Artikel Pilihan

Pohon Mangga yang Paling Laku Dijual

Pohon Mangga

Anda bisa melihat bisnis budidaya pohon mangga sebagai prospek bisnis yang cerah. Alasan anda harus segera menanam pohon mangga adalah karena buah mangga merupakan buah favorit di Indonesia. Buah yang memiliki nama latin Mangifera indica ini bahkan merupakan salah satu buah yang paling sering dikonsumsi oleh rakyat Indonesia. 

Jika anda ingin memulai budidaya pohon mangga, ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan. Salah satunya adalah memilih jenis mangga yang akan ditanam. Ada banyak sekali jenis mangga dan hampir semuanya laku dijual. Namun, ada beberapa jenis mangga yang paling disukai pasar yang mungkin bisa menjadi pertimbangan anda. 

Pohon Mangga Terlaku 

Pohon Mangga
Sumber: Pixabay.com

1. Pohon Mangga Yu Wen 

Pohon mangga Yu Wen merupakan jenis mangga yang bisa dibilang sebagai varietas baru. Sejak kelahirannya, mangga yang satu ini menjadi mangga yang sangat disukai oleh para pecinta buah mangga. 

Mangga Yu Wen berasal dari Taiwan dan merupakan salah satu buah unggulan di daerah tersebut. Ciri-ciri buah mangga Yu Wen dapat anda lihat dari warnanya yang agak menonjol. Warna kulit mangga yang satu ini adalah merah terang dengan warna daging kuning mengkilat. 

2. Pohon Mangga Manalagi 

Mangga yang berasal dari lokal juga tidak kalah dengan mangga dari luar negeri. Salah satu buah mangga lokal yang juga sangat laku dijual adalah mangga manalagi yang berasal dari Jawa Timur, tepatnya Situbondo. 

Mangga manalagi memiliki tampilan yang sama seperti buah mangga pada umumnya, yaitu warna hijau yang cerah dengan warna daging yang orange. Serat pada dagingnya agak banyak dan tebal. 

Salah satu kelebihan dari mangga manalagi adalah rasanya yang manis serta ukurannya yang lumayan besar. Anda dapat membedekan mangga manalagi dengan mangga lainnya dengan melihat bintik-bintik putih pada kulit buahnya. Anda tidak perlu takut memetik buah ini dari pohon mangga sebelum matang karena buah ini lebih tahan meski telah dipetik. 

3. Pohon Mangga Golek India 

Indonesia juga memiliki mangga golek sendiri dan bentuknya hampir sama dengan mangga golek dari India ini. Namun, ukuran mangga golek dari negeri tersebut berukuran lebih besar. Satu buahnya bisa mencapai berat 1,5 kg. 

Anda bisa mencoba jenis pohon mangga yang satu ini karena nilai jualnya sangat tinggi dan cukup laku di pasaran. Alasan buah yang satu ini sangat laku adalah karena dagingnya yang sangat tebal. Namun, tidak berserat. Biji buah ini juga lebih tipis dari kebanyakan buah mangga. 

Coba anda bayangkan dalam sekali panen, ada banyak buah mangga golek india yang dihasilkan pohonnya. Dengan berat mencapai 1,5 kg, keuntungan yang akan anda dapatkan sangat banyak sekali. 

4. Pohon Mangga Harumanis 

Mangga yang satu ini diberi nama harumanis karena baunya yang harum dan rasanya yang manis. Mangga ini merupakan mangga unggulan yang memiliki permintaan tinggi di Indonesia. Mangga harumanis bisa dibilang sebagai buah mangga yang paling laku. 

Mulai menanam pohon mangga harumanis juga tidaklah sulit karena pohon ini tidak memerlukan perawatan yang terlalu banyak. Sekali panen, pohon ini bisa menghasilkan puluhan buah mangga. Satu buah mangga bisa tumbuh hingga seberat 500 gram. Harga 1 kg buah mangga harumanis jika dijual bisa mencapai 40 ribu Rupiah. 

5. Pohon Mangga Gedung Gincu 

Mangga gedung gincu memiliki bentuk yang sangat mirip dengan buah apel yang bulat. Buah ini seperti perpaduan antara buah apel dengan buah mangga harumanis karena aromanya yang sangat harum serta warnanya yang merah seperti buah apel. 

Mangga yang satu ini memang jarang sekali terlihat dipasaran, tetapi sebenarnya sangat laku. Anda bisa memulai budidaya pohon mangga gedung gincu untuk memenuhi permintaan pasar akan buahnya. 

Mangga gedung gincu memiliki daging yang sangat tebal. Namun, dengan tekstur yang halus. Sekali tumbuh, buah ini bisa mencapai berat sekitar 300 gram. Meksi tidak seberat buah mangga lainnya, tetapi pohon mangga ini tetap berbuah dengan banyak. 

6. Mangga Chokanan 

Mangga yang satu ini merupakan mangga yang berasal dari Thailand. Negara tetangga Indonesia tersebut memang sangat terkenal dengan makanan yang terbuat dari olahan mangga. 

Salah satu mangga yang sering digunakan adalah mangga chokanan. Di Indonesia, mangga ini sendiri sangat disukai karena rasanya yang manis dan lebih dikenal sebagai mangga madu. 

Kelebihan pohon mangga chokanan dibandingkan jenis mangga lainnya adalah lebih cepat berbuah. Namun, buahnya tidak mengandung banyak air sehingga tidak terlalu berat. Satu buah mangga chokanan hanya tumbuh sebera 450 gram. Dalam setahun, satu pohon ini bisa menghasilkan hingga 120 kg buah mangga chokanan. 


Persiapan Budidaya Pohon Mangga 

Setelah anda menentukan jenis pohon mangga yang ingin ditanam, anda harus mempersiapkan beberapa hal, seperti lahan, modal, sistem perairan, dan mengatasi organisme penganggu tanaman. 

Kesuksesan budidaya pohon mangga ditentukan dari perawatan yang anda lakukan. Jika anda gagal, maka anda tidak akan bisa mendapatkan untung. 
Pohon Mangga
Sumber: Pixabay.com

Itulah enam jenis pohon mangga yang paling laku dijual di pasaran. Anda lebih tertarik membudidayakan yang mana?

Belum ada Komentar untuk "Pohon Mangga yang Paling Laku Dijual"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel