Artikel Pilihan

Kondisi yang Ideal Agar Pohon Pisang Candevish Tumbuh Subur

Pohon Pisang
Ada banyak sekali pohon pisang yang berasal asli dari Indonesia, seperti pisang ambon dan pisang tanduk. Kedua pohon pisang tersebut sangat terkenal karena buahnya yang enak dan sering dimanfaatkan sebagai bahan berbagai olahan makanan. Jenis pisang yang terkenal di Indonesia bukan kedua pisang itu saja. 

Ada juga pisang yang berasal dari Amerika, yang pastinya sering anda jumpai dan mungkin sering anda makan. Pisang tersebut adalah pisang Candevish, jenis pisang yang sering dijumpai di supermarket. Kalau anda sangat menyukainya, anda bisa menanam pohon pisang candevish sendiri. Namun, harus memperhatikan kondisi yang ideal agar bisa tumbuh subur. 

Kondisi Ideal Untuk Pohon Pisang Candevish 

Pohon Pisang
Sumber: Pixabay.com

1. Kondisi Suhu 

Kondisi pertama yang harus anda perhatikan kalau ingin menanam pohon yang satu ini adalah suhu di daerah anda menanamnya. Indonesia terdiri dari banyak sekali daerah dengan berbagai macam iklim dan suhu. 

Suhu yang paling ideal kalau anda ingin menanam pohon pisang candevish adalah sekitar 27 derajat sampai 38 derajat celcius. Kebanyakan daerah di Indonesia memiliki suhu tersebut. 

Jika daerah tempat anda tinggal memiliki suhu kurang atau lebih dari 27 sampai 38 derawat celcius, maka anda bisa menanam di rumah kaca. Anda bisa mengatur suhu ruangan sesuka hati sesuai kondisi yang ideal untuk pohon ini kalau menanam di rumah kaca. 

2. Ketinggian Ideal 

Indonesia terdiri atas berbagai daerah dengan ketinggian yang berbeda-beda. Ada dataran rendah, seperti Sumatera bagian timur, Kalimantan, Sebelah Utara di Jawa, dan Papua. Ada pula dataran tinggi, seperti Aceh, Sulawesi Tengah, Dan Jawa Tengah. 

Ketentuan dataran rendah adalah memiliki ketinggian maksimal sekitar 300 meter dari permukaan latu, sedangkan dataran rendah memiliki ketinggian minimal sekitar 700 meter. 

Pohon pisang candevish bisa tumbuh dengan ideal di daerah dengan ketinggian sampai 1600 meter dari permukaan latu. Ini artinya, pohon yang satu ini bisa ditanam di dataran rendah ataupun dataran tinggi. 

Hal inilah yang membuat pohon pisang candevish dapat dengan mudah ditemukan dimana saja. 

3. Hembusan Angin yang Tidak Terlalu Kencang 

Pohon pisang candevish memiliki daun yang lebar dan memanjang. Bentuk daunnya yang seperti itu membuatnya sangat mudah tertiup angin. Apalagi anda akar dari pohon ini tidak tumbuh ke bawah, melainkan ke samping sehingga tidak akan bisa menahan beban yang terlalu kuat. 

Karena itu, jangan menanam pohon pisang ini di daerah dengan hembusan angin yang terlalu kencang. Selain bisa membuat daunnya menjadi sobek, pohon ini juga jadi gampang roboh. 

Angin yang terlalu kencang bukanlah kondisi ideal bagi pohon pisang. Angin yang terlalu kencang justru berpotensi membuat pohon ini mati. 

4. Curah Hujan 

Selain memperhatikan kondisi suhu, ketinggian, dan hembusan angin, anda juga harus memperhatikan curah hujan di daerah tempat anda menanam pohon ini. Pohon pisang candevish merupakan salah satu tanaman yang membutuhkan banyak air. Buah pisang sendiri hampir 90% terdiri atas air. 

Curah hujan yang paling optimal untuk pertumbuhan pohon pisang candevish adalah sekitar 200 sampai 220 mm setiap bulannya. Di atas angka tersebut bisa membuat pohon ini berisiko membusuk. Jika kurang, bisa membuat pohon ini kekurangan. 

Indonesia sendiri memiliki daerah dengan curah hujan yang tinggi hingga puluhan ribu setiap tahunnya. Namun, ada beberapa daerah dengan curah hujan yang optimal untuk pohon ini. 

5. Kondisi Tanah yang Ideal 

Selain kondisi sekitar daerah yang cocok untuk pertumbuhan pohon ini, anda juga harus memperhatikan kondisi tanah. Ada beberapa syarat kondisi tanah yang ideal dan baik bagi pohon ini. 

Anda harus memilih tanah dengan kondisi yang cukup lembap hingga mencapai 70%. Hal ini karena pohon ini membutuhkan air agar bisa mendapatkan cukup nutrisi. Namun, pastikan kalau tanah tidak tergenang air karena bisa membuatnya membusuk. 

Ada jenis tanah yang harus anda pilih untuk pohon pisang yang satu ini. Pohon ini bisa tumbuh dengan baik jika ditanam di tanah yang gembur serta memiliki sistem perairan yang bagus. Anda juga bisa menanamnya di tanah liat. 

Setelah memastikan kalau tanah cukup lembap dengan jenis tanah yang ideal, perhatikan juga kadar asam dan basa pada tanah. Kadar pH yang paling cocok untuk pohon pisang ini adalah sekitar 4,5 sampai 7,5. Anda bisa mengecek pH tanah dengan alat pengukur pH. 


Karakteristik Pohon Pisang Candevish 

Pohon pisang candevish memiliki ciri-ciri yang hampir dengan tanaman pisang yang lainnya. Namun, anda bisa melihat perbedaannya jika memperhatikan dengan spesifik. 

Batang pohon pisang candevish memiliki tinggi sekitar 2,5 meter sampai 3 meter dengan warna hijau yang agak hitam. Daunnya berwarna hijau tua dan mampu tumbuh sepanjang 100 cm. 

Setiap kali panen, pohon pisang candevish bisa menghasilkan sampai 13 sisir. Setiap sisirnya terdapat 12 sampai 22 biji pisang. 

Pisang candevish juga terlihat sama seperti pisang ambon. Namun, warnanya lebih terang dengan tekstur yang agak tebal. 
Pohon Pisang
Sumber: Pixabay.com

Itulah kondisi ideal untuk menanam pohon pisang candevish yang harus anda ketahui sebelum menanamnya. Pohon ini tetap bisa tumbuh dengan baik, meski tidak optimal jika anda menanamnya di kondisi yang tidak ideal.

Belum ada Komentar untuk "Kondisi yang Ideal Agar Pohon Pisang Candevish Tumbuh Subur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel