Artikel Pilihan

Cara Merawat Pohon Bonsai Beringin yang Baik dan Benar

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin

Pohon bonsai beringin menjadi salah satu jenis bonsai yang banyak digemari orang. Pastinya karena bentuknya yang menarik dan proses perawatannya bisa dibilang gampang-gampang susah. Jika kamu sedang merawat pohon bonsai beringin, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.   

Salah satu hal yang wajib diperhatikan adalah konsistensi serta ketelitian. Dua hal ini adalah kunci untuk merawat sebuah pohon bonsai beringin. Pastinya hal ini untuk memastikan proses pertumbuhan pohon sesuai dengan bentuk yang kamu inginkan dan juga membuat pohon bisa tumbuh lebih subur. Penasaran apa saja yang harus kamu lakukan? 

Memberi Pupuk yang Sesuai Sebagai Cara Menjaga Nutrisi   

Tanaman pastinya mirip dengan manusia karena membutuhkan asupan nutrisi yang tepat agar bisa tumbuh dengan benar. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui cara pemupukan pohon bonsai beringin. Salah satu keuntungan menanam pohon ini adalah cocok dengan berbagai jenis apapun.

Kamu tak perlu repot mencari merk tertentu yang hanya cocok dipakai oleh pohon bonsai beringin. Tapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih pupuk. Salah satu yang penting adalah memastikan pupuk yang kamu pakai memiliki kandungan nitrogen, fosfor dan juga potassium. 

Mengapa ketiga zat ini penting? Ternyata ketiga zat ini adalah unsur utama yang dibutuhkan oleh pohon bonsai beringin supaya jadi sehat dan juga kuat. Kamu juga perlu menjaga jumlah pupuknya. Terlalu banyak pupuk juga malah membuat pertumbuhan pohon tidak sempurna.   

Misalnya pohon bisa menjadi terlalu banyak daun. Hal ini akan membuat pertumbuhan pohon bonsai beringin malah berjalan tidak normal. Untuk memastikan jumlahnya pas, kamu bisa memasukkan pupuk ke dalam kantong teh. Kemudian letakkan kantong teh di atas tanah supaya kamu tidak melakukan pemupukan secara berlebihan. 

Melepas Kawat Secara Teratur   

Untuk membentuk pohon bonsai, kamu tentu membutuhkan kawat. Dengan bantuan kawat ini, pohon bisa dibentuk sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Agar bisa sukses tumbuh dengan bentuk tertentu, kamu perlu merawat pohon dengan penuh perhatian.   

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin

Pertama-tama, pohon membutuhkan kawat untuk menyangga dahan. Namun, kamu harus mengecek kawat tersebut agar mengetahui waktu yang tepat untuk melepas kawat tersebut. Jangan terburu-buru untuk melepas semua kawat yang kamu pasang di pohon.   

Meski sudah melewati fase awal pertumbuhan dan pohon tampak kuat, bukan berarti kamu bisa mencabut kawan sekaligus. Kamu harus mencopot kawat secara satu per satu. Pencopotan kawat ini sebaiknya jangan dilakukan terlalu dekat. Hal ini dilakukan supaya pohon bonsai tetap kuat serta bisa terbentuk dengan sempurna.   

Memangkas Pohon Bonsai Beringin   

Pada dasarnya, pohon beringin memang memiliki daun yang sangat lebat. Jadi, jangan heran jika saat merawat pohon bonsai beringin kamu mendapati daun yang begitu lebat. Maka dari itu, kamu harus sering memangkas daunnya.   

Hal ini akan membuat bonsai beringin terlihat rapi dan cantik. Saat memotongnya, kamu harus memakai gunting tanaman khusus bonsai kecil. Jangan salah memakai gunting karena bisa jadi menimbulkan kesalahan saat proses pemotongan.  

Tak hanya dari segi daun saja, tetapi juga akar. Di dua sampai tiga minggu awal penanaman, kamu mungkin perlu memangkas bagian akar. Hal ini untuk memastikan akarnya tidak berlebihan dan malah mengganggu pertumbuhan pohon. Akar yang terlalu besar akan terlalu memenuhi pot dan menghabiskan media tanam. Maka, penting untuk memberikan sedikit ruang bagi pohon bonsai beringin. 

Menjaga Cahaya   

Di awal proses penanaman, hindari menaruh bonsai di tempat yang terkena matahari secara langsung. Kamu harus menyiapkan tempat yang teduh namun jangan sampai terlalu tertutup. Artinya, kamu harus memastikan pohon bonsai tetap terkena cahaya meski tak langsung.   

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin

Saat bonsai sudah mulai dewasa, barulah kamu bisa memindahkannya ke area yang lebih banyak sinar matahari misalnya area taman. Pada fase dewasa ini daun mungkin akan lebih banyak tumbuh karena banyak terkena paparan sinar matahari. Jadi, kamu harus pintar-pintar untuk memangkas daun yang berlebihan.   

Ternyata memang merawat pohon bonsai beringin susah-susah gampang. Kamu harus mengetahui waktu yang tepat untuk merawat bagian daun, akar bahkan untuk urusan cahaya matahari. Hal ini penting untuk perkembangan bonsai beringin agar tumbuh subur.

Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Pohon Bonsai Beringin yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel