Artikel Pilihan

Fakta Unik Tentang Pohon Pisang yang Tidak Akan Anda Temukan Pada Pohon Lain

Pohon Pisang
Ada banyak sekali pohon buah yang dapat tumbuh di Indonesia, salah satunya adalah pohon pisang. Anda bisa menemukan banyak sekali pohon pisang di Indonesia, bahkan buah pisang menjadi buah yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Pohon dengan nama latin Musa ini tersebar di banyak daerah, termasuk Asia Tenggara, Asia Timur, hingga Amerika. 

Pohon pisang juga memiliki beberapa perbedaan unik yang tidak dimiliki oleh tanaman lainnya. Dari setiap bagian, mulai dari daun, batang, akar, hingga buahnya memiliki perbedaan dengan kebanyakan tanaman lainnya. Kalau anda menyukai buah pisang dan ingin menanam pohonnya, anda juga harus mengetahui fakta unik dari tanaman yang satu ini. 

Fakta Unik Dari Pohon Pisang 

Pohon Pisang
Sumber: Pixabay.com

1. Bentuk Bunga yang Berbeda 

Bunga dibutuhkan oleh pohon yang berbuah agar proses pembuahan bisa terjadi. Serbuk sari dari bunga akan menyebar di berbagai bagian pohon hingga tumbuh buah sesuai dengan jenis pohon. 

Letak bunga biasanya ada di ketiak daun, posisi antara daun dan batang daun. Bentuk bunga juga seperti pada umumnya, perbedaan hanya terletak pada jenis kelaminnya saja. Namun, pohon pisang memiliki bentuk bunga yang sangat berbeda. 

Pohon pisang memiliki bunga yang sangat besar dengan warna merah hingga ungu. Bunga tersebut juga sering disebut sebagai jantung. Ujung jantung tersebut, memiliki kelamin jantan, sedangkan pada bagian pangkalnya terdapat jenis kelamin betina. 

Pada jantung atau bunga tersebut akan tumbuh buah pisang yang dilindungi oleh kelopak daun. Bunga pisang bisa dikatakan bunga yang sempurna. Bunga ini juga hanya akan tumbuh sekali seumur hidup. 

2. Batang yang Bisa Dimakan 

Kebanyakan pohon hanya bisa dimanfaatkan buah atau daunnya saja. Berbeda dengan pohon pisang yang bisa dimanfaatkan hingga ke bagian batangnya. Batang pohon yang satu ini terdiri atas dua batang, yaitu batang utama dan batang semu. 

Batang utama tertanam di bawah tanah, sedangkan batang yang biasa kita lihat adalah batang semu. Disebut batang semu karena terdiri atas pelepah pisang yang menggumpal. Batang semu ini bisa anda manfaatkan sebagai makanan. 

Beberapa daerah sering memasak batang dari pohon pisang yang tidak bisa berbuah lagi karena jantungnya telah mati. Batang pisang ini bisa dijadikan lauk untuk mendampingi nasi. 

3. Daun 

Dengan Banyak Fungsi Di Indonesia dan beberapa negara lainnya, sering memanfaatkan daun pisang sebagai pembungkus makanan. Daun pisang memang bisa dimanfaatkan untuk banyak hal karena bentuknya yang lebar dan memanjang. 

Daun pisang juga kuat sehingga bisa menahan makanan yang berat. Karena kekuatannya tersebut, daun ini tidak akan mudah sobek ketika diterpa angin yang kencang sehingga sering juga dimanfaatkan sebagai payung. 

Anda mungkin sering memakai atau melihat orang yang menggunakan daun pisang sebagai payung ketika hujan atau ketika panas. 

4. Butuh Air, Tapi Tidak Tahan Air 

Kalau anda pernah memperhatikan batang pohon pisang yang telah dibelah, batang tersebut akan terasa sangat lembap. Selain itu, hampir 90% komponen penyusun buah pisang adalah air. 

Itulah yang menyebabkan pohon pisang cocok tinggal di tempat yang lembap karena hampir seluruh bagiannya membutuhkan air. Namun, tanaman ini tidak bisa tinggal di tempat yang tergenang air. 

Jika anda menanamnya di tanah yang mudah tergenang air, pohon ini akan cepat membusuk hingga akhirnya mati. Karena itu, anda harus memperhatikan sistem penyerapan air pada tahan kalau anda ingin memiliki pohon pisang. 

5. Pisang yang Tidak Bisa Berbuah 

Ada banyak sekali jenis pisang, ada pisang kepok, pisang batu, pisang raja, dan lainnya. Namun, ada satu jenis pohon pisang yang tidak bisa berbuah sama sekali. Pisang tersebut adalah pisang hias. 

Sesuai namanya, pohon pisang hias hanya bisa digunakan sebagai tanaman hias saja. Anda bisa menanam pohon yang satu ini di pekarangan rumah. Sebagai tanaman hias, pohon ini memiliki keindahan yang luar biasa. 

6. Tidak Akan Mati 

Keunikan lainnya dari pohon pisang adalah pohon ini tidak akan pernah mati sebelum menghasilkan buah meski anda menebang berkali-kali. 

Pohon ini termasuk pohon yang sangat gigih hingga bisa menghasilkan buah. Jadi, ketika anda menanam pohon pisang, anda tidak perlu khawatir karena pohon ini akan terus tumbuh hingga jantungnya mati. 


Berbagai Jenis Pohon Pisang 

Pohon pisang ada banyak sekali jenisnya, karakteristiknya pun berbeda-beda. Namun, hampir semua jenis pisang memiliki ciri-ciri dan bentuk yang sama. Perbedaannya hanya terlihat pada warna, ukuran, dan tingkat kekerasannya saja. 

Ada pisang kepok, pisang raja, pisang susu, pisang tanduk, pisang ambon, pisang mas, pisang siam, pisang putri, pisang nangka, pisang badak, dan pisang barangan yang bisa anda pilih sebelum menanam pohon pisang. 

Kalau anda ingin memiliki tanaman hias, anda juga bisa menanam pohon pisang hias. Pohon yang satu ini akan menghasilkan bentuk yang sangat cantik. 
Pohon Pisang
Sumber: Pixabay.com

Itulah keunikan dari pohon pisang yang tidak pernah anda temukan pada tanaman yang lain. Mengetahui fakta dari pohon ini juga bisa menambah wawasan anda dibandingkan anda hanya memakan buahnya saja.

Belum ada Komentar untuk "Fakta Unik Tentang Pohon Pisang yang Tidak Akan Anda Temukan Pada Pohon Lain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel