Artikel Pilihan

Makanan yang Bisa Diolah Dari Batang Pohon Pisang

Pohon Pisang
Ketika pertama kali mendengar kata pohon pisang, pastilah anda memikirkan buah pisang. Tujuan utama orang menanam pohon pisang memanglah untuk mendapatkan buahnya yang terasa manis. Selain buahnya, daun pisang juga sering dimanfaatkan. Daun pisang bisa dijual lagi ke rumah makan karena sering digunakan sebagai pembungkus makanan. 

Dari semua bagiannya, batang pohon pisang merupakan bagian yang paling sering terlupakan. Padahal bagian yang satu ini masih bisa diolah menjadi berbagai makanan lagi. Batang pohon ini terdiri atas hati pisang dan pelapah pisang sehingga bisa diolah menjadi berbagai makanan lainnya. Makanan apa saja yang bisa diolah dari batang pisang? 

Olah Batang Pohon Pisang Jadi Makanan 

Pohon Pisang
Sumber: Unsplash.com

1. Rujak Batang Pisang 

Makanan pertama yang bisa diolah dari batang pohon pisang adalah rujak batang pisang. Rujak yang satu ini memang agak sulit ditemukan di Indonesia. Kebanyakan rujak yang dijual adalah rujak buah. 

Meski kurang populer di Indonesia, sebenarnya rujak batang pisang sangat laris di India dan Thailand. Berbeda dengan rujak buah yang terdiri atas banyak jenis buah, rujak ini hanya terbuat dari batang pisang dengan tambahan buncis, udang kering, tomat, dan cabe rawit. 

Hidangan rujak batang pisang terlihat seperti asinan di Indonesia. Dari penampilannya, terlihat kalau makanan yang satu ini sangat pedas. Kalau anda memiliki batang pohon pisang, mungkin anda harus membuat makanan yang satu ini. 

Cara membuatnya juga tidak sulit, potong batang pisang dengan ukuran yang kecil. Potong bahan-bahan lainnya dan campurkan menjadi satu. Ruja batang pisang tidak perlu dimasak terlebih dahulu. 

2. Sayur Ares 

Sayur ares merupakan kuliner khas yang berasal dari Indonesia, tepatnya daerah lombok. Sayur ares juga sering dijadikan lauk untuk menemani nasi hangat. Perpaduan antara kuah dari sayur ares dengan nasi hangat memang sangat memanjakan lidah. 

Sekilas melihatnya, sayur ares terlihat seperti kuah gulai yang penuh dengan santan. Sayur ares sendiri memang menggunakan santan sebagai bahannya. Selain santan, sayur yang satu ini juga memerlukan cabai rawit. 

Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit. Pertama potong batang pohon pisang yang masih muda menjadi ukuran yang kecil. Setelah itu, panaskan santan di wajan hingga mendidih. 

Setelah mendidih, masukkan batang pohon pisang yang telah anda potong sebelumnya dengan cabai rawit. Setelah itu, tunggu hingga matang. Sayur ares siap untuk dihidangkan. 

Anda bisa menambahkan bawang goreng untuk menambah bau harum dan cita rasa dari makanan ini. Sayur ares memiliki rasa yang pedas dan juga gurih. Kedua rasa tersebut ditimbulkan oleh santan dan cabai rawit yang anda gunakan. 

3. Ayam Batang Pisang 

Makanan khas Indonesia lainnya yang terbuat dari batang pohon pisang adalah ayam batang pisang. Makanan yang satu ini merupakan makanan khas dari Toraja. Di daerah tersebut, ayam batang pisang lebih dikenal dengan nama Pa Piong Bura. 

Bukan cuma daging ayam, terkadang bahan yang digunakan juga dicampur dengan ikan atau daging babi. Batang pisang pada makanan ini hanya digunakan sebagai penyedap rasa saja. 

Memasak ayam batang pisang atau Pa Piong Bura ini sama seperti memasak ayam bakar. Pertama, siapkan ayam dengan bumbu, termasuk batang pohon pisang. Masak hingga setengah matang terlebih dahulu. 

Setelah setengah matang, berikan parutan kelapa dan lanjutkan memasak hingga matang. Selain dibakar, cara masaknya juga bisa digoreng. Caranya hampir sama dengan dibakar. 

Ayam batang pisang sering disajikan saat ada pesta di daerah tersebut. Makanan ini dianggap sebagai makanan yang mewah. 

4. Kerupuk Bonggol Pisang 

Buah pisang sering kali diolah menjadi keripik pisang dan diberikan berbagai varian rasa. Kelezatan keripik pisang sudah terkenal di hampir seluruh daerah di Indonesia sehingga sering dijadikan oleh-oleh. Cara memasak keripik pisang juga berbeda-beda, tergantung daerahnya. 

Meski buah pisang sering dijadikan keripik, sangat jarang batang atau bonggol pisang dijadikan keripik. Salah satu daerah yang mengolah batang pohon pisang menjadi keripik adalah Bojonegoro. 

Keripik bonggol pisang menjadi makanan khas Bojonegoro yang dijual sebagai oleh-oleh. Makanan ringan yang satu ini dipercaya sebagai cemilan yang mampu menjaga kesehatan karena rendah kolesterol. 

Makanan yang satu ini sangat cocok menemani anda ketika sedang kerja atau santai menonton film. 


Fakta Unik Batang Pohon Pisang 

Kini anda telah tahu kalau ada beberapa makanan yang bisa diolah dari batang pohon pisang. Selain diolah menjadi makanan, bagian yang satu ini juga memiliki fakta unik lainnya. 

Batang pohon pisang atau biasa disebut gedebog oleh orang Jawa bisa digunakan sebagai mainan perahu. Mainan ini sering dimainkan oleh anak desa di sungai. Batang pohon ini memang masih kuat, meski terlihat lembek. 

Batang pohon pisang tidak hanya dimanfaatkan oleh warga lokal saja. Namun, oleh warga Amerika Serikat. Bahkan batang ini terjual sangat mahal di negara tersebut. Satu potong batang pisang bisa terjual dengan harga 85 ribu. 

Harga yang sangat mahal di Amerika Serikat mungkin disebabkan oleh kandungan Batang pohon pisang yang sangat lengkap. 
Pohon Pisang
Sumber: Unsplash.com

Apakah anda pernah mencoba makanan di atas? Kalau belum anda bisa membuatnya sendiri, asal memiliki batang pohon pisang.

Belum ada Komentar untuk "Makanan yang Bisa Diolah Dari Batang Pohon Pisang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel