Artikel Pilihan

Nutrisi yang Terdapat Dalam Batang Pohon Pisang

Pohon Pisang
Pohon pisang memang mengandung banyak sekali nutrisi. Anda pasti sudah mengetahui kalau buah pisang merupakan buah yang kaya akan nutrisi. Buah yang akan panen sekitar setahun setelah pohon pisang ditanam ini bahkan dipercaya bisa mengobati banyak penyakit, salah satunya adalah asam lambung. 

Selain buah pisang, batang dari pohon pisang juga mengandung banyak sekali nutrisi yang berguna untuk tubuh anda. Kandungan nutrisi dalam batang pisang tidak kalah dengan buah pisang. Batang pisang ini juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman. Kandungan apa saja yang ada di dalam batang pisang? 

Kandungan Nutrisi Dalam Sepotong Batang Pohon Pisang 

Pohon Pisang
Sumber: Unsplash.com

1. Karbohidrat 

Buah pisang sendiri terkenal sebagai buah yang mengandung tinggi karbohidrat. Tak aneh juga batang dari buah ini juga mengandung karbohidrat yang tinggi. 

Karbohidrat merupakan salah satu makronutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang banyak. Senyawa yang satu ini berfungsi sebagai sumber tenaga utama bagi anda. 

2. Lemak 

Selain karbohidrat, lemak juga merupakan salah satu makronutrisi penting bagi tubuh. Lemak berfungsi sebagai pengatur suhu dan jaringan bagi badan anda. Lemak juga bisa menggantikan karbohidrat sebagai sumber energi ketika karbohidrat habis. 

Kandungan lemak dalam batang pohon pisang memang tidak terlalu banyak, bahkan tidak sampai 0,5 gram. Dengan kandungan lemak yang rendah, anda tidak perlu takut mengonsumsi batang ini. 

3. Protein 

Protein juga merupakan salah satu makronutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh bersama dengan karbohidrat dan lemak. Protein berfungsi untuk membantu membentuk jaringan otot dan mempercepat penyembuhan luka. 

Orang yang ingin membentuk otot pasti mencari-cari protein. Kalau anda juga ingin membentuk otot, anda bisa memakan batang pohon pisang karena mengandung protein yang cukup tinggi. 

4. Vitamin B6 

Vitamin yang satu ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh karena mengatur beberapa fungsi vital pada tubuh, seperti kerja jantung dan paru-paru. Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan kurangnya fungsi otak dan jantung. 

Bibir kering dan mudah kelelahan merupakan tanda umum dari kurangnya vitamin yang satu ini. Untuk mengatasinya, anda dapat memakan batang pohon pisang yang mengandung vitamin B6 yang cukup banyak. 

5. Vitamin C 

Vitamin C merupakan vitamin yang paling banyak dicari orang karena berfungsi untuk menambah imunitas tubuh sehingga anda bisa kebal terhadap beberapa penyakit. 

Biasanya orang memakan jeruk untuk menambah vitamin C. Namun, dalam batang pohon pisang juga terdapat vitamin C yang cukup tinggi. 

6. Potassium 

Apakah anda pernah merasakan jantung berdebar, diare yang parah, kesemutan, dan mudah keram otot? Mungkin itu merupakan tanda kalau anda kekurangan potassium atau kalium. 

Batang pohon pisang mengandung potassium, yang berfungsi untuk memecah karbohidrat, protein, serta lemak untuk menjalankan fungsinya dengan benar. Kandungan ini lumayan banyak terdapat dalam batang pisang. 

7. Magnesium 

Magnesium juga merupakan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan beberapa fungsi. Sering migrain, depresi, mudah lelah, dan insomnia merupakan beberapa tanda kalau anda kekurangan magnesium. 

Karena itu, makanlah batang pohon pisang karena batang ini mengandung cukup magnesium, yang berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium, menguatkan tulang, menjaga otot, mencegah diabetes, dan memperbaiki kualitas tidur. 

8. Tembaga 

Bukankah tembaga adalah benda logam? Ternyata ada juga zat tembaga yang dibutuhkan oleh tubuh dan terdapat dalam batang pohon pisang. Kalau anda mengalami tanda-tanda kekurangan tembaga, seperti anemia, rentan terserang penyakit, atau kelainan tulang, anda harus segera memperbanyak konsumsi tembaga. 

Tembaga berfungsi untuk mencegah osteoporosis dan menjaga kesehatan jantung. Karena itu, perbanyak makan zat tembaga dari batang pohon pisang. 

9. Mangan 

Mineral yang dibutuhkan oleh tubuh memang sangat banyak. Untungnya, semua itu hanya merupakan mikronutrisi, yang berarti hanya dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit. 

Salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh adalah mangan. Mineral yang satu ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas, membantu menyeimbangkan metabolisme, dan mengatur kadar gula dalam darah. Anda bisa mendapatkan mangan yang cukup bagi tubuh dalam satu batang pohon pisang. 

10. Serat 

Anda pasti tahu kalau serat merupakan salah satu kandungan yang berguna agar tubuh bisa mencerna makanan dengan lancar. 

Tanpa konsumsi serat yang cukup, tubuh akan kesulitan untuk buang besar dan pencernaan tidak bisa berjalan dengan lancar. Buah pisang sendiri mengandung serat yang cukup tinggi, begitu juga dengan batang pohonnya. Dalam batang pohon pisang sendiri terkandung 3,1 gram serat. Anda butuh sekitar 25 gram sampai 30 gram serat dalam sehari. 


Makanan Olahan Dari Batang Pohon Pisang 

Batang pohon pisang bisa diolah menjadi berbagai makanan. Sayur ares merupakan makanan yang dibuat dari batang pisang. Makanan ini merupakan makanan khas dari Lombok. 

Ada lagi makanan khas Indonesia yang terbuat dari batang pohon pisang, yaitu ayam batang pisang yang berasal dari Toraja. 

Batang pohon pisang juga bisa diolah menjadi berbagai makanan lain, seperti rujak batang pisang dan keripik bonggol. 
Pohon Pisang
Sumber: Unsplash.com

Kalau anda ingin mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh, cukup makan batang pohon pisang secara rutin karena batang ini mengandung nutrisi yang cukup lengkap.

Belum ada Komentar untuk "Nutrisi yang Terdapat Dalam Batang Pohon Pisang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel