Artikel Pilihan

Begini Cara Mudah Membuat Bonsai Bambu

Saat hidup di perkotaan, pastinya akan sulit untuk kamu menemukan tanaman hijau. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah dari segi lahan. Pastinya kekurangan lahan membuat kamu tidak bisa membuat lahan yang luas dan ditumbuhi tanaman. Namun, jangan khawatir jika kamu ingin memiliki tanaman hijau. 

Salah satunya adalah dengan bonsai. Teknik menanam bonsai ini membuat tanaman tinggi menjadi tanaman bonsai. Maka tak heran jika harga tanaman bonsai menjadi sangat tinggi. Salah satu faktornya karena perawatan yang cukup memakan waktu. Tapi tak ada slahnya melakukan budidaya bonsai di rumah sendiri. 

Ada banyak jenis bonsai yang biasa dijadikan tanaman hias untuk membuat rumah jadi lebih hijau. Misalnya ada bonsai beringin yang banyak daun lebat sehingga membuat ruangan menjadi rimbun. Namun, ada pula jenis bonsai yang berbunga indah seperti bonsai azalea. Ada salah satu jenis yang cukup digemari banyak orang yaitu bonsai bambu.

Ciri Ciri Pohon Bonsai Bambu

Pasti kamu akrab dengan bentuk pohon bambu yang mudah ditemui di pinggir jalan. Nah bisa dibayangkan bukan bentuk unik bambu menjadi pohon yang kecil? Berikut ini berbagai langkah dan cara yang penting untuk diperhatikan untuk membuat bonsai bambu. 

Modal Awal Membuat Bonsai

Sebelum memahami cara membuat bonsai bambu, kamu terlebih dahulu harus memahami prinsip budidaya bonsai. Kamu tak perlu khawatir karena modal yang dibutuhkan sebenarnya tidak banyak. Justru yang paling penting saat membuat bonsai adalah kesabaran serta ketelitian. Prinsip ini sangat dibutuhkan supaya kamu mendapatkan bonsai dengan nilai seni yang tinggi serta memiliki umur panjang. 

Semakin unik model bonsai maka akan semakin mahal bonsai tersebut. Siapa tahu budidaya bonsai bisa menjadi bisnis tersendiri. Sebab, bisnis ini juga cukup menjanjikan. Maka dari itu, kamu perlu tahu teknik dasar dalam membuat bonsai. 

Mengapa Harus Bonsai Bambu?

Jika kamu ingin membuat bonsai bambu, pastinya kamu ingin mengetahui kelebihan dari menanam jenis bonsai satu ini. Bambu ternyata mempunyani nilai estetika yang tinggi. Ruas yang ada pada bambu bisa menjadi nilai tambah dalam pohon tersebut. Apalagi, bambu punya warna kuning yang cantik apalagi dipadu dengan daun yang punya warna hijau. 
Ciri Ciri Pohon Bonsai Bambu
Sumber: bonsaimurahskj.blogspot.com

Kelebihan dari bonsai bambu lainnya adalah bisa ditemukan dengan mudah di lahan kosong serta budidayanya juga mudah. Kamu tidak perlu memberikan perhatian intensif dibandingkan dengan jenis tanaman lain. Jadi sangat cocok bagi kamu yang merasa tidak mampu dalam merawat tanaman. Makin penasaran bukan untuk mencoba menanam bonsai bambu? 

Persiapan Menanam Bonsai Bambu

Membuat bonsai bambu sendiri tidak sesulit yang kamu pikirkan. Hal pertama yang harus disiapkan adalah pot. Pastinya pot ini adalah wadah untuk menanam bonsai tersebut. Tak hanya pot, kamu juga harus menyiapkan tanah dan tunas bambu yang masih kecil. Jangan lupa untuk menyiapkan pupuk serta pembasmi hama.

Pertama kamu siapkan pot dengan ukuran sedang. Kemudian, isi pot dengan media tanah, pupuk dan juga pasir. Setelah pot diisi dengan media tanah, ambil tunas bambu yang sudah disiapkan sebelumnya. Kemudian tanam di dalam pot dan tak lupa untuk menekan tanah supaya tanah tersebut tidak roboh. 

Cara Merawat Bonsai Bambu

Ciri Ciri Pohon Bonsai Bambu
Sumber: centralbonsai.com

Setelah sukses menanam, kini saatnya kamu tahu beberapa tips praktis dalam merawat bonsai bambu. Kamu bisa menyemprotkan air dan memericikkan air ke semua media tanah. Ingat jangan sampai menumpahkan air. Percikan tersebut memiliki tujuan supaya tanah menjadi lembap dan tidak tergenang basah. 

Setelah itu, letakkan bonsai di tempat yang terang. Pastikan bahwa bonsai mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Supaya bonsai bisa terbentuk, kamu bisa membungkus tanaman dengan kantung plastik. Kamu juga bisa memasukannya pada miniatur kaca. Semua itu tergantung cara yang paling mudah dilakukan.

Terakhir kamu harus memastikan bahwa penyiraman dilakukan jika tanah sudah cukup kering. Untuk menyiramnya, kamu cukup menyemprot atau mempercikkan saja. Tak lupa untuk memberikan pupuk secara berkala dan berikan semprotan insektisida supaya tanaman bebas dari hama dan penyakit. Sebab, keduanya bisa menyebabkan tanaman tidak tumbuh subur. Jangan lupa cek tanaman untuk memastikan tanaman tidak mengalami gangguan.

Belum ada Komentar untuk "Begini Cara Mudah Membuat Bonsai Bambu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel