Artikel Pilihan

Cara Menjual Alat-Alat Bonsai Agar Cepat Laku

Bonsai

Kalau anda melihat peluang dengan target pasar orang yang memiliki tanaman bonsai, anda pasti berpikiran untuk menjual alat-alat bonsai. Mengapa alat-alat bonsai? Karena peralatan bonsai merupakan benda yang paling wajib dimiliki oleh pemilik tanaman bonsai. Peralatan bonsai terdiri dari gunting, tang, pisau, kawat, pemahat bonsai, meja putar, dan tas peralatan khusus peralatan bonsai.

Kenapa harus menggunakan alat-alat bonsai? Sebenarnya peralatan bonsai memiliki jenis yang sama dengan peralatan pada umumnya. Namun, dengan ukuran yang kecil dan dimodifikasi sesuai dengan keperluan untuk merawat bonsai. Itulah kenapa orang-orang sangat membutuhkan peralatan bonsai untuk merawat bonsai mereka. 

Bagaimana Agar Alat-Alat Bonsai Cepat Laku? 

Gunting Bonsai
Sumber: bibitbunga.com
Bila anda kini telah mulai berbisnis alat-alat bonsai dan mendapati bahwa peralatan yang anda jual sangat sulit laku, mungkin ada cara pemasaran yang salah. Anda bisa mengikuti cara berikut ini untuk membuat alat-alat bonsai cepat laku: 

1. Manfaatkan Media Sosial 

Hampir tidak ada orang yang tidak memiliki media sosial pada zaman ini. Anda juga mungkin saja memilikinya. Kenapa tidak menggunakannya untuk mempromosikan alat-alat bonsai yang anda jual daripada anda hanya memainkannya untuk melihat hal yang tidak penting? 

Salah satu kelebihan media sosial sebagai media promosi adalah tidak memerlukan biaya sama sekali alias gratis. Anda bisa segera memajang foto peralatan bonsai yang anda jual. Kalau banyak yang tertarik, barulah anda gunakan promosi berbayar untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada media sosial anda. 

Media sosial juga bisa anda manfaatkan untuk memberikan pengetahuan tentang betapa berkualitas peralatan bonsai yang anda jual kepada para calon pembeli. Kebanyakan pembeli tidak jadi membeli peralatan yang anda jual karena bisa tidak yakin. 

Mereka tidak yakin karena tidak tahu kualitas produk yang anda miliki. Karena itu, anda bisa menujukkan kualitasnya melalui media sosial. 

2. Berikan Pelayanan Memuaskan 

Salah satu kunci kesuksesan ketika menjual alat-alat bonsai adalah memberikan pelayanan yang memuaskan. Bagaimana cara memberi pelayanan yang memuaskan bagi calon pembeli yang ingin membeli peralatan bonsai? 

Pertama, anda harus memberikan perhatian khusus kepada calon pelanggan. Berikan peralatan bonsai yang sesuai dengan kebutuhan calon pembeli. Kalau mereka ingin membeli barang yang berkualitas, berikan peralatan bonsai paling berkualitas yang anda miliki. 

Kedua, Berikan penawaran yang saling menguntungkan. Misalnya, kalau pembeli membeli peralatan bonsai yang anda jual, anda akan memberikan tips merawat bonsai untuk pemula. 

Ketiga, Jangan berhenti menghubungi pembeli setelah transaksi selesai. Anda tetap menjaga komunikasi dengan pembeli meski transaksi telah selesai. Hal ini akan membuat mereka terus mengingat anda. Tetap memberikan tips dan pelayanan menarik merupakan cara untuk menjaga komunikasi dengan pembeli. 

3. Buka Sistem Reseller atau Dropship 

Sistem reseller adalah sebuah sistem dimana anda akan mendapatkan penjual yang akan menjual alat-alat bonsai anda lagi, sedangkan sistem dropship adalah sistem dimana anda akan langsung mengirimkan barang jualan anda kepada pembeli atas nama orang yang menjualnya. 

Kedua sistem ini memungkinkan anda menjual dengan lebih banyak lagi karena pasukan yang anda miliki juga semakin banyak. Namun, sebelum membuka sistem reseller atau dropship, anda harus memastikan kalau bisnis peralatan bonsai anda sudah memiliki brand yang kuat. 

Meski berpeluang untuk menjual harga yang lebih banyak, ada beberapa kekurangan dari kedua sistem ini. Kekurangan pertama adalah keuntungan anda dalam menjual peralatan bonsai jadi berkurang karena anda harus mengurangi harga kepada pihak yang menjadi reseller atau dropship. 

Kedua, anda harus memastikan kalau setiap reseller atau dropship tidak akan menjual di bawah pasar karena dapat membuat persaingan yang tidak sehat. Intinya, anda harus membuat sistem yang benar-benar kuat dan berjalan dengan benar bila ingin menggunakan kedua sistem tersebut. 

4. Buka Toko Online 

Ada banyak sekali keuntungan menjual alat-alat bonsai di toko online. Salah satu keuntungannya adalah anda bisa menjangkau lebih banyak pembeli dibandingkan toko konvensional yang hanya bisa menjangkau di daerah anda membuka toko. 

Ada dua cara untuk membuka toko online, pertama menggunakan website sendiri. Anda butuh mengeluarkan sejumlah uang untuk membuat website sendiri. Namun, akan semakin menguatkan brand bisnis peralatan bonsai milik anda. 

Cara kedua adalah berjualan di marketplace. Sudah banyak toko online yang berjualan di marketplace karena bebas dari biaya dan terbukti lebih aman dengan sistem yang diterapkan oleh masing-masing marketplace. 

Hal yang Harus Dipersiapkan Kalau Ingin Menjual Alat Bonsai 

Gunting Bonsai
Sumber: bonsainesia.id
Kini anda telah tahu cara cepat menjual alat-alat bonsai agar cepat laku. Namun, apakah anda sudah melakukan persiapan untuk menjualnya? Kalau belum, maka ada banyak hal yang harus anda persiapkan. 

Anda harus mempersiapkan modal yang cukup untuk membeli semua alat-alat bonsai yang akan anda jual. Kalau anda membuka toko konvensional, anda juga harus membeli gedung sebagai toko. 

Setelah itu, anda juga harus memperhatikan supplier yang akan memberikan alat-alat bonsai kepada anda. Pastikan peralatan bonsai yang ditawarkan memiliki kualitas yang baik. 

Setelah anda mengetahui berbagai strategi untuk meningkatkan penjualan alat-alat bonsai, anda bisa segera mempraktikannya. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Cara Menjual Alat-Alat Bonsai Agar Cepat Laku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel