Artikel Pilihan

Cara Agar Pohon Mangga Berbuah Dengan Cepat

Pohon Mangga
Pohon mangga yang tidak kunjung berbuah merupakan salah satu masalah yang sering menjadi kendala bagi pemilik tanaman ini. Pada umumnya, pohon mangga akan mulai berbuah pada saat umur 1,5 sampai 3 tahun. Usia tersebut merupakan usia yang produktif bagi tanaman dengan nama latin Mangifera indica ini. 

Kalau sudah lebih dari 3 tahun. Namun pohon mangga belum berbuah juga, bisa jadi ada kesalahan. Selain itu, pertumbuhan buah mangga juga bisa dirangsang sehingga berbuah lebih cepat dari 1,5 tahun. Jika anda ingin pohon ini cepat berbuah, anda harus melakukan beberapa cara untuk merangsang pertumbuhannya. 

Bagaimana Agar Pohon Mangga Berbuah Cepat 

Pohon Mangga
Sumber: Mitalom.com

1. Pemangkasan 

Cara pertama yang bisa anda coba untuk merangsang pertumbuhan buah pada pohon mangga adalah memangkasnya. Cobalah pangkas beberapa bagian, seperti batang, daun, ranting, cabang, serta bunga yang sudah tidak produktif lagi. 

Anda bisa melihat bagian yang tidak produktif kalau batang cabang tersebut tidak memiliki daun, bunga, atau buah. Potong juga bagian daun yang telah mengering karena bagian daun tersebut sudah tidak berfungsi lagi. 

Memangkas beberapa bagian yang sudah tidak produktif akan membuat berbagai nutrisi terfokus untuk menyembuhkan bagian yang anda pangkas. Semua nutrisi akan mengalir ke bagian batang yang merupakan tempat buah mangga tumbuh. 

Selain itu, bagian yang baru akan tumbuh juga lebih produktif dibandingkan bagian yang anda pangkas sebelumnya sehingga peluang pohon mangga yang anda miliki berbuah lebih besar. 

2. Melukai Batang 

Untuk merangsang pertumbuhan buah pada pohon mangga bisa anda lakukan dengan cara melukai batangnya. Cara yang satu ini memiliki konsep yang sama seperti pemangkasan, yaitu agar nutrisi lebih berfokus pada batang untuk melakukan penyembuhan. 

Saat anda melukai batang tanaman, distribusi nutrisi dari daun pada hasil fotosintesis akan melambat karena lebih fokus menyembuhkan batang yang anda lukai. Saat itu, karbohidrat akan menumpuk pada bagian batang sehingga merangsang pertumbuhan buah mangga. 

Coba berikan luka sayatan menggunakan pisau dengan ukuran 10 sampai 20 cm pada batang utama pohon ini. Tancapkan pisau agak dalam hingga getah pohon keluar dari batangnya. Setelah melukai batangnya, kupas kulit batang tersebut hingga kambium hilang. 

3. Usir Hama 

Batang yang terluka sampai mengeluarkan getah akan mengundang hama untuk datang dan merugikan pohon mangga. Karena itu, anda harus mengusir para hama merugikan tersebut. 

Pohon yang dipenuhi hama akan sulit berbuah karena kebanyakan hama akan menyerap nutrisi lewat daun, batang, bunga, hingga buah. Hama juga terkadang yang menyebabkan ada bagian dari pohon mangga yang kurang produktif. 

Hama yang bersarang di sekitar pohon juga akan membuat tanaman ini berisiko terserang penyakit, seperti jamur. Jika sudah terserang penyakit, pohon ini akan lebih sulit berbuah lagi. 

4. Siram 

Setelah memotong beberapa bagian serta melukai batang pohon dengan tujuan untuk merangsang pertumbuhan buahnya, anda juga harus membantu memberikan nutrisi tambahan dengan cara menyiram tanaman ini. 

Siramlah pohon mangga secara rutin agar tidak kekeringan. Namun, jangan siram terlalu banyak agar tanaman ini tidak lembap. Jika terlalu lembap justru akan membuat tanaman ini membusuk. 

Siram tanaman ini setiap harinya, kecuali pada musim hujan. Akar tanaman akan segera menyalurkan nutrisi dari air yang anda siram ke bagian yang terluka sehingga pertumbuhan bisa semakin cepat lagi. 

5. Berikan Pupuk 

Merangsang pertumbuhan buah pada pohon mangga tidak cukup hanya dengan menyiramnya saja. Anda juga harus rajin memberikan pupuk karena pupuk mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tanaman ini untuk merangsang pertumbuhannya. 

Konsepnya hampir sama seperti saat anda menyiramnya, akar akan langsung mengirimkan nutrisi dari pupuk ke bagian yang sedang terluka. Saat itu, penumpukan nutrisi di bagian batang akan sangat banyak sehingga buah akan lebih cepat berbuah. 

Anda tetap harus memberikan pupuk sesuai dengan takaran yang sesuai agar tidak berlebihan. Pupuk yang terlalu berlebihan juga bisa tidak baik bagi tanaman. Berikanlah pupuk setiap satu bulan dengan takaran 1 kg. 

Berikan pupuk yang mengandung unsur kalium, phospor, dan nitrogen karena ketiga unsur tersebut merupakan unsur yang penting bagi pohon mangga. Ketiga unsur tersebut dibutuhkan pohon dalam jumlah yang banyak untuk menjaga kesehatan tanaman ini. 


Mengatasi Hama dan Jamur Pada Pohon Mangga 

Mengusir hama dan mengobati jamur dari pohon manggamerupakan bagian yang paling sulit ketika. Ada banyak hama yang bisa menyerang tanaman ini, beberapanya adalah lalat buah, wereng mangga, ulat penggerek, hingga kutu putih. 

Setiap hama akan menyebabkan gejala yang berbeda-beda, tetapi tetap membuat bagian dari pohon mangga mati. Untuk mengusirnya, anda bisa menggunakan insektisida. Semprotkan insektisida di bagian yang dihingapi hama. 

Jamur juga menjadi penyebab berbagai penyakit pada pohon mangga. Jika dibiarkan, penyakit ini bisa membuat tanaman ini mati. Anda bisa menggunakan fungisida untuk membasmi jamur yang melekat di pohon ini. 

Pastikan kalau pohon mangga aman dari hama dan jamur agar bisa berbuah dengan cepat. 
Pohon Mangga
Sumber: Pertanianku.com

Apakah anda sudah melakukan cara di atas untuk mempercepat masa panen pohon mangga?

Belum ada Komentar untuk "Cara Agar Pohon Mangga Berbuah Dengan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel