Artikel Pilihan

Cara Tepat Setek Batang untuk Membuat Tanaman Bonsai

Jika kamu tertarik dengan tanaman bonsai, ada banyak cara untuk menanamnya sehingga menjadikannya tanaman hias yang indah. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan setek batang. Cara ini dianggap paling efisien untuk melakukan budidayat tanaman. Meskipun tampak lebih rumit, cara setek batang ini sebaiknya jadi pilihan utama bagi kamu yang ingin melakukan cocok tanam. 

Keuntungan Memakai Setek Batang 

Pastinya kamu harus mengetahui terlebih dahulu berbagai keuntungan bila kamu memakai teknik setek batang ini. Salah satunya adalah tidak terkendala musim dan juga waktu. Kamu tak perlu takut tanaman akan mati setelah dibudidaya. Sebab, hasil setek akan memiliki unsur yang sama dengan induknya.

Ciri Ciri Pohon Bonsai Stek Batang

Hal ini juga membuat kamu tak perlu khawatir bila tanaman akan berubah jenis. Bahkan proses setek batang sendiri bisa secara terus menerus diperbanyak. Nah, pastinya kamu sebaiknya memahami terlebih dahulu bukan bagaimana cara melakukan setek batang? Berikut ini beberapa cara yang perlu kamu ketahui seputar setek batang. 

Sebelum melakukan setek batang, ada baiknya kamu mempersiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Pastinya kamu tentukan terlebih dahulu tanaman yang kamu inginkan. Kamu tak perlu khawatir mengenai jenisnya karena setek batang bisa dilakukan untuk berbagai jenis tanaman. Kamu bisa melakukan setek dengan memakai batang lunak, setengah lunak maupun keras. Cara Setek Batang untuk 

Membuat Tanaman Bonsai 

Nah, setelah sudah menentukan jenis tanamnnya saatnya kamu memulai melakukan setek batang untuk tanaman bonsai. Untuk langkah pertama, kamu harus memilih batang yang akan disetek terlebih dahulu. Salah satu ciri batang yang bagus untuk disetek adalah kondisinya yang bagus. 

Pilih batang yang tidak terlalu tua serta bebas dari hama. Setelah sudah memilih batang yang akan disetek, sebaiknya kamu mengurangi daun pada bahian pucuk setek. Setelah itu, siapkan silet untuk meruncingkan bagian pangkal dari batang yang kamu pilih. 

Setelah sudah diruncingkan, kamu bisa mencelupkan batang setek tersebut ke dalam larutan perangsang akar. Larutan yang sering disebut rootone ini akan membantu supaya perkembangan batang bisa lebih cepat. Setelah selesai, sekarang saatnya masuk setek batang di tahap kedua. 
Ciri Ciri Pohon Bonsai Stek Batang
Sumber: b-pikiran.cekkembali.com

Untuk tahap ini, kamu bisa mulai menyiapkan media persemaian. Media ini biasanya berupa pasir yang sudah disterilkan terlebih dahulu di dalam wadah. Pastikan kamu menyesuaikan wadah yang dipakai sesuai dengan jenis tanaman. Bila tanamannya besar, maka ada baiknya kamu menyiapkan pot yang besar pula. 

Setelah itu, kamu perlu membuat lubang yang disesuaikan dengan ukuran dari tanaman setek batang. Tanam satu per satu disesuaikan dengan jumlah yang sudah kamu tentukan. Jaraknya sendiri bisa lebih rapat sebab wadah pertama ini hanya untuk proses penyemaian saja. Nanti kalau sudah lebih besar akan dipindahkan ke wadah yang lain. 

Jika sudah ditanam, kamu bisa melindungi tanaman dengan memakai plastik. Langkah ini punya fungsi untuk menjaga kelembaban di dalam media tanam. Tingkat kelembaban memainkan peran cukup penting dalam proses setek batang. Tak hanya itu saja, kamu harus menjaga supaya tanaman tidak mendapatkan paparan sinar matahari yang berlebihan.
Ciri Ciri Pohon Bonsai Stek Batang
Sumber: belajarbonsai.com


Proses penyemaian sendiri akan memakan waktu sekitar dua bulan. Dalam periode ini, tanaman setek batang tadi pastinya sudah berakar. Setelah sudah berakar, kamu tinggal memindahkan tanaman tersebut ke media pot atau polybag. Jika sudah sampai di tahap ini artinya kamu sudah berhasil untuk membuat tanaman baru. 

Setelah itu, barulah kamu bisa menyiram dan merawatnya seperti layaknya bonsai. Secara sekilas memang tampak mudah tetapi cara setek batang untuk tanaman bonsai membutuhkan ketelatenan yang tinggi. Kamu harus menjaga agar tanaman tetap sehat dan batang yang dipindahkan benar-benar berhasil tumbuh. 

Meski rumit, cara ini adalah yang paling efektif ntuk membuat bonsai yang bagus dan indah. Apalagi cara setek batang ini akan membuat kualitas bonsai tak perlu diragukan lagi. Jika kamu ingin mencoba budidaya bonsai, maka teknik ini wajib dikuasai. Bisa dibilang bonsai sendiri bisa menjadi salah satu peluang usaha loh. Apalagi harga bonsai juga masih tinggi karena diburu orang sebagai hiasan rumah.

Belum ada Komentar untuk "Cara Tepat Setek Batang untuk Membuat Tanaman Bonsai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel