Artikel Pilihan

Perhatian! Jangan Mengkonsumsi Rimpang Pohon Temulawak Saat Terserang Covid-19. Ini Penjelasannya!

Ciri Ciri Pohon Temulawak

Semenjak virus corona (Covid-19) masuk ke Indonesia, banyak masyarakat di tanah air yang menjadi rutin mengonsumsi jamu atau rimpang pohon temulawak. Karena Hal ini menyebabka keduanya dinilai oleh masyarakat Indonesia dapat memperkuat daya tahan dan imun tubuh pada seseorang.

Telah diketahui sejak dulu, banyak orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah memang lah sangat sangat rentan sekali terserang oleh virus penyebab penyakit, tentu saja termasuk virus corona. Seperti yang dikatakan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto, tidak ada yang lebih ampuh untuk menangkal serangan virus Covid-19 selain imunitas tubuh kita yang kuat.

Karena sejatinya Tidak ada di dalam dunia ini yang lebih hebat untuk dapat menangkal virus Corona, bahkan jauh lebih bagus dari pada yang lainnya, kecuali imunitas pada tubuh kita sendiri atau daya tahan tubuh yang kita miliki, ya, sekilas kalimat ini yang di ucapkan menteri kesehatan Terawan pada kita di seluruh Indonesia.




Meski begitu, beberapa hari terakhir viral diskusi grup Whatsapp dosen Institut Teknologi Bandung di masyarakat terkait anjuran untuk menghindari beberapa bahan dasar dari jamu dan rimpang pohon temulawak tersebut.

Baca juga : Manfaat Pohon Temulawak yang Baik Bagi Tubuh Kamu

Arahan tersebut diketahui mengatasnamakan Dr. Taufikurrahman selaku Dosen ITB dan Prof. Daryono Hadi Tjahjono adalah seorang yang merupakan Dekan Sekolah Farmasi di Institut Teknologi Bandung. Dimana dalam percakapan yang tersebar disebutkan bahwa masyarakat sebaiknya menghindari konsumsi kunyit dan rimpang pohon temulawak untuk sementara waktu.

Pasalnya oleh kedua bahan - bahan alami tersebut dapat telah diketahui memiliki kandungan zat curcumin yang baik bagi tubuh manusia. Menurut rujukan dalam pasal jurnal NCBI yang tertera di dalam pesan WA tersebut dikatakan bahwa adanya curcumin dapat meningkatkan tingkat ekspresi enzim ACE2 yaitu Angiotensin-converting-enzyme2 dalam bentuk intermyocardium relatif terhadap kelompok reseptor angiotensin II atau Ang II.
Ciri Ciri Pohon Temulawak
Sumber: holamigo.id
Sehingga akan dapat mudah digunakan sebagai agen/zat terapi tambahan yang dalam pengobatan pada pasien gagal jantung. Namun enzim ACE2 ini disebut - sebut dalam percakapan dosen tersebut, justru bisa sebagai receptor atau penerima virus corona atau Covid-19 yang malah bisa membuat tubuh lebih mudah terjangkit virus corona atau covid-19 ini.

Kenapa demikian? Karena hal ini dilihat merujuk pada jurnal yang lain yang telah di publikasikan di forum Internasional, The Lancet. Dimana temuan tersebut menyatakan bahwa ada virus corona yang mengikat sel target mereka melalui enzim pengkonversi pada ACE2 yang diekspresikan oleh sel epitel pada paru-paru, pada usus, ginjal, dan seluruh pembuluh darah.

Baca juga : Hal yang Harus Diperhatikan Saat Budidaya Pohon Temulawak

Sehingga reseptor ACE2 disebut memang lah bisa menjadi pintu masuk yang terbuka lebar bagi virus corona atau COVID-19 ke dalam tubuh manusia. Meski begitu, bukan berarti masyarakat diharapkan untuk tidak mengkonsumsi atau dilarang untuk mengonsumsi curcumin seperti yang ada dalam kunyit atau rimpang pohon temulawak di jamu atau rimpang pohon temulawak secara langsung.

Di dalam rangkaian percakapan tersebut yang terlihat bahwa para ahli setuju dan sependapat agar menghimbau masyarakat sementara untuk dapat menghindari rempah - rempah seperti kunyit dan rimpang pohon temulawak, untuk dapat menghindari virus corona atau covid-19 ini. Terlebih yang ada di dalam jurnal telah disematkan, tak secara spesifik menyebutkan bahwa reseptor pada ACE2 tersebut adalah dari curucumin kunyit atau rimpang pohon temulawak.
Ciri Ciri Pohon Temulawak
Sumber : madaninews.com





Sebab yang terdapat pada enzim receptor ACE2 ini, ternyata ada dua jenis tipe nya, yakni yang dapat dengan mudah menempel pada sel seperti COVID-19 di paru-paru dan yang lainnya yang tidak mudah untuk menempel di sel, sehingga virus Corona atau covid-19 ini tidak akan mudah berkembang lalu segera akan mati.

Maka, dalam artian secara keseluruhan, bahwa mesti ada penelitian yang lebih lanjut akan penggunaan rempah kunyit dan rimpang pohon temulawak yang terkait akan hal ini. Apa lagi dalam jamu atau rimpang pohon temulawak ada berbagai kandungan zat tak hanya curcumin saja yang bisa meningkat kan daya tahan tubuh.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Perhatian! Jangan Mengkonsumsi Rimpang Pohon Temulawak Saat Terserang Covid-19. Ini Penjelasannya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel