Artikel Pilihan

Cara Merawat Pohon Bidara yang Benar Ini Harus Anda Tahu

Pohon Bidara

Penyakit kulit, pencernaan, luka luar, dan infeksi dapat disembuhkan dengan buah dari pohon bidara. Selain itu, pohon bidara juga bisa menyembuhkan penyakit berbahaya, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kanker, dan penyakit jantung. Dalam buah dan daun bidara, terdapat berbagai kandungan gizi yang penting bagi tubuh.

Pohon bidara merupakan tanaman yang mudah dirawat. Anda tidak perlu menyiram tanaman yang satu ini setiap hari karena pohon ini memang hidup di daerah yang kering. Tanaman ini hanya terkena air sangat sedikit, biasanya hanya 300 sampai 500 mm. Meski begitu, anda tetap harus merawat tanaman yang satu ini dengan benar. 

Cara Merawat Bibit Pohon Bidara 


1. Siram Secara Rutin 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau tanaman dengan nama latin Ziziphus mauritiana ini biasa hidup di tempat yang kering sehingga anda tidak perlu menyiram terlalu sering. Namun, anda tetap harus menyiram pohon ini secara rutin. Siramlah setidaknya sehari sekali atau dua hari sekali agar batangnya bisa tumbuh dengan kuat dan tinggi. 

Usahakan anda menciptakan daerah yang kering sehingga tanaman ini bisa cepat beradaptasi. Tanaman yang bisa beradaptasi dengan lingkungannya akan bertumbuh dengan lebih cepat. Pohon bidara dengan lingkungan yang sesuai juga akan menghasilkan buah yang berkualitas. 

2. Berikan Pegangan 

Meski kuat dan tinggi, bila anda melihatnya, batang pohon bidara sangat kecil dan gampang patah. Apalagi untuk tanaman bidara yang baru tumbuh. Karena itu, anda harus memberikannya penyanggah agar batangnya tidak mudah patah. 

Orang yang biasa berkebun menyebut penyanggah untuk tanaman ini sebagai ajir. Anda juga bisa membuat ajir sendiri. Caranya cukup gampang, anda cukup mencari bambu yang kuat dan membelahnya menjadi kecil. Sesuaikan dengan ukuran batang bidara yang anda miliki. 

Kalau sudah memiliki bambu yang kecil, tancapkan bambu tersebut di tanah tempat pohon bidara tumbuh. Ikat batang bidara dengan ajir yang baru saja anda tancapkan. Dengan begini, batang bidara kecil tidak akan mudah patah dan dapat tumbuh dengan kuat. 

3. Berikan Sinar Matahari 

Habitat pohon yang berbunga ini adalah tempat yang selalu terkena sinar matahari saat siang hari. Karena itu, letakkan pohon bidara di tempat yang selalu terkena sinar matahari. 

Sinar matahari bisa memberikan nutrisi alami bagi pohon yang satu ini. Kalau rajin terkena sinar matahari, tanaman ini bisa terus berbuah. Karena itu, anda harus menanamnya di tempat yang terbuka. 

Pastikan kalau tidak ada bangunan yang menghalangi sinar matahari ke tempat anda menanam pohon bidara. 

4. Berikan Pupuk 

Pupuk bukan komponen yang penting bagi pohon bidara. Namun, pemberian pupuk yang rutin dan berkualitas bisa membuat pohon ini menghasilkan buah yang lebih banyak. Selain banyak, buah bidara yang dihasilkan akan lebih bagus dan berkualitas. 

Berikan pupuk yang mengandung unsur hara makro, maksudnya adalah unsur yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah banyak. Unsur hara makro yang dibutuhkan tanaman adalah natrium, fosfor, dan kalium. Unsur-unsur ini bisa membuat pohon bidara tumbuh lebih tinggi lagi. 

Anda juga harus segera menyiram tanaman ini begitu diberikan pupuk agar pupuk lebih cepat larut. Tanaman juga jadi lebih cepat menyerap nutrisi dari pupuk bila pupuk telah larut. 

Pemberian pupuk tidak perlu setiap hari. Anda cukup memberikan pupuk sekali selama sebulan untuk pohon bidara. Pemberian pupuk yang terlalu sering juga malah akan membuat tanaman ini menjadi layu. 

5. Pangkas 

Langkah perawatan terakhir yang perlu anda lakukan adalah memangkas ranting dan daun yang telah kering dan tua. Pemangkasan perlu dilakukan untuk membuat pohon bidara terlihat lebih bagus. 

Cabang yang telah tua dan kurang bagus juga bisa menghambat pertumbuhan buah bidara. Gunakan peralatan, seperti pisau dan gunting untuk memotong bagian yang sudah rusak itu. 

Pastikan kalau anda menggunakan peralatan yang bersih. Pohon bidara juga bisa terkena infeksi kalau dipangkas menggunakan peralatan yang kotor. Infeksi pada tanaman ini bisa menghentikan pertumbuhan buahnya. 

Pastikan juga kalau anda menggunakan gunting dan pisau yang tajam. Peralatan yang tumpul justru akan membuat tanaman ini menjadi luka. Bila sudah terluka, pertumbuhannya bisa melambat. 

Cara Menanam Pohon Bidara yang Benar 

Pohon Bidara
Sumber: jenis.net
Pohon bidara sangat butuh perawatan yang rutin. Namun, anda juga harus tahu cara menanamnya yang benar. Ada beberapa tahapan yang harus anda lakukan agar tanaman ini bisa tumbuh lebih baik lagi. 

Anda harus memastikan kalau anda memiliki bibit bidara yang telah terlepas dari cangkangnya, bawang merah, ember, air, tisu, tanah, dan pot. Pertama, rendam bibit bidara tersebut bersama dengan bawang merah di dalam ember yang berisi air. Biarkan selama semalaman. 

Proses ini berguna untuk membuat pohon bidara tumbuh lebih subur. Bila sudah waktunya, angkat bibit tersebut dan letakkan di atas tisu yang telah basah. Timpa lagi dengan tisu basah. Biarkan posisinya seperti itu selama seminggu. 

Setelah seminggu, akarnya akan tumbuh. Inilah saatnya anda memindahkan bibit tersebut ke tanah. Pastikan kalau akarnya menghadap ke bawah tanah. 
Pohon Bidara
Sumber: haibunda.com
Apakah anda sudah melakukan penanaman dan perawatan yang baik bagi pohon bidara anda? Semoga artikel kali ini memberikan sedikit pengetahuan baru ya untuk anda dalam merawat pohon bidara.

Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Pohon Bidara yang Benar Ini Harus Anda Tahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel