Artikel Pilihan

Hal yang Harus Anda Lakukan Setelah Pohon Apel Panen

Pohon Apel

Kalau berbicara soal pohon apel, pastilah yang terbayang dalam pikiran anda adalah buahnya yang berbentuk bulat. Pohon apel akan memasuki masa panen saat berumur 4 sampai 5 bulan setelah bunga mekar. Buah apel biasanya memiliki warna merah hingga hijau, tergantung dari jenis apel yang ditanam. Rasanya juga ada yang asam dan manis. 

Buah dari pohon apel biasanya siap dipetik 120 hari setelah berbuah. Namun, setiap jenis apel memiliki waktu yang berbeda-beda. Contohnya, apel rome beauty yang siap dipetik saat 120 sampai 141 hari atau apel anna yang siap dipetik saat 100 hari. Selain waktu panen, hal yang harus anda perhatikan adalah hal yang harus dilakukan setelah pohon ini panen. 

Lakukan Hal ini Setelah Pohon Apel Panen 

Pohon Apel
Sumber: Pixabay.com

1. Kumpulkan Buah Apel 

Setelah pohon apel panen, anda akan lebih berfokus untuk merawat buah apel yang baru anda petik. Hal pertama yang harus anda lakukan setelah pohon yang satu ini panen adalah mengumpulkan buahnya. 

Kumpulkan buah tersebut di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari. Sangat disarankan untuk panen buah apel pada pagi hari saat matahari belum terbit atau sore hari saat matahari akan tenggelam. 

Sinar matahari akan membuat proses respirasi pada buah apel menjadi tinggi sehingga warna apel akan cepat berubah. Karena itu, hindari buah apel dari sinar matahari langsung untuk menjaga kualitasnya. 

Jangan menyimpan buah apel dengan cara melemparnya karena buah apel mudah rusak jika terkena sesuatu yang keras. 

2. Sortir Buah Apel 

Setelah mengumpulkannya, bawalah buah apel untuk disortir. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memisahkan buah apel yang berkualitas bagus dan yang jelek. Tidak semua buah apel yang dihasilkan akan memiliki kualitas baik, pasti setidaknya ada buah apel yang rusak. 

Anda harus memeriksa apakah ada buah apel yang terserang penyakit. Kalau ada, segera pisahkan buah apel yang terserang penyakit tersebut dari buah apel yang masih sehat agar penyakit tidak menular. 

Kalau diperlukan, sortir buah apel disesuaikan dengan ukuran buah. Ukuran buah yang lebih besar tentu memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan ukuran buah yang lebih kecil. 

Pisahkan juga buah apel yang dihinggapi oleh hama, seperti lalat buah. Hama yang satu ini dapat membuat buah apel menjadi sarangnya hingga muncul larva dari dalam apel yang dihinggapi. Larva dari apel tersebut dapat memakan apel lainnya yang masih bagus hingga mengurangi mutu apel itu. 

3. Simpan Dengan Benar 

Keunggulan pohon apel dibandingkan tanaman lainnya adalah pohon ini mampu berbuah lebih cepat, tetapi buahnya tahan lebih lama dibandingkan buah lainnya. 

Anda bisa melihat contohnya dari apel rome beauty yang mampu disimpan selama 28 hari dengan waktu petik setkiar 120 hari saja. 

 Buah apel juga bisa disimpan lebih lama lagi dari 1 bulan, hingga 7 bulan jika anda menyimpannya dengan cara yang benar. Untuk mempertahankan kesegaran buah apel hingga lebih dari setengah tahun, anda perlu menyiapkan ruangan dengan suhu 0 derajat celcius hingga minus 6 derajat celcius. 

Salah satu kunci ketahanan dari buah apel adalah suhu yang dingin dan terhindar dari sinar matahari langsung. 

4. Pengemasan 

Hal yang satu ini hanya dilakukan bagi orang yang ingin membudidayakan oleh pohon apel dan mendistribusikan buah apel untuk dijual di pasaran. Jika anda menanam pohon ini untuk dikonsumsi sendiri, anda dapat melakukan hal ini sampai menyimpannya saja. 

Cukup gunakan kemasan dalam bentuk kardus untuk menyimpan buah apel ketika akan mengirimnya. Sesuaikan ukuran kardus yang akan anda gunakan. Namun, ukuran kardus umum yang disarankan adalah 48 cm x 33 cm x 37 cm. 

Usahakan jangan terlalu berat menumpuk buah apel terlalu berat dalam satu kardus. Berat paling maksimal yang disarankan hanya sekitar 35 kg. Berikan juga potongan kertas untuk memberi batas antar setiap susunan buah apel agar setiap buah apel tidak saling berbenturan. 

Anda bisa menyusun secara miring atau mendatar. Anda dapat menggunakan gabus dengan lubang yang khusus dibuat untuk menempatkan buah apel dalam kardus. 


Perkiraan Panen Pohon Apel 

Pohon apel diperkirakan akan panen setiap 6 bulan sekali jika perawatan dilakukan dengan benar. Namun, kecepatan panen akan tergantung dari jenis apel, iklim, serta kelembapan tanah. 

Ada juga beberapa pohon apel yang panen lebih cepat dari 6 bulan bila dilakukan perawatan dengan benar, diberikan pupuk secara rutin, berbagai penyakit dan hama dikendalikan dengan benar, serta mengendalikan tanaman gulma. 

Setiap kali pohon apel panen, diperkirakan bisa menghasilkan 6 sampai 15 kg pohon apel. Namun, sekali lagi, hasil dari pohon ini ditentukan dari jenis apel yang ditanam, cara perawatan, serta iklim tempat anda menanamnya. 

Saat pohon apel sudah masuk waktunya panen dan siap dipetik, anda harus mengetahui cara panen apel yang benar. Petiklah buah apel hingga pada bagian batangnya dan lakukan secara serempak untuk setiap pohon. 
Pohon Apel
Sumber: Pixabay.com

Apakah anda sudah melakukan hal tersebut dengan benar setelah pohon apel panen? Ada baiknya anda melakukan hal tersebut untuk menjaga buah apel tetap berkualitas.

Belum ada Komentar untuk "Hal yang Harus Anda Lakukan Setelah Pohon Apel Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel