Artikel Pilihan

Kenapa Budidaya Pohon Pisang Layak Untuk Dicoba?

Pohon Pisang
Kalau anda perhatikan, pohon pisang merupakan salah satu pohon buah yang paling mudah ditemukan di Indonesia. Pohon pisang memang mudah tumbuh dimana saja, terutama di iklim yang tropis. Buah pisang sendiri merupakan buah yang paling banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia. Sekitar 46% buah yang dimakan orang Indonesia adalah buah pisang. 

Pohon pisang juga banyak dibudidayakan karena hasilnya yang bisa dijual dengan harga mahal. Membudidayakan pohon dengan nama latin Musa ini memang dinilai sebagai bisnis yang menjanjikan. Kalau anda masih ragu untuk membudidayakan pohon ini, mungkin anda harus melihat beberapa alasan kenapa pohon yang satu ini layak untuk dibudidayakan. 

Alasan Pohon Pisang Cocok Dibudidayakan 

Pohon Pisang
Sumber: Pixabay.com

1. Cocok Dengan Iklim Indonesia 

Ada beberapa kondisi yang membuat pohon pisang bisa tumbuh dengan optimal, antara lain adalah kelembapan tanah yang tinggi, curah hujan yang tinggi, serta suhu yang cukup hangat. 

Kelembapan tanah yang cocok untuk pohon ini adalah sekitar 80% sampai 90%. Suhu yang baik untuk pohon pisang adalah sekitar 30 derajat celcius dengan curah hujan yang cukup tinggi, yaitu sekitar 2000 sampai 2500 mm per tahun. 

Kondisi tersebut merujuk kepada iklim yang tropis, iklim yang sama dengan sebagian besar wilayah di Indonesia. Didukung dengan iklim yang sudah sesuai dengan kriteria pohon ini, membudidayakannya akan jadi lebih gampang. 

2. Mudah Ditanam 

Meski memiliki banyak sekali kriteria agar bisa tumbuh dengan baik, umumnya pohon yang satu ini tidak terlalu ribet soal media tanam. Pohon pisang bisa tumbuh dengan baik dengan segala jenis tanah, seperti tanah berpasir atau tanah yang biasa saja. 

Namun, untuk menunjang pertumbuhannya, anda harus memastikan kalau tanah yang anda siapkan merupakan tanah yang gembur, memiliki humus yang tebal, mengandung banyak unsur hara, serta netral. 

Selain kemudahan dalam pemilihan tanah, pohon yang satu ini juga lebih mudah ditanam. Anda hanya perlu mencari tunas yang baik membuat lubang pada tanah dan menanamnya seperti biasa. 

3. Mudah Dirawat 

Selain mudah ditanam, pohon yang bisa tumbuh hingga 3 meter ini juga mudah dirawat. Anda tidak perlu melakukan perawatan khusus, selain perawatan untuk tanaman pada umumnya. 

Siram pohon pisang secara rutin setiap hari. Namun, jangan menyiram terlalu banyak karena bisa membuat tanaman ini jadi membusuk. Selain itu, Berikan pupuk dengan teratur setiap bulan. 

Dosis pupuk yang anda berikan juga harus pas. Karena jika terlalu banyak, malah membuat tanaman mengalami gangguan pertumbuhan. Secara umum, tanaman ini bisa tumbuh dengan baik hanya dengan perawatan yang biasa saja. 

Anda bahkan tidak perlu menyiram pohon pisang jika sedang musim hujan karena air hujan sudah cukup membuat tanaman ini jadi subur. 

4. Pasti Berbuah 

Pohon pisang merupakan salah satu pohon buah yang unik karena pohon ini hampir dipastikan berbuah. Pohon ini tidak akan pernah mati sebelum bisa berbuah. Meskipun anda memotong batangnya, akan ada tunas baru yang tumbuh. 

Pohon pisang bisa terus tumbuh meski ditebang karena ada tunas yang tersisa. Tunas ini yang akan menggantikan fungsi dari induknya. Setiap kali anda menebangnya, siklus ini akan terus berulang. 

Sifat pohon pisang yang satu ini bisa membuat penanamannya menjadi lebih gampang dan anda tidak perlu khawatir akan kegagalan. 

5. Buah yang Banyak 

Dalam sekali panen, satu pohon pisang bisa menghasilkan mulai dari 15 kg sampai 30 kg buah pisang. Harga 1 kg buah pisang sekitar 20 ribu sampai 40 ribu. 

Dengan menggunakan estimasi harga terendah dengan hasil yang terkecil, anda bisa mendapatkan uang sebesar 300 ribu Rupiah dari satu pohon. Anda bisa bayangkan sendiri kalau anda memiliki ratusan pohon pisang. 

6. Memanfaatkan Batang dan Daunnya 

Pohon pisang yang telah berbuah tidak akan bisa panen lagi karena bonggolnya telah terpotong ketika anda mengambil buahnya. Ketika ini, anda harus menebangnya. Namun, tunas yang baru akan tumbuh lagi. 

Jangan langsung membuang pohon yang anda tebang karena masih banyak bagian yang bisa dimanfaatkan. Batang pohon pisang bisa dibuatkan sebagai makanan, sedangkan daun pisang bisa anda jual lagi. 

Tidak seperti pohon lain yang hanya dimanfaatkan daunnya, paling bagus sampai memanfaatkan daunnya. Namun, anda bisa memanfaatkan pohon pisang sampai batangnya. 


Fungsi Setiap Bagian Pada Pohon Pisang 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau hampir setiap bagian pohon pisang bisa dimanfaatkan. Anda bisa memanfaatkan bagian buah, daun, batang, hingga bunganya. 

Buah pisang merupakan bagian yang paling sering dimanfaatkan sebagai makanan karena rasanya yang lezat dan kandungan nutrisi yang begitu banyak. Pisang bisa menjadi sumber energi utama bagi tubuh karena mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Selain itu, ada kalsium, fosfor, dan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. 

Daun pisang sering dimanfaatkan untuk membungkus makanan atau digunakan sebagai payung. Batang dan bunga pisang sendiri bisa dimakan. Kedua bagian tersebut bisa direbus dan dicampurkan dengan penyedap rasa. 
Pohon Pisang
Sumber: Pixabay.com

Apakah anda sudah yakin untuk membudidayakan pohon pisang setelah melihat alasan di atas? Kalau sudah, mulailah memilih tunas pisang yang bagus.

Belum ada Komentar untuk "Kenapa Budidaya Pohon Pisang Layak Untuk Dicoba?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel