akan membuat bonsai jambu yang kamu tanam akan semakin berbuah.   

Mungkin kamu bertanya mengenai jenis pupuk yang sebaiknya kamu pilih untuk bonsai jambu. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, kamu bisa mencampurkan pupuk NPK, PPC dan kandang secara berkala. Untuk jumlah pupuk kandang sendiri harus jauh lebih banyak dibandingkan pupuk lainnya.
Ciri Ciri Pohon Bonsai Jambu Biji
Sumber: bibitonline.com


Jika kamu ingin memberikan pupuk kandang, maka sebaiknya diberikan setiap 6 bulan sekali. Sementara pupuk NPK bisa diberikan 4 bulan sekali. Pupuk PPC sendiri perlu kamu berikan setiap bulannya. Ingat bahwa bagi tanaman buah pupuk adalah hal yang penting. Produksi buah membutuhkan nutrisi yang cukup. Maka penting bagi kamu untuk menjaga nutrisi di dalam sebuah tanaman bonsai jambu.   

Lalu, bagaimana dengan pembentukan bonsai agar semakin menarik? Untuk hal ini sebenarnya perlu kemampuan khusus karena bonsai tanaman buah pastinya memiliki batang yang lebih keras. Namun, kamu sebaiknya melakukannya ketika sudah mulai muncul tunas baru.   

Jangan terlalu memaksakan untuk membentuk bonsai karena bisa jadi akan membuat produksi buah terhambat. Kecuali kamu tak masalah jika bonsai jambu tersebut tidak memproduksi buah yang berkualitas. Ingat, kamu juga harus memperhatikan kesehatan bonsai seperti memastikan cahaya matahari serta membuang batu atau kerikil yang ada di sekitar tanaman.

Belum ada Komentar untuk "Ingin Menanam Bonsai Jambu? Begini Cara Tepatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel