Artikel Pilihan

Catat, Ini Cara Menanam Pohon Bonsai Adenium yang Tepat

Ciri Ciri Pohon Bonsai Adenium

Bonsai merupakan seni yang membutuhkan keahlian tertentu. Sebab, bukan asal menanam saja. Kamu harus merawat dan membentuk pohon bonsai menjadi sebuah bentuk yang indah. Salah satu jenis pohon bonsai yang terkenal adalah adenium. Pohon ini memiliki nama yang lebih dikenal yaitu kamboja.   

Ada banyak alasan mengapa orang senang menanam pohon bonsai adenium. Salah satunya karena tanaman ini memiliki bunga yang indah. Siapa saja pasti senang melihat tanaman dengan bunga yang berwarna cerah. Jika kamu ingin menanam pohon bonsai adenium, ada beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan agar berhasil. 

Mengenal Klasifikasi Adenium atau Kamboja

Sebelum menanam pohon bonsai adenium, kamu juga sebaiknya memahami klasifikasi dari tanaman ini. Bunga kamboja sendiri dikenal dengan tanaman yang ada di makam. Banyak yang percaya bahwa atmosfer dari kamboja ini membuat suasana mistis sehingga akhirnya banyak yang mengaitkan dengan kondisi makam.

Namun, bunga satu ini dipercaya untuk menjadi alat ibadah seperti yang dilakukan masyarakat Bali. Upacara sakral di Bali pasti memakai bunga kamboja. Begitu pula saat menyiapkan sesajen. Bunga kamboja termasuk elemen penting dalam melaksanakan prosesi adat maupun agama.   

Maka tak heran jika sebenarnya harga bonsai adenium atau kamboja ini kerap kali mahal. Padahal menanam bunga kamboja tidak sulit. Bunga asal Amerika ini terbukti dengan mudah tumbuh di tanah Indonesia. Jadi, kamu bisa mencicipi untuk menanam jenis bonsai kamboja ini.   

Sementara itu, jenis-jenis kamboja sebenarnya dibedakan dari segi warnanya. Ada jenis yang memiliki kelopak bunga putih secara keseluruhan. Tapi ada pula yang memiliki warna kuning dan pink di bagian kelopak bunganya. Semua itu tergantung dari jenis yang akan kamu pilih. 

Cara Menanam Pohon Bonsai Adenium   

Untuk menanamnya ternyata prosesnya tidak sulit. Tanaman ini bisa ditanam dengan cara setek. Kamu cukup memotong bagian batang dan segera tanam di media tanam. Namun, kamu juga bisa langsung membeli bibit tanaman agar mempermudah proses penanaman pohon bonsai adenium.   
Ciri Ciri Pohon Bonsai Adenium
Sumber: dekoruma.com

Sebelum memilih bibit kamboja, ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan. Pertama adalah dari jenis daun. Pohon bonsai adenium sendiri memiliki dua jenis daun yakni yang berdaun lancip dan berdaun bulat. Begitu pula dengan warna. Kamu bisa menanyakan kepada sang penjual mengenai warna bunga yang akan muncul.   

Tak hanya dari jenis tanamannya saja, kamu sebaiknya mengetahui ciri-ciri bibit kamboja yang baik. Biasanya bibit yang baik masih memiliki akar. Saat membeli kamu akan mendapati pohon kamboja memiliki akar yang biasanya dibungkus dengan karung atau polybag. Bibit seperti ini berarti akan terus sehat baik dari segi batang maupun akar.   

Setelah menyiapkan bibit terbaik dan menanamnya, kamu tentu perlu menyiapkan tempat untuk menaruh pohon bonsai adenium ini. Uniknya lagi kamboja atau adenium termasuk jenis tanaman yang cocok bila diletakkan di bawah sinar matahari. Jadi, kamu tak perlu repot mencari ruangan khusus. Selain menyiapkan bibit, kamu juga wajib mengetahui media tanam yang terbaik untuk kamboja.
  

Media Tanam Kamboja   

Kamu sebaiknya menyiapkan pot sebelum penanaman. Kamu bisa menyiapkan huma untuk penanaman. Setelah siap, gali lubang agak sedikit dalam karena kamu akan menanam bibit yang masih memiliki akar. Sebelum menanamnya, pastikan di pot tersebut tidak ada batu. Hal ini bisa merusak pertumbuhan kamboja kedepannya.   
Ciri Ciri Pohon Bonsai Adenium
Sumber: bibitbunga.com

Lepaskan pembungkus akar dan masukkan ke lubang yang sudah disiapkan. Sebaiknya kamu menyiapkan tanah porus menjadi media tanam untuk bunga kamboja. Tanah porus ini tidak menyerap air sehingga cocok bagi tanaman kamboja yang tidak terlalu suka air.   

Membentuk Tanaman Kamboja   

Setelah dua sampai tiga minggu, kamu bisa mulai melilitkan kawat bila ingin membentuk dahannya sesuai dengan bentuk yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk memotong bagian daun atau akar yang dianggap berlebihan. Hal ini justru dapat menghambat pertumbuhan pohon bonsai.   

Demikian cara praktis untuk menanam pohon bonsai adenium. Kunci sukses dalam menanam bonsai adalah memilih bibit yang terbaik serta ketekunan dalam membentuk pohon tersebut. Maka dari itu, kamu harus memastikan untuk mendapatkan bibit terbaik.

Belum ada Komentar untuk "Catat, Ini Cara Menanam Pohon Bonsai Adenium yang Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel