Artikel Pilihan

Syarat Ketika Anda Ingin Menanam Pohon Mangga Alpukat

Pohon Mangga
Ada banyak jenis pohon mangga yang menghasilkan mangga dengan rasa yang manis. Salah satunya adalah pohon mangga alpukat. Jenis mangga ini merupakan hasil campuran dari mangga madu dan mangga gadung. Dinamakan mangga alpukat karena bentuknya yang mirip seperti buah alpukat. Buah ini berasal dari Jawa Timur, tepatnya wilayah Pasuruan. 

Rasa buahnya yang manis, memiliki aroma yang harum, serta bauh lembut pasti membuat siapa saja ingin menanamnya. Kalau anda ingin menanam pohon mangga ini, ada beberapa syarat yang harus anda ketahui terlebih dahulu agar tanaman ini bisa tumbuh dengan optimal. Jika anda abaikan syarat tersebut, kemungkinan besar pohon ini tidak akan bisa tumbuh dengan baik. 

Syarat Menanam Pohon Mangga Alpukat 

Pohon Mangga
Sumber: Konfrontasi.com

1. Tempat Tumbuh 

Syarat pertama yang harus anda patuhi agar pohon mangga alpukat tumbuh dengan optimal adalah tempat tumbuhnya, yang berupa ketinggian suatu daratan. Tinggi atau rendahnya tempat anda menanam sangat berpengaruh pada tanaman. 

Ada beberapa tanaman yang lebih cocok tumbuh di dataran yang tinggi, ada juga tanaman yang cocoknya tinggal di dataran yang rendah. Pohon mangga alpukat merupakan tanaman yang lebih baik bila ditanam pada dataran rendah. Pohon ini lebih baik hanya ditanam paling tinggi pada ketinggian 500 meter dari permukaan laut. Kalau anda menanamnya lebih dari 500 meter, ada kemungkinan tanaman ini tidak bisa tumbuh dengan optimal hingga menghasilkan buah yang kurang berkualitas. 

2. Iklim Tempat Tinggal 

Setelah mengetahui tempat tumbuh yang paling optimal untuk tanaman ini adalah dataran yang rendah, anda juga harus mengetahui kalau tanaman ini akan lebih baik tumbuh di iklim yang tropis. 

Iklim tropis dapat dilihat melalui suhunya yang tinggi, tekanan udara yang rendah, curah hujan yang lumayan tinggi, serta selalu terkena sinar matahari. Negara yang memiliki iklim tropis adalah Indonesia, Florida, dan Hawaii. Melihat dari iklimnya, pohon yang satu ini sangat cocok ditanam di Indonesia. 

3. Terkena Sinar Matahari 

Pohon yang memiliki daun yang hijau memang harus terkena sinar matahari untuk melanjutkan proses fotosintesis dan pernapasan. Melalui kedua proses itu, tanaman akan mendapatkan berbagai nutrisi yang akhirnya membuatnya tumbuh semakin besar. 

Kebutuhan matahari setiap tanaman berbeda-beda, ada tanaman yang harus terkena sinar matahari sepanjang hari, ada pula tanaman yang hanya perlu sinar matahari dalam waktu yang singkat. 

Pohon mangga alpukat merupakan tanaman yang perlu terkena sinar matahari dalam waktu yang cukup lama. Itulah alasan pohon ini lebih cocok tinggal di iklim yang tropis karena iklim tropis merupakan jalur lewatnya matahari. 

4. Pemilihan Bibit 

Jika anda ingin membeli langsung bibit pohon mangga alpukat, ada beberapa syarat yang harus anda ikuti dalam pemilihan bibit tersebut. Salah satunya adalah tinggi batang bibit yang harus anda pilih. 

Pilihlah batang bibit yang sudah mencapai tinggi 75 cm. Tinggi ini menandakan kalau bibit tersebut cukup sehat. Selain itu, perhatikan bagian akarnya. Bibit mangga yang baik memiliki akar serabut yang banyak dan panjang. Kalau bisa pilihlah serabut akar yang sudah keluar dari media tanamnya. 

Untuk bagian daun, pilihlah daun yang masih terlihat segar dan cerah. Jangan pilih daun yang sudah bolong atau menjadi tempat tinggal bagi para hama. Pastikan juga bagian akar dan batangnya tidak terserang penyakit, hama, atau jamur. 

5. Persiapan Lahan 

Anda harus segera mempersiapkan lahan dan media tanam kalau ingin menanam pohon mangga alpukat. Jika anda memilih tanah sebagai media tanam pohon ini, pilihlah tanah yang baik. Ciri-ciri tanah yang baik bisa anda lihat dari unsur hara yang terkandung di tanah tersebut. 

Jika anda sudah menemukan tanah yang cocok untuk menanam pohon yang satu ini, buatlah lubang dengan diameter sekitar 50 cm. Anda juga dapat menyesuaikan ukuran lubang tersebut dengan ukuran bibit yang anda miliki. 

6. Perawatan 

Syarat terakhir yang harus anda tahu adalah perawatan untuk pohon yang satu ini. Pohon yang satu ini tidak memerlukan perawatan yang terlalu ribet. Anda tidak perlu menyiramnya setiap hari karena tanaman ini lebih cocok tinggal di tanah yang kering. 

Namun, anda tetap harus memberikan pupuk agar tanaman ini bisa menghasilkan buah mangga yang segar, berkualitas, dan lebat. Berikan pupuk setidaknya setiap sebulan sekali agar unsur hara untuk pohon mangga ini tetap terpenuhi. 


Khasiat Buah dari Pohon Mangga Alpukat 

Ada banyak sekali keuntungan bagi anda yang memiliki atau segera menanam pohon mangga alpukat karena buah dari pohon ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Buah mangga alpukat dipercaya bisa mencegah amenia karena mengandung zat besi yang cukup banyak. Selain itu, buah ini juga bisa membantu meningkatkan fungsi otak karena ada vitamin B6. 

Kolesterol dan penyakit asma merupakan dua penyakit berbahaya yang bisa disembuhkan kalau memakan buah mangga alpukat dengan rutin. Vitamin C cocok untuk mengobati penyakit asma, sedangkan kolesterol baik dalam buah ini cocok menurunkan kolesterol jahat pada tubuh anda. 
Pohon Mangga
Sumber: Merdeka.com

Apakah anda sudah memenuhi syarat tersebut? Kalau belum, lebih baik anda segera memenuhinya agar pohon mangga alpukat bisa tumbuh dengan optimal.

Belum ada Komentar untuk "Syarat Ketika Anda Ingin Menanam Pohon Mangga Alpukat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel