Artikel Pilihan

Ini Deretan Kelebihan dan Kekurangan Bonsai Beringin

Jenis tanaman bonsai memang banyak penggemarnya. Apalagi ada banyak jenis yang memang menjadi favorit atau kesukaan banyak orang karena kelebihannya. Salah satu yang cukup disukai adalah bonsai beringin. Mengapa bonsai ini begitu banyak digemari? 

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin

Salah satunya adalah pohon ini punya postur yang tinggi menjulang. Pohon ini akan tampak maskulin dan juga sering dianggap angker. Terlebih lagi jika sudah semakin berusia tua. Beringin bahkan bisa tumbuh antara 15 sampai dengan 25 meter. 

Tak hanya posturnya yang tampak megah, ada beberapa kelebihan atau keunikan lain dari tanaman ini. Keunikan beirngin ada pada bagian akar gantung yang tumbuhnya dari ranting pohon. Akar satu ini bukan berarti tidak ada fungsinya. Justru akar gantung satu ini memiliki fungsi sebagai jaringan untuk mengamankan nutrisi. Hal ini menjadi alasan mengapa pohon beringin memberikan manfaat atau cukup berdampak pada lingkungan.
 
Salah satu fungsi dari pohon beringin adalah dapat menyimpan air tanah. Kondisi ini akan membantu untuk menahan erosi tanah. Pohon yang jadi lambang Pancasila ini memang benar-benar menjadi daya tarik tersendiri apalagi pohon ini termasuk jenis pohon rakasasa purba. Jadi jangan heran jika kamu akan menemui pohon ini di dalam hutan. 

Siapa sangka kondisi inilah yang membuat daya tarik tersendiri sehingga orang menanam bonsai beringin. Pohon yang besar dan kuat kemudian dibuat versi mininya. Apalagi beringin harus memerlukan ruang yang jauh lebih luas untuk tumbuh meranggas. Pastinya ini jadi keunikan tersendiri bila memiliki bonsai beringin. 

Pohon satu ini juga memiliki daun yang rimbun serta struktur yang kuat. Uniknya, pohon ini juga bisa dimodifikasi supaya tampilan klasik dari pohon ini menonjol. Maka tak salah jika jenis bonsai ini termasuk yang disukai oleh banyak orang. Nah, sebelum kamu memutuskan untuk memelihara jenis bonsai ini. 

Maka ada baiknya mengetahui kelebihan serta kekurangan dari bonsai pohon beringin. Kelebihan Bonsai Beringin Kelebihan terutama dari memiliki bonsai beringin adalah rasa prestise atau kebanggaan memilikinya. Apalagi pohon ini makin jarang dijumpai di hutan atau berbagai tumbuhan. 
Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin
Sumber: bibitonline.com

Bonsai beringin juga mudah untuk tumbuh sehingga kamu tak perlu khawatir soal perawatannya. Bonsai beringin termasuk yang tak butuh banyak perawatan. Tak sampai situ saja, bonsai beringin juga punya beberapa keistimewaan lain. Bonsai beringin kerap kali disebut dengan bonsai abadi. 

Kebanyakan beringin bisa ditemukan di alam bebas dengan usia puluhan bahkan ratusan tahun maka sering disebut sebagai pohon abadi. Coba bayangkan jika bonsai atau tanaman hias bisa berusia selama itu. Tentu saja pohon tersebut berarti punya kemampuan untuk beradaptasi yang luar biasa. 

Bonsai ini juga dikenal tahan banting. Jadi, kamu akan mendapatkan tanaman yang bagus tanpa perlu repot-repot merawatnya. Kelebihan berikutnya ada pada tampilan klasiknya. Pesona atau kelebihan utama dari bonsai adalah akar gantung atau akar sulur yang sudah mulai menjutai keluar. Tampilan klasiknya ini yang membuat para pecinta bonsai senang menanam bonsai beringin di depan rumah.

Kekurangan Bonsai Beringin

Pastinya tanaman ini juga punya banyak kekurangan. Hal ini perlu kamu ketahui supaya tidak hanya melihat hal-hal yang bagus atau enaknya saja. Pertama adalah pohon ini tidak bisa menghasilkan batang keropos. Apa maksudnya? Saat dijadikan bonsai, beringin tidak bisa membuat batang yang keropos.

Bonsai biasanya membutuhkan batang yang keropos untuk tampilan yang lebih alami. Hal ini termasuk yang membedakan bonsai beringin dengan jenis bonsai lainnya. Masalah lainnya yang mungkin dihadapi adalah daun beringin yang susah untuk diperkecil saat dijadikan bonsai. 
Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin
Sumber: tokopedia.com

Meski pohonnya bisa dibuat minimalis namun daunnya sendiritidak bisa diperkicil. Tentu saja hal ini mungkin menjadi masalah bagi sebagian orang karena daunnya tidak bisa diubah atau dikreasikan. Namun hal ini justru disukai oleh banyak orang karena bentuknya sama persis seperti pohon sebenarnya. Tentu saja kembali lagi ke selera masing-masing orang.

Bahkan ada beberapa orang yang menanam bonsai beringin tanpa daun. Artinya banyak yang hanya ingin menunjukkan ranting dari bonsai itu sendiri. Semua ini tergantung pada sang pemilik dan kreasinya. Meski salah satu kekurangan dari bonsai beringin adalah sulit untuk dikreasikan.

Belum ada Komentar untuk "Ini Deretan Kelebihan dan Kekurangan Bonsai Beringin "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel