Artikel Pilihan

Melihat Peluang Berbisnis Budidaya Pohon Pisang

Pohon Pisang
Pohon pisang merupakan tanaman yang mudah tumbuh dimana saja. Pohon pisang bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah atau dataran tinggi, bahkan hingga ketinggian 2000 meter dari permukaan laut. Pohon yang satu ini juga cocok tinggal di Indonesia karena memiliki iklim yang tropis. 

Buah pisang juga merupakan buah favorit orang Indonesia. Data mencatat kalau buah pisang sangat dominan dikonsumsi orang Indonesia, bahkan sampai 46% buah yang dimakan orang Indonesia adalah pisang. Coba sekarang anda bayangkan, berapa untung yang bisa anda dapatkan kalau memulai bisnis budidaya pohon pisang? 

Melihat Peluang Budidaya Pohon Pisang 

Pohon Pisang
Sumber: Unsplash.com

1. Keuntungan Budidaya Pohon Pisang 

Dalam berbisnis, pastilah pertama kali yang akan orang lihat adalah keuntungan. Ketika membudidayakan pohon pisang, keuntungan yang anda dapatkan adalah dari buah pisang yang berhasil dipanen dan dijual. 

Harga buah pisang yang dijual berbeda-beda tergantung dari jenis pisang yang dijual. Umumnya, satu kilo buah pisang bisa terjual dengan harga 20 ribu sampai 40 ribu Rupiah. Ambil contoh pisang candevish yang dijual dengan rata-rata sekitar 20 ribu Rupiah setiap kilo. Kalau anda memiliki lahan seluas 1000 m x 1000 m, pohon pisang yang bisa anda tanaman ada sebanyak 165 tunas. 

Satu pohon pisang bisa menghasilkan sekitar 15 kg buah pisang dalam waktu satu tahun. Jika dihitung dengan total pohon yang anda tanam, yaitu 165 tunas, anda bisa mendapatkan buah pisang sebesar 2.475 kg. 

Jika dijual dengan harga 20 ribu setiap kilo, anda bisa mendapatkan untung sebesar 49,5 juta Rupiah. Perhitungan ini masih menggunakan hasil panen yang paling terendah. Pohon pisang yang dirawat dengan baik bisa menghasilkan hingga 30 kg buah pisang. 

Perhitungan ini juga belum termasuk tunas baru yang tumbuh setelah pohon ini panen. Pohon pisang memang tidak bisa berbuah dua kali. Namun, akan tumbuh sekitar 4 sampai 9 tunas baru. 

Tunas yang baru tumbuh tergantung dari cara perawatan anda. Anggap saja tunas yang tumbuh berjumlah sedikit, yaitu 4. Tunas ini dapat anda jual lagi kepada orang yang ingin menanam pohon ini. 

Satu tunas pisang bisa laku dengan harga 15 ribu Rupiah. Total dalam satu lahan, dengan jumlah pohon pisang sekitar 165 batang, bisa menghasilkan sekitar 660 tunas baru. Jika dihitung, keuntungannya bisa mencapai 10 juta Rupiah. 

Bila dihitung dengan penjualan buah pisang yang anda jual sebelumnya, anda bisa mendapatkan keuntungan total 59,5 juta Rupiah. 

2. Biaya Budidaya Pohon Pisang 

Perhitungan keuntungan sebelumnya bukanlah keuntungan bersih yang dikurangi dengan biaya produksi. Ada beberapa hal yang harus anda persiapkan dengan baik kalau ingin membudidayakan pohon pisang. 

Anda harus menyiapkan beberapa peralatan, seperti cangkul, sabit, dan timbangan. Tidak lupa juga anda harus memiliki lahan, tunas pisang yang akan ditanam, serta pupuk agar pertumbuhan pohon pisang lebih optimal. 

Anggap saja anda menyewa lahan untuk memulai bisnis ini. Pada perhitungan sebelumnya, lahan yang dihitung adalah seluas 1.000 meter x 1.000 meter. Biaya sewa lahan yang harganya paling murah sekitar 1.500 Rupiah untuk setiap meter. Jika 1.000 meter, berarti anda harus mengeluarkan biaya sekitar 1,5 juta untuk menyewa lahan. 

Harga satu timbangan buah sekitar 650 ribu Rupiah. Jika anda membelinya dua buah agar proses penimbangan lebih cepat, anda butuh 1,3 juta. Anda juga membutuhkan cangkul yang berkualitas dengan harga sekitar 40 ribu Rupiah sebanyak 2 buah. Totalnya adalah 80 ribu Rupiah. 

Anda juga harus membeli sabit. Satu sabit dapat anda beli dengan harga 25 ribu. Jika anda membeli dua, anda akan membayar sekitar 50 ribu Rupiah. 

Harga satu bibit tunas adalah 20 ribu. Anda akan membeli 165 tunas pisang, seperti perhitungan kita sebelumnya. Jika ditotal, harganya adalah 330 ribu Rupiah. Harga pupuk adalah sekitar 100 ribu untuk satu kilo. 

Berdasarkan perhitungan tadi, anda membutuhkan modal sekitar 6,3 juta Rupiah. Perhitungan ini masih berupa estimasi. 

3. Keuntungan Total 

Pohon pisang akan berbuah saat sudah berumur satu tahun. Dalam waktu satu tahun, anda akan mendapatkan keuntungan bersih sekitar 53,2 juta Rupiah. Keuntungan yang sangat besar dibandingkan modal yang anda keluarkan. Namun, anda harus menunggu satu tahun untuk mendapatkan keuntungan tersebut. 

Selain itu, anda juga harus melakukan perawatan dengan konsisten agar pohon pisang bisa menghasilkan buah yang banyak dan berkualitas. 


Tantangan Budidaya Pohon Pisang 

Selain keuntungan yang menggiurkan, anda juga harus memikirkan tantangan dalam memulai bisnis ini. Sebelum mencapai waktu satu tahun untuk mendapatkan keuntungan yang banyak tersebut, ada banyak tantangan yang akan menghalangi anda. 

Salah satu tantangannya adalah hama dan penyakit yang sering menyerang pohon ini. Hama dan penyakit bisa membuat buah yang dihasilkan menjadi kurang banyak dan tidak berkualitas. Pada kasus yang sudah parah, pohon pisang bisa gagal panen. 

Selain itu, anda juga harus memperhatikan kondisi pohon pisang dengan saksama karena ada beberapa kondisi yang bisa membuat pohon ini mati. 
Pohon Pisang
Sumber: Unsplash.com

Apakah anda tertarik untuk memulai bisnis budidaya pohon pisang? Kalau anda tertarik, anda harus segera mulai membeli peralatan, lahan, dan tunas pisang.

Belum ada Komentar untuk "Melihat Peluang Berbisnis Budidaya Pohon Pisang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel