Artikel Pilihan

Ciri-Ciri Pohon Apel yang Sudah Siap Panen

Pohon Apel

Meski buah apel sangat mudah ditemukan di pasar, tetapi nyatanya pohon apel sangat sulit ditanam di Indonesia. Iklim merupakan penghambat bagi pertumbuhan pohon apel di Indonesia. Pohon ini membutuhkan iklim dengan suhu yang tinggi, lembap, serta memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Hanya ada beberapa daerah di Indonesia yang cocok dengan kondisi tersebut. 

Setelah menanam pohon apel dengan segala tantangannya, pastilah anda mengharapkan manfaatnya. Manfaat dari pohon ini yang paling ditunggu oleh semua orang adalah masa panen. Namun, anda harus mengetahui ciri-ciri apel yang sudah siap dipanen. Salah memanen apel yang belum matang bisa membuat anda harus menunggu lama hingga panen lagi. 

Mengetahui Ciri-Ciri Pohon Apel yang Siap Panen 

Pohon Apel
Sumber: Pixabay.com

1. Umur Pohon Apel 

Hal pertama yang paling mudah untuk mengetahui ciri-ciri pohon apel yang siap panen adalah melihat dari umurnya. Apel bisa anda panen setelah berumur 4 sampai 5 bulan dari bunga mekar. 

Umumnya bunga apel akan mekar saat berumur 6 bulan sampai 1 bulan. Ada banyak faktor yang menentukan umur mekar bunga hingga waktu panen setelah bunga mekar, mulai dari cara anda mendapatkan bibit apel, cara anda menanamnya, perawatan yang anda lakukan, hingga jenis apel yang anda tanam. 

Meski berbeda-beda, waktunya tidak akan terlalu jauh. Kalau anda sempat, anda dapat menghitung waktunya mulai dari anda menanam bibit pohon apel. Catatlah di dalam sebuah buku atau kertas agar anda tidak melupakannya. 

2. Lihat Dari Jenis Pohon Apel 

Seperti yang sudah dijelaskan kalau pohon apel akan mencapai masa panen pada umur 4 sampai 5 bulan setelah bunga mekar. Itu merupakan umur untuk apel pada umumnya. Namun, umur apel akan tergantung dari jenis apel yang anda miliki. 

Setiap jenis apel pasti memiliki umur panen yang berbeda-beda. Contohnya seperti apel rome beauty yang akan dapat dipanen sekitar 141 hari saat bunga mekar. Berbeda dengan buah apel rome beauty, apel anna dapat panen lebih cepat. Apel anna dapat dipanen sekitar 100 hari setelah bunga mekar. 

Pada saat musim hujan, pohon apel dapat panen lebih cepat. Karena itu, disarankan untuk menanam pohon ini pada saat musim hujan. 

3. Ukuran yang Maksimal 

Setelah melihat umur dan jenis pohon apel, anda bisa melihat ciri-ciri buah yang siap dipanen pada saat buah mencapai tingkat kematangan fisiologis yang baik. Bagaimana mengetahui tingkat kematangan buah apel yang baik? Anda harus mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu. 

Salah satu ciri-cirinya adalah dengan melihat ukuran buah apel tersebut. Buah apel yang siap panen memiliki ukuran yang sangat maksimal. Buah apel sendiri memiliki bentuk yang berbeda-beda, tergantung dari jenisnya. Namun, umumnya buah apel dapat tumbuh sebesar 5 sampai 9 cm. 

Jangan memanen buah apel sebelum ukurannya mencapai diameter 5 cm. Setelah mencapai ukuran tersebut, tunggu beberapa hari untuk menunggu pertumbuhan buah ini terlebih dahulu. Jika belum tumbuh lagi, bisa dipastikan kalau ukuran tersebut merupakan ukurannya yang paling maksimal. 

4. Terasa Aroma 

Buah apel yang sudah mulai masak akan mengeluarkan aroma yang sangat menggoda hidung. Aroma dari buah apel bervariasi, mulai dari manis hingga asam, tergantung dari jenis pohon apel yang anda miliki. 

Kalau anda ingin memeriksa tingkat kematangan buah apel, ciumlah aroma dari buah apel tersebut. Saat mendekatkan buah apel ke hidung, anda akan mencium aroma manis atau asam dari buah apel tersebut. 

5. Warna yang Cerah 

Ciri-ciri lain dari buah apel yang siap dipanen bisa dilihat dari warnanya. Warna apel pun berbeda-beda setiap jenisnya. Meski umumnya berwarna hijau hingga merah. Namun, setiap warna tingkat kecerahan apel berbeda-beda. 

Anda bisa membedakan apel yang matang dengan yang belum melalui warnanya. Apel yang sudah siap dipanen memiliki warna yang cerah dan tampak segar. Saat melihat warna apel sudah sangat cerah, memiliki ukuran yang cukup, serta aroma yang menggoda, dapat dipastikan kalau apel tersebut sudah siap dipanen. 

6. Terasa Bunyi Serat 

Setelah melihat semua ciri-cirinya, anda dapat memastikan kalau buah apel tersebut benar-benar siap dipanen dengan cara menekan buah apel tersebut. Apel yang sudah siap dipanen akan mengeluarkan bunyi seperti serat ketika ditekan. 

Selain mengeluarkan bunyi, buah apel juga akan mengeluarkan air. Buah apel sendiri tersusun atas air. 


Cara Panen Pohon Apel yang Benar 

Jika anda telah mengetahui ciri-ciri pohon apel yang sudah siap dipanen, kini anda harus mengetahui cara panen pohon yang satu ini dengan benar. 

Kalau anda memiliki lebih dari satu pohon apel, panenlah semua pohon secara serempak agar buah dapat tumbuh secara bersamaan lagi. Panen dengan cara memetik buah apel secara perlahan agar tidak membuat cabangnya patah. 

Pohon apel akan kembali berbuah setelah 6 bulan kemudian. Sambil menunggu 6 bulan, anda harus melakukan perawatan yang benar. Sekali panen, pohon ini dapat menghasilkan 6 sampai 15 kg buah apel. 
Pohon Apel
Sumber: Pixabay.com

Mengetahui ciri-ciri pohon apel yang siap panen sangat penting. Jangan sampai anda malah memetik buah apel yang belum matang atau membiarkan buah apel yang sudah terlalu matang,

Belum ada Komentar untuk "Ciri-Ciri Pohon Apel yang Sudah Siap Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel