Artikel Pilihan

Begini Langkah Menanam Pohon Bonsai Beringin yang Tepat


Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin

Pohon bonsai menjadi salah satu jenis tanaman hias yang banyak diminati orang. Selain karena alasan estetika, menanam pohon bonsai juga menjadi hobi yang menyenangkan bagi banyak orang. Pohon bonsai sendiri memiliki banyak varian yang disesuaikan dengan selera masing-masing orang.   

Salah satu jenis bonsai yang terkenal adalah pohon bonsai beringin. Mengapa bonsai ini begitu diminati banyak orang? Salah satu alasannya karena bentuknya yang rindang dan begitu bagus. Selain itu, perawatannya juga begitu mudah. Nah, jika kamu ingin mencicipi menanam pohon bonsai, berikut langkah-langkah yang wajib kamu lakukan. 

Persiapan Awal untuk Menanam Pohon Bonsai Beringin   

Sebelum melakukan serangkaian proses menanam pohon bonsai, kamu sebaiknya mengetahui tahapan persiapan awal dari hobi yang satu ini. Pastinya kamu harus menyiapkan alat dan juga bahannya. Pertama adalah cukup menyediakan bibit bonggol beringin.

  

Kamu bisa langsung membelinya di toko tanaman atau mencangkok dari pohon beringin yang sudah ada. Saat memilih bonggol ini, pastikan kamu memilih bonggol yang besar. Bentuk bonggol sendiri juga sebaiknya diperhatikan karena ternyata bisa memberi pengaruh terhadap arah tumbuh dari bonsai itu sendiri.   

Setelah menyiapkan bonggol, tentu kamu perlu menyiapkan pot dan juga media tanam. Beberapa alat yang kamu butuhkan antara lain kawat stainless steel dengan ukuran 3 milimeter dan jangan lupa gunting tanaman. Selama proses awal untuk menanam dan merawat bonsai beringin ini, kamu membutuhkan pupuk tanaman.   

Mempersiapkan Media Tanam   

Jika kamu menanam berbagai jenis tanaman tentunya kamu membutuhkan banyak nutrisi agar tumbuh kembangnya sempurna. Namun, tidak dengan pohon bonsai. Ia tidak boleh mendapatkan nutrisi atau unsur hara yang berlebihan. Hal ini dilakukan supaya ia bisa tumbuh dan bertahan dengan baik.   

Maka, media tanam yang dimiliki harus menyesuaikan komposisi unsur haranya. Maka, pilih media tanam yang lebih padat. Kamu tinggal mencampur tanah humus dengan sedikit batuan atau kerikil kecil. Jadi, jangan hanya tanah saja tetapi perlu memikirkan tekstur kepadatannya.   

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin


Proses Pemangkasan Bonsai   

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu melewati proses pemangkasan pohon bonsai beringin. Pertama kamu pangkas terlebih dahulu akar dari bonggolnya supaya menghindari akar yang tumbuh berlebihan. Selain itu, akar yang tidak dipotong akan mengurangi ruang untuk media tanam. Dengan begitu, nutrisi bonsai beringin bisa jadi tidak terpenuhi karena terlalu banyak akar.   

Tak hanya akar, daun pohon bonsai juga sebaiknya dipangkas guna membantu adaptasi awal di proses penanaman fase awal. Setelah penanaman berhasil dilakukan, pemangkasan juga tetap perlu dilakukan. Cara ini akan membuat bonsai beringin supaya bonsainya tampak rapi dan cantik. 

Mulai Menanam dan Membentuk Pohon   

Nah, kamu bisa menanam bonggol pohon bonsai setelah media tanam dan bonggol tadi sudah siap. Berikutnya, kamu bisa membentuk pola bonsai dengan kawat stainles steel dengan ukuran 3 milimeter. Untuk membentuknya, kamu cukup melilitkan kawat tersebut dari bagian bonggol sampai ke dahan-dahan hingga bentuknya membentuk bonsai yang diinginkan.   

Kemudian lakukan proses pembentukan pohon bonsai beringin dengan perlahan dan juga hati-hati. Meski perlahan, lilitan kawat itu harus dilakukan dengan kencang dan sekuat mungkin. Hal ini perlu dilakukan supaya pola beringin bonsai bisa lebih cepat terbentuk.

  

Namun, kamu perlu mengetahui bahwa proses pembentukan ini sendiri memerlukan waktu yang lama. Bahkan ada beberapa jenis bonsai beringin yang membutuhkan waktu yang sangat lama. Saat melilitkan kawat untuk membentuk pohon bonsai sebaiknya jangan terburu-buru untuk melepasnya. 

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin

Jika sudah merasa pola mulai terbentuk maka kamu bisa melepas kawat di pohon bonsai beringin.   Pelepasan kawat tersebut juga harus dilakukan secara periodik satu per satu. Kamu juga harus memeriksanya secara teratur supaya bisa mengetahui mana yang bisa dilepas terlebih dahulu.   

Selama proses pembentukan, jangan lupa untuk melakukan pemangkasan daun bonsai beringin. Lakukan ini juga secara berkala. Jika terlalu banyak daun, bentuk pohon akan tidak tampak indah. Jadi, jangan lupakan bagian daun saat membentuk pohon bonsai ya.   

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menanam pohon bonsai beringin. Salah satu kuncinya adalah bagaimana menentukan bonggol hingga proses pembentukan dengan kawat. Selamat mencoba!

Belum ada Komentar untuk "Begini Langkah Menanam Pohon Bonsai Beringin yang Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel