Artikel Pilihan

Selain Bijinya, 3 Bagian Pohon Kopi Ini Bernilai Ekonomis

Anda tentu sudah mengetahui manfaat dari biji kopi yang Anda minum setiap pagi atau sore hari. Ya, kopi memang banyak manfaatnya, namun kopi juga memiliki kandungan kafein yang tinggi. Untuk itu disarankan agar tidak setiap hari mengkonsumsi kopi.

Nah, berbicara tentang kopi, awalnya kopi ini berasal dari sebuah pohon kopi yang menghasilkan biji kopi. Selain biji kopi, ternyata pohon kopi juga memiliki bagian lainnya yang bermanfaat, mulai dari daun, batang, dan tentu saja bijinya.

Nah, buat melestarikan dan memperkenal tanaman kopi ini, khususnya di daerah desa, perlu dilakukannya sosialisasi penanaman bibit pohon kopi, sehingga biji kopi yang dihasilkan juga semakin banyak dan bisa di ekspor hingga ke luar negeri.

Menanam bibit pohon kopi selain bisa meningkatkan kesejahteraan petani, penanaman bibit pohon ini juga dapat mengenalkan, mengembangkan, dan melestarikan produk hasil bumi. Indonesia memiliki lahan tanah yang luas yang bisa digunakan sebagai tempat penanaman bibit pohon kopi. Contohnya di Kalimantan, yang bisa dimanfaatkan sebagai lokasi penananaman pohon kopi.

Pohon kopi menghasilkan berbagai jenis yang dapat dimanfaatkan, seperti biji kopinya, daunnya, akarnya, dan lain-lain yang bisa dimanfaatkan banyak orang sebagai bahan makanan atau kerajinan. Lantas apa saja manfaat dari setiap bagian pohon kopi? Yuk kita simak bersama.

1. Kayu Pohon Kopi

ciri ciri pohon kopi

Kayu dari pohon kopi termasuk kayu keras golongan kelas kuat III, ini setara dengan kayu jabon. Meski harus diproses dulu agar lebih awet, pohon kayu ini banyak ditemukan di daerah Jember dan Banyuwangi, Jawa Timur.

Kayu pohon kopi banyak dibuat menjadi kursi dan meja dengan bentuk artistik. Selain itu, kayu kopi ini juga dapat dibuat menjadi tasbih. Nah, setiap bulan ramadhan dan musim Haji, para pengrajin tasbih kayu ini pasti kebanjiran order. Tentunya kayu pohon kopi ini sangat bermanfaat dan bernilai ekonomis bagi masyarakat.

Baca Juga :

2. Daun Pohon Kopi

ciri ciri pohon kopi
Sumber : wikipedia.com
Jika biasanya kita minum dari hasil olahan biji kopi. Bagaimana jika kita mencoba untuk minum dari olahan daun kopi? Nah, pastinya Anda belum pernah ya mencoba minuman dari bahan daun kopi ini. Ternyata selain biji kopi, daun kopi bisa dibuat sebuah minuman seperti the lho. Nama minuman daun kopi ini bernama Kawa Daun.

Aia kawa atau kopi daun atau kawa daun adalah minuman teh yang berasal dari Sumatera Barat dan Kerinci. Minuman ini berasal dari daun kopi yang dikeringkan dengan cara disangrai selama 12 jam. Untuk meminumnya, daun kopi yang sudah kering ini dicampur dengan air dingin terlebih dahulu, untuk kemudian diseduh dengan menggunakan air panas.

Kawa Daun ini bisa Anda jumpai di sejumlah kedai kopi di daerah Batusangkar, Payakumbuh, dan Bukittinggi, Sumatera Barat. Rasanya yang pastinya lezat dan menyegarkan deh. Meski warnanya mirip seperti teh (hitam pekat), tapi rasa kopinya masih bisa Anda dapetin, karena rasa dan aromanya masih ada rasa dan aroma kopi. Memang kopi ini wanginya tidak bisa ditandingi deh ya.

3. Akar Pohon Kopi

ciri ciri pohon kopi
Sumber : wikipedia.com
Bagian dari pohon kopi lainnya ini adalah bagian yang selalu sembunyi di tanah. Akar kopi termasuk dalam akar tunggang. Akar tunggang pada kopi ini tumbuh lagi akar lebar sehingga bentuknya bercabang-cabang.

Oleh karena itulah seringkali akar pohon ini dibuat menjadi barang seni kerajinan (root craft of art). Salah satu pengrajin akar kopi ini ada di Desa Trans Mangkurajo, Bengkulu. Mereka memilah akar kopi yang baik dan artistik untuk dijadikan benda seni bernilai tinggi. Nah, kerajinan dari akar kopi ini bahkan sudah menembus pasar luar negeri lho, keren banget ya.

Bagian-bagian dari pohon kopi tersebut tentu masih banyak yang belum mengetahuinya, dengan informasi yang kami sampaikan semoga dapat menambah wawasan Anda ya. Nah, itu tadi bagian dari pohon kopi yang ternyata punya manfaat sekaligus bernilai ekonomis.

Jadi gak ada salahnya dong sekali-kali Anda mencoba mengunjungi kebun kopi sekaligus mengenal jauh manfaat dari pohon kopi dan menggali kearifan lokal yang ada disana.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Selain Bijinya, 3 Bagian Pohon Kopi Ini Bernilai Ekonomis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel