Artikel Pilihan

Manfaat Dari Batang Pohon Pisang yang Jarang Diketahui

Pohon Pisang
Pohon pisang merupakan salah satu pohon yang fungsinya paling lengkap. Daun dari pohon pisang bisa dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan karena bentuknya yang lebar dan kuat. Dengan lebarnya daun pisang, anda bisa menggunakannya sebagai payung ketika hujan atau untuk menghalau panas dari sinar matahari. 

Bagian lain yang sering dimanfaatkan dari pohon pisang adalah buah dan batang pisang. Dua bagian tersebut sering dikonsumsi. Buah pisang memang sangat lazim dimakan. Namun, batang pisang juga tidak kalah enak untuk dikonsumsi dan ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Apa saja manfaat yang didapatkan dari batang pohon ini? 

Manfaat Dari Batang Pohon Pisang 

Pohon Pisang
Sumber: Unsplash.com

1. Membersihkan Saluran Pencernaan 

Manfaat pertama dari batang pohon pisang adalah membersihkan pencernaan karena batang tersebut terdiri atas pelepah atau daun pisang yang mengumpul sehingga seratnya juga cukup tinggi. 

Dengan serat yang lumayan tinggi, pencernaan anda akan lebih lancar sehingga dapat membersihkan saluran pencernaan secara menyeluruh. 

2. Membuang Racun Dalam Tubuh 

Apakah anda pernah mendengar kata detoksifikasi atau membuang racun dan kotoran dari dalam tubuh? Biasanya detoksifikasi dilakukan dengan meminum berbagai jus dan air dalam jumlah yang banyak. 

Ternyata, batang pohon pisang juga memiliki fungsi untuk membersihkan racun dari dalam tubuh. Anda bisa mengolahnya menjadi jus dan meminumnya secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang satu ini. 

3. Menurunkan Berat Badan 

Badan anda bisa menimbun lemak dalam jumlah yang banyak karena jumlah kalori yang anda makan melebihi kebutuhan kalori harian yang anda keluarkan. Setiap makanan yang anda makan akan dikonversi menjadi kalori. 

Mungkin anda merasa hanya makan sedikit. Namun, bisa jadi makanan yang sedikit tersebut mengandung kalori yang cukup banyak. Contohnya ada satu donat yang dicampur dengan cokelat bisa mengandung hingga 250 kalori. 

Batang pohon pisang bisa membantu anda menurunkan berat badan karena hanya mengandung sedikit kalori. Jadi, anda bisa makan lebih banyak dan lebih kenyang tanpa takut kalori anda berlebih. 

4. Obati Batu Ginjal 

Satu lagi khasiat dari jus batang pohon pisang selain membuang racun dalam tubuh adalah menyembuhkan batu ginjal. Anda bisa mencampur jus ini dengan kapulaga atau jeruk nipis. 

Kandungan dari jus batang pohon ini akan membuat kandung kemih lebih rikels sehingga penyakit batu ginjal bisa dicegah. Selain itu, jus ini juga bisa mengurangi sakit yang disebabkan batu ginjal. 

5. Mengurangi Kadar Kolesterol 

Batang pohon pisang mengandung vitamin B6 dan zat besi dalam jumlah yang sangat banyak. Kedua kandungan tersebut membantu meningkatkan hemoglobin dalam tubuh manusia. 

Kedua nutrisi tersebut, ditambah dengan kalium sangat efektif untuk mengontrol tekanan darah tinggi serta kolesterol. 

6. Membuat Gula Darah Stabil 

Kandungan lainnya dari batang pohon pisang yang sangat bermanfaat adalaha glikemik yang sangat rendah. Glikemik yang sangat rendah dalam makanan bisa membuat gula darah jadi terkontrol. 

Pernahkan anda merasa mengantuk setelah makan? Itu tandanya gula darah sedang naik karena anda memakan makanan yang tinggi akan karbohirat. Karbohidrat akan berubah menjadi gula ketika diolah oleh tubuh kita. 

Untuk mengatasinya, anda bisa memakan nasi atau sumber karbohidrat lain dengan batang pohon pisang yang telah dimasak agar lonjakan gula darah dapat dikendalikan. 

7. Sembuhkan Asam Lambung 

Mengonsumsi jus batang pohon pisang juga dapat mengobati asam lambung. Kalau anda sering mengalami maag karena asam lambung yang sangat tinggi, cobalah minum jus ini secara teratur. 

8. Menyebuhkan Cacar Air 

Penyakit yang satu ini memang sangat menyiksa karena selain membuat demam, juga membuat tubuh terasa gatal. Orang bisa terkena penyakit cacar lebih dari satu kali. Namun, peluangnya sangat kecil. 

Jika anda tengah terkena penyakit cacar, anda bisa menggunakan batang pohon pisang sebagai obat alami. Cara penggunaannya untuk penyakit cacar juga sangat mudah, cukup rebus batang pisang yang dicampur dengan pulosari atau adas. 

Minum air rebusan tersebut dua kali dalam sehari sampai penyakit cacar mereda. Cacar biasanya disebabkan oleh sistem kekebalan yang menurun sedangkan batang pohon pisang bisa meningkatkan kekebalan tubuh anda. 

9. Mencegah dan Mengobati Infeksi 

Kalau anda tengah terluka, anda bisa segera membalut luka tersebut dengan batang pohon pisang untuk mencegah infeksi. Batang pohon yang satu ini mengandung kalium dan berbagai macam vitamin yang bisa membunuh bakteri dan kuman. 

Selain mencegah, batang pohon pisang juga bisa mengobati infeksi yang sudah semakin parah dengan mekanisme yang hampir sama, yaitu membunuh bakteri yang berada di luka tersebut. 


Olahan Makanan Dari Batang Pohon Pisang 

Selain menjadi obat dari berbagai penyakit, batang pohon pisang juga bisa dijadikan makanan. Rasa yang dihasilkan juga sangat lezat. 

Batang pohon pisang bisa diolah menjadi rujak batang pisang, sayur ares khas Lombok, Pa Piong Bura atau ayam batang pisang, dan kerupuk bonggol pisang. 

Selain itu, anda juga bisa memasak batang pohon pisang sesuai dengan kreativitas yang anda miliki. 
Pohon Pisang
Sumber: Unsplash.com

Itulah manfaat dari batang pohon pisang yang bisa mengobati berbagai penyakit. Kalau anda terserang salah satu penyakit tersebut, anda bisa menggunakan batang pohon ini sekarang.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Dari Batang Pohon Pisang yang Jarang Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel