Artikel Pilihan

Perbandingan Harga Alat-Alat Bonsai yang Bagus dan Jelek

Bonsai

Memiliki alat-alat bonsai merupakan suatu kewajiban bagi orang yang merawat pohon bonsai. Tanpa adanya alat-alat bonsai, tentu saja anda tidak akan bisa merawat pohon bonsai dengan maksimal. Peralatan bonsai memang fungsinya bisa digantikan dengan alat lain. Namun, hasilnya tidak akan sempurna.

Membedakan alat-alat bonsai yang bagus dan jelek juga harus diketahui oleh pemilik tanaman bonsai. Jangan sampai anda memilih alat yang jelek karena bisa cepat rusak. Salah satu cara membedakan peralatan bonsai yang kualitasnya bagus dan jelek adalah dengan melihat harga jualnya. 

Perbandingan Harga Alat-Alat Bonsai 

Pisau Bonsai
Sumber: bungabonsai.id

1. Tang Pemotong Ranting 

Tang merupakan alat bonsai yang penting bagi pemilik bonsai. Alat ini difungsikan untuk memotong ranting pada tanaman bonsai. Alat ini sebenarnya bisa digantikan dengan gunting, pisau, atau tang pada umumnya. Namun, rentan terhadap kerusakan pada bonsai. 

Tang pemotong ranting yang baik adalah yang terbuat dari bahan stainless steel. Bahan ini membuat tang tidak mudah berkarat. Selain itu, tang tidak berat dan nyaman digunakan. Harga tang dengan bahan stainless steel adalah Rp. 450 ribu Rupiah. Sedangkan tang yang murah adalah tang yang terbuat dari besi biasa yang gampang karatan dengan harga 200 ribu Rupiah. 

2. Gunting Bonsai 

Fungsi dari gunting bonsai adalah untuk menggunting bagian daun atau ranting yang kecil. Gunting bonsai kurang pas bila digunakan untuk memotong ranting yang besar karena bisa menyebabkan kerusakan pada tanaman ataupun alat ini. 

Gunting bonsai yang terbuat dari bahan stainless steel merupakan gunting bonsai yang bagus. Selain itu, bagian gunting harus kecil, panjang, dan selalu tajam. Gunting bonsai ini akan terlihat seperti gunting yang sering digunakan oleh dokter untuk membedah pasien. Harganya juga mahal, yaitu sekitar 400 ribu Rupiah. 

Gunting bonsai yang terbuat dari besi biasa akan lebih mudah berkarat hingga tidak bisa lagi digunakan untuk memotong tanaman. Gangguannya juga tidak nyaman digunakan. Harga gunting seperti ini cukup murah, yaitu hanya 50 ribu Rupiah. 

3. Gergaji Bonsai 

Alat-alat bonsai yang berkualitas umumnya memang terbuat dari stainless steel. Gergaji bonsai yang bagus juga seharusnya terbuat dari stainless steel dengan ukuran sekitar 8 inci. 

Gergaji bonsai digunakan untuk memotong batang bonsai yang besar. Fungsi ini tidak akan bisa diganti memakai pisau atau gunting saja. Pegangan pada gergaji juga harus nyaman di tangan. Harga gergaji bonsai yang berkualitas adalah sekitar 120 ribu Rupiah. Gergaji bonsai dengan kualitas yang rendah, memiliki harga sekitar 85 ribu Rupiah dengan bahan yang kaku dan cepat tumpul. 

4. Penggaruk Tanah 

Tanah yang menggumpal akan membuat bonsai susah tumbuh dengan sehat sehingga anda harus rajin meratakan tanahnya dengan penggaruk tanah. Berbeda dengan alat-alat bonsai lainnya yang terbuat dari stainless steel. Penggaruk tanah yang baik terbuat dari bahan besi karbon. 

Kenapa dari besi karbon? Karena bahannya yang ringan dan kuat sehingga anda lebih nyaman menggunakannya. Harga penggaruk tanah dengan bahan besi karbon adalah sekitar 120 ribu Rupiah. 

Penggaruk tanah yang kurang bagus biasanya terbuat dari plastik biasa. Tentu saja ada risiko penggaruk tanah ini pecah. Harganya juga sangat murah, yaitu 25 ribu Rupiah. 

5. Pisau Bonsai 

Pisau bonsai yang berkualitas umumnya juga terbuat dari stainless steel agar tidak mudah berkarat. Ketajamannya juga tahan lama. Ada yang menjual pisau bonsai secara paket dengan pahatan. Namun, ada juga yang menjualnya terpisah. 

Harga pisau bonsai dengan bahan stainless steel berkisar antara 120 ribu sampai 135 ribu Rupiah. Harga pisau bonsai yang sudah satu paket dengan pemahat bonsai adalah 190 ribu Rupiah. Pisau bonsai berbahan besi dijual dengan harga 70 ribu Rupiah. 

6. Meja Putar Bonsai 

Berbeda dengan alat-alat bonsai lainnya, alat yang satu ini hanya berguna untuk meletakkan bonsai. Namun, fungsinya untuk akan memudahkan anda saat merawat bonsai. 

Ada juga beberapa orang yang membuat meja putar bonsai menggunakan cakram motor. Bahan ini akan kuat dan kokoh sehingga bonsai tidak mudah jatuh dan rusak. Harga meja putar bonsai yang terbuat dari cakram motor juga lebih mahal, yaitu 200 ribu Rupiah. 

Meja putar bonsai yang kurang bagus umumnya terbuat dari bahan plastik yang tebal agar tidak mudah pecah bila terkena pot bonsai. Umumnya harga meja putar bonsai dengan bahan terbaik adalah 140 ribu Rupiah. 

Apakah Harus Alat-Alat Bonsai yang Berkualitas? 

Pisau Bonsai
Sumber: jokobodo.com
Kalau anda benar-benar ingin memiliki bonsai dengan bentuk yang sangat indah, tentu anda harus memiliki alat-alat bonsai yang berkualitas. Namun, bila harganya terlalu mahal dan anda belum memiliki uang yang cukup untuk membeli alat tersebut, tidak ada salahnya membeli alat yang murah terlebih dahulu. 

Baik bagus atau tidaknya alat-alat bonsai tersebut, baik atau tidaknya penggunaan alat tersebut tetap tergantung pada tangan anda. Kalau anda tidak mahir menggunakannya, sebagus apapun alat tersebut tetap tidak akan membantu. 

Begitu juga sebaliknya, sejelek apapun kualitas alat-alat bonsai yang anda miliki tetap akan menghasilkan bonsai yang bagus bila anda bisa menggunakannya. 

Apakah anda sudah menentukan akan membeli alat-alat bonsai yang mana? Bila memiliki uang lebih, tidak ada salahnya membeli alat yang berkualitas. Pastikan juga kalau anda tahu cara menggunakannya.

Belum ada Komentar untuk "Perbandingan Harga Alat-Alat Bonsai yang Bagus dan Jelek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel