Artikel Pilihan

Berbagai Fungsi dan Manfaat Setiap Bagian Dari Pohon Apel

Pohon Apel
Pohon apel merupakan salah satu tanaman buah yang paling banyak manfaatnya. Hampir setiap bagian dari pohon apel dapat dimanfaatkan. Namun, sayangnya pohon dengan nama latin Malus domestica ini hanya dimanfaatkan buahnya saja. Buah apel memang merupakan bagian yang paling banyak dimanfaatkan oleh orang. 

Karena itu, anda harus mengetahui setiap fungsi dan manfaat dari setiap bagian pohon apel agar dapat memanfaatkan pohon ini dengan maksimal. Akan percuma kalau anda memiliki pohon ini, tetapi hanya mengambil buahnya saja setiap panen. Pohon ini dapat lebih menguntungkan kalau anda juga memanfaatkan bagiannya yang lain. 

Memanfaatkan Setiap Bagian Pohon Apel 

Pohon Apel
Sumber: Tanamanmart.com

1. Buah Apel 

Ketika menanam pohon apel, pastilah anda ingin mendapatkan buah apel. Tujuan utama pohon ini dipanen adalah agar kita bisa memakan buahnya. Satu pohon dapat menghasilkan 6 hingga 15 kg buah apel ketika masa panen. 

Dengan berat satu buah apel sekitar 500 gram, anda bisa mendapatkan maksimal 30 buah apel. Buah apel sendiri memiliki rasa yang manis hingga asam sehingga cocok diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman, seperti kue, pie, jus, atau sirup. Harganya pun lebih mahal kalau anda sudah mengolahnya. 

Buah apel mengandung banyak sekali nutrisi dan mineral yang baik bagi tubuh. Dalam 100 gram buah apel terkandung 52 kalori, 0,3 gram protein, 13,8 gram karbohidrat, 10,4 gram gula, 2,4 gram serat, dan 0,2 gram lemak. Apel juga tediri dari 86% air. 

Selain makronutrisi tersebut, apel juga mengandung vitamin C, vitamin B9, vitamin K, vitamin E, dan vitamin A. Ada pula mineral yang mendukung kesehatan, seperti kalium, fosfor, magnesium, zat besi, dan kalsium dalam jumlah yang sedikit. 

Dengan segala vitamin dan mineral yang terkandung, buah apel dapat membantu menjaga kekebalan tubuh anda sehingga dapat menghindari anda dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus. 

Kandungan serat dalam apel juga cukup tinggi sehingga dapat mengatasi sembelit atau diare. Kalau anda sering makan makanan yang tinggi kolesterol dan berlemak, ada baiknya anda mengimbangi pola makan tersebut dengan buah apel karena apel dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Buah apel juga dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung, diabetes, darah tinggi, stroke, kanker. Karena itu, rutinlah memakan buah apel untuk mengurangi penyakit berbahaya sembari menerapkan pola hidup yang sehat. 

2. Daun Pohon Apel 

Buah apel memang sangat lezat sehingga mungkin membuat anda lupa akan manfaat yang bisa didapatkan dari daun apel. Pohon apel juga menghasilkan daun yang tidak kalah bermanfaat dari buah apel untuk masalah kesehatan. 

Daun apel dapat dimanfaatkan sebagai produk kecantikan untuk mengatasi masalah jerawat serta noda hitam yang menganggu penampilan wajah. Gunakan daun yang mengandung antibakteri serta antioksidan ini sebagai masker. 

Selain itu, daun apel masih memiliki banyak manfaat. Daun apel baik bagi kesehatan tulang karena mengandung kalsium yang cukup banyak. Cukup buat jus daun apel dan konsumsi secara rutin. 

Sama seperti buah apel, daun apel juga dapat bermanfaat untuk menurunkan penyebab asma. Jika anda merupakan seorang penderita asma, ada baiknya kalau anda memakan buah apel dan daun apel bersamaan. 

Buah apel memiliki fungsi untuk mencegah kanker, begitu juga dengan daun apel yang dapat mencegah kanker. Duan dari pohon apel ini dapat mencegah kanker pankreas, sebuah kanker yang menyerang bagian kelenjar dalam pencernaan. 

Daun apel pun mengandung serat yang cukup tinggi sehingga dapat membantu buah apel untuk mengobati sembeli atau diare. Serat dari daun apel juga cukup tinggi. Dengan kebutuhan serat yang mencapai 20 sampai 30 gram setiap hari, ada baiknya kalau anda mengonsumsi buah apel serta daun apel yang lebih banyak. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau buah apel dapat menurunkan kolesterol, daun apel juga dapat menurunkan kolesterol. Minumlah jus daun apel secara rutin untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda. 

Obesitas merupakan masalah yang dirasakan sebagian besar masyarakat di Indonesia. Kelebihan berat badan dapat memicu berbagai penyakit nantinya. Daun apel mengandung kalori yang sangat kecil sehingga dapat membuat anda menjadi lebih kurus. 


Kenapa Pohon Apel Hanya Ada di Beberapa Wilayah? 

Meski buah dan daun dari pohon apel memiliki banyak sekali manfaat, tetapi pohon ini hanya dapat dijumpai di beberapa wilayah saja di Indonesia. Kenapa demikian? Hal ini berhubungan dengan iklim dan cuaca pohon ini dapat tumbuh. 

Pohon apel dapat tumbuh dengan optimal jika ditanam pada suhu sekitar 16 derajat sampai 25 derajat celcius. Dibutuhkan kelembapan tanah sekitar 80% agar pohon ini dapat hidup. 

Selain itu, dibutuhkan juga sinar matahari yang dapat menyinarinya secara langsung sepanjang hari. Curah hujan yang terbaik untuk pertumbuhan pohon apel adalah sekitar 1.000 mm sampai 2.500 mm setiap tahunnya. 

Karena hanya beberapa wilayah di Indonesia yang dapat memenuhi kriteria tersebut menjadi alasan kenapa pohon apel jarang ditemukan di Indonesia. 
Pohon Apel
Sumber: Thegorbalsla.com

Itulah manfaat yang bisa anda dapatkan dari setiap bagian pohon apel, terutama buah dan daun apel. Jadi, untuk apa lagi anda menunggu?

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Fungsi dan Manfaat Setiap Bagian Dari Pohon Apel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel