Artikel Pilihan

Cara Menanam Bonsai Jeruk Purut Agar Bisa Tumbuh dan Berbuah

Bonsai adalah teknik yang cukup dikenal untuk membuat sebuah tanaman hias yang tampak apik bila dijadikan hiasan di rumah. Siapa sangka ternyata bonsai bisa dilakukan pada berbagai tanaman termasuk tanaman buah. Salah satu yang bisa dijadikan bonsai adalah pohon jeruk purut. 

Jeruk purut adalah tanaman buah yang sebenarnya bisa tumbuh di tempat tertentu. Umumnya tanaman jeruk purut banyak dibudidayakan di tempat yang memiliki suhu di bawah 23 derajat celcius. Artinya, kamu membutuhkan suhu yang sejuk bila ingin mengembangkan jeruk purut yang terbaik. 

Namun, apakah jeruk purut bisa dibudidayakan di tempat yang kurang sejuk? Jawabnnya bisa iya dan tidak. Sebenarnya jeruk purut bisa bertahan hidup di tempat yang kurang sejuk. Hanya saja bisa jadi bentuk warna dan bentuk buahnya akan berbeda-beda. Bahkan pada suhu yang cukup dingin, tanaman ini bisa berkembang dengan sendirinya tanpa mendapatkan perawatan khusus.

Ciri Ciri Pohon Bonsai Jeruk

Pastinya pertumbuhan tanaman jeruk purut di lokasi yang dingin akan membuat tampilan buahnya semakin menarik. Jangan heran jika tampilan buah jeruknya akan terlihat lebih besar bila dibandingkan dengan tanaman jeruk yang ditanam di lokasi yang berbeda. 

Tak hanya tampilan saja, pastinya rasa dari jeruk tersebut bisa berbeda terutama pada jeruk yang dibudidayakan pada dataran rendah. Untuk itu, kamu juga harus memperhatikan karakteristiknya dalam membuat bonsai jeruk purut. 

Bila kamu tinggal di daerah tinggi atau pegunungan maka membuat bonsai jeruk purut bisa jadi pilihan yang tepat. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa mencoba menanam bonsai jeruk purut di dataran yang rendah. Berikut beberapa hal yang sebaiknya kamu ketahui seputar membuat bonsai jeruk purut. 

Cara Membuat Pokok Bonsai Dari Jeruk Purut 

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, bahwa bonsai jeruk purut yang ditanam di dataran tinggi tidak membutuhkan perawatan khusus. Kamu tidak usah memakai alat bantu seperti pemupukan maupun menyiraman. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan bila kamu menanam bonsai jeruk purut di dataran rendah. 
Ciri Ciri Pohon Bonsai Jeruk
Sumber: shopee.co.id
Untuk lokasi menanam, kamu sebenarnya tak perlu khawatir. Sebab, tanaman jeruk purut bisa ditanam di mana saja di sekitar pekarangan rumah. Tanaman ini tidak membutuhkan tempat khusus agar bisa tumbuh. Kamu bisa menanamnya di halaman depan maupun di bagian belakang rumah. Jadi sebenarnya perawatannya tidak terlalu sulit. 

Berikutnya mengenai wadah tanaman. Kamu bisa memakai pot atau wadah dengan berbagai bentuk. Bila mau menanam sebagai hiasan di meja tamu atau sudut ruangan, tentu kamu perlu menyesuaikan wadahnya. Kamu tak perlu repot mencari wadah yang sesuai karena bonsai jeruk purut bisa ditanam di mana saja. 

Jika kamu ingin membuat bonsai jeruk purut dengan ukuran kecil, pastinya kamu harus memakai pot atau wadah yang berukuran tidak terlalu besar. Kamu tinggal mencari bonggol atau pokok bonsai yang bisa dibeli di toko tanaman. Setelah itu kamu bisa langsung menanamnya di tanah.

Pohon jeruk purut sendiri tidak membutuhkan campuran yang membuatmu repot. Setelah sudah mulai tumbuh tunas baru, barulah kamu bisa melilitkan kawat guna membentuk ranting, batang hingga daun sesuai keinginan. Jangan terburu-buru membentuknya karena bisa jadi tanaman ini belum siap untuk dibentuk. Kamu bisa menyiram tanaman ini bila dibutuhkan saja. Memang bonsai jeruk purut termasuk jenis tanaman yang tak rumit perawatannya.

Ciri Ciri Pohon Bonsai Jeruk
Sumber: bonsai-bengkulu.web.app

Buah dari Bonsai Jeruk Purut 

Ada hal yang unik dari tanaman satu ini. Meski bentuknya sudah kerdil namun tak berarti tanaman ini bisa mengeluarkan buah dan bunga yang banyak. Bahkan tanaman jeruk purut ini bisa tetap menghasilkan buah dan bunga yang banyak. Artinya tanaman jeruk purut tetap akan mengeluarkan buah dan bunga yang banyak. Hal inilah yang akhirnya membuat banyak orang ingin membuat bonsai jeruk purut. 

Tetapi buah yang dihasilkan tentu akan berbeda dari segi ukuran. Tanaman jeruk purut yang dikerdilkan berarti akan menghasilkan buah yang kerdil. Meski bentuknya berbeda tetapi rasanya memiliki kualitas yang sama. Rasa dari bonsai jeurk purut akan sama seperti buah jeruk purut pada umumnya. Maka tak heran bila bonsai jenis tanaman buah ini cukup banyak peminatnya. Apakah kamu juga ingin mencoba menanam bonsai jeruk purut?

Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Bonsai Jeruk Purut Agar Bisa Tumbuh dan Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel