Artikel Pilihan

Cara Membuat dan Merawat Bonsai Azalea yang Tepat

Apakah kamu ingin mencoba untuk merawat dan membuat bonsai? Kamu bisa mencoba bonsai azalea. Bonsai satu ini memiliki bunga yang indah. Keindahan bonsai ini dikenal paling indah. Penasaran untuk menanam bonsai satu ini? Berikut penjelasan mengenai bosani azalea dan cara tepat merawatnya. 

Mengenal Bonsai Azalea 

Bonsai Azalea adalah jenis bonsai yang berasal dari Jepang. Bunga yang keluar dari bonsai ini berwarna merah ungu mencolok. Warna dari bunga ini yang membuat bonsai azalea banyak penggemarnya. Tanaman ini berasal dari daratan Cina dan Jepang. Jenisnya termasuk ke dalam jenis perdu dan memiliki ciri khas pada bagian batangnya.

Ciri Ciri Pohon Bonsai Azalea


 

Tak hanya warna bunga yang mencolok, tanaman ini juga punya bentuk daun yang kecil dengan warna hijau. Bentuknya juga unik karena agak membulat. Ciri khas lainnya dari bonsai azale aadalah dari bagian bakal bunga. Bagian ini memiliki ciri khas berambut. Ada beberapa hal lain yang wajib kamu ketahui seputar bonsai ini. 

Salah satunya adalah bonsai ini sangat cocok tumbuh di daerah pegunungan. Saat di pegunungan, tanaman jenis ini bisa berbunga dengan sanagt banyak dan lebat. Maka jangan heran jika bonsai azalea sangat mudah ditemui di daerah pegunungan seperti Bogor. 

Pengkoleksi tanaman bonsai sangat menyenangi jenis bonsai ini karena bisa menghasilkan banyak bunga yang lebat. Maka jika kamu ingin menanam dan merawatnya sendiri di rumah, ketahui ada beberapa hal seputar caranya supaya tanaman bisa tumbuh baik dan lebat. 

Cara Pembibitan Bonsai Azalea 

Untuk menanam bonsai azalea kamu bisa menanam langsung dari bibit atau melakukan proses cangkok. Caranya juga bisa dibilang cukup mudah asalkan kamu memahami karakteristik dari pohon ini. Pertama dimulai dari cara menana dengan cara pembibitan. 

Bonsai azalea termasuk jenis tanaman semak sehingga proses pembibitan bisa dilakukan dengan cara setek batang. Kamu cukup menyiapkan indukan Azalea yang terhindar dari hama, bagus dan juga sehat. Potong batang dengan pola yang miring. Kamu harus melakukannya dengan pola miring supaya bisa mempengaruhi ke hasil serta kualitasnya. 
Ciri Ciri Pohon Bonsai Azalea
Sumber: tamaninspirasi.com

Setelah sukses terpotong, kamu bisa menancapkan setek batang ke mdia yang sudah disiapkan. Dengan begitu, bonsai azalea sudah bisa tumbuh dengan lebat. Kamu juga bisa memakai bibit yang sudah disiapkan atau dijual oleh toko tanaman hias. Pastikan bibit yang kamu pilih dalam kondisi sehat supaya hasilnya juga sehat dan subur. 

Proses Penanaman

Berikutnya akan masuk penanaman. Dalam proses ini, kamu harus menyiapkan media tanam supaya bibit yang dipotong dari indukannya bisa tumbuh dengan baik. Media tanam yang perlu kamu siapkan yaitu dengan mencampurkan tanah dengan pupuk kandang. Perbandingan campurannya yakni 1 banding 1. 

Setelah dicampur, kamu bisa menanam bibit dnegan kedalaman 5 sampai 10 cm. Pastikan bahwa bibit tertancap sempurna. Setelah itu, kamu bisa memberikan tekanan kepada tanah hingga bibit bisa berdiri dengan sempurna. Setelah ditanam, berikan air secukupnya. 

Proses Perawatan

Sama dengan proses bonsai pada umumnya, bonsai azalea membutuhkan asupan air yang cukup di fase awal pertumbuhan bibit. Berikan pupuk secara berkala satu sampai dua bulan sekali supaya nutrisi bibit bisa terpenuhi. Lakukan penyiangan secara rutin bila dibutuhkan.
Ciri Ciri Pohon Bonsai Azalea
Sumber: bibitonline.com


Lakukan pemangkasan secara teratur. Pemangkasan akan membentuk tanaman menjadi rapi dan menarik. Perawatan yang benar akan membuat bonsai menjadi baik dan menarik. Dengan begitu nilai jualnya akan semakin tinggi. Kamu perlu melakukan pemotongan pada beberapa bagian khususnya bagian akar. 

Jika akar terlalu cepat tumbuh dan memenuhi pot serta media tanam, maka pertumbuhan akan terancam sebab tanaman bisa jadi tidak mendapatkan nutrisi yang terbaik. Selain itu, tanaman yang terlalu cepat tumbuh juga malah berisiko terlalu lebat sehingga sulit untuk diatur.

Itu dia beberapa kunci merawat dan menanam bonsai azalea. Bonsai satu ini merupakan primadona di Indonesia. Warna bunga yang mencolok jadi alasan kuat mengapa banyak digemari oleh banyak orang. Jika bisa tumbuh dan tampil secara menawan, bonsai akan mampu dijual dengan hara tinggi. Tak hanya itu, pastinya ruangan akan semakin indah karena warna bunga dengan warna merah keunguan yang mencolok.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat dan Merawat Bonsai Azalea yang Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel