Artikel Pilihan

Dimana Anda Bisa Mendapatkan Pohon Bidara?

Pohon Bidara

Pohon bidara memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari mengobati penyakit kulit hingga penyakit berbahaya. Pohon bidara juga dipercaya bisa mengusir makhluk halus yang mengganggu seseorang. Itulah alasan kenapa tanaman yang satu ini begitu dicari dan hampir setiap daerah tumbuh pohon ini.

Ketinggian pohon bidara bisa mencapai 15 hingga 40 meter sehingga anda membutuhkan lahan yang luas untuk menanam pohon ini. Jika anda sudah memiliki lahan yang cukup untuk pohon dengan nama latin Ziziphus mauritiana ini, anda cukup mencari tanamannya saja. Lalu, dimanakah anda bisa menemukan tanaman ini? 

Dimana Tempat Menemukan Pohon Bidara 


1. Toko Online 

Di zaman yang super canggih dan cepat sekarang ini, sudah banyak toko online yang sukses menjual berbagai macam barang. Salah satunya adalah pohon bidara. Anda bisa mencari tanaman yang satu ini di internet. 

Cukup masukkan kata kunci jenis bidara yang anda inginkan dan mesin pencari akan menemukan tanaman yang anda inginkan. Anda bisa membeli di toko online milik pribadi penjual atau membeli di marketplace. 

Keunggulan membeli di marketplace adalah lebih aman karena marketplace biasanya menggunakan sistem rekening bersama. Ketika pembeli mencoba menipu dan tidak mengirimkan bidara yang anda beli, uang tetap akan kembali. 

2. Toko Tanaman 

Meski toko online kini tengah merajalela. Namun, bukan berarti toko konvensional tidak bisa bersaing. Walaupun pendapatan toko konvensional menurun, tetapi masih ada beberapa toko tanaman yang mampu bersaing. 

Ada banyak sekali toko tanaman yang menjual bibit atau pohon bidara yang telah tumbuh. Keuntungan membeli tanaman bidara di toko tanaman adalah anda bisa langsung melihat dan memegang bentuknya. 

Kelemahannya, anda harus mengeluarkan usaha yang lebih untuk pergi ke toko tersebut dibanding toko online yang langsung melihat gambarnya di layar gawai. 

3. Mencari Di Tempat Panas 

Habitat asli pohon bidara adalah tempat yang panas dan selalu disinari terik matahari sepanjang hari. Pohon yang berbunga ini tumbuh di beberapa negara yang gersang, seperti Mesir, Libya, dan Aljazair. Namun, pohon ini juga ada di beberapa negara di Asia Tenggara juga, termasuk Indonesia. 

Anda bisa mencari bibitnya langsung di beberapa daerah di Indonesia yang terkenal panas. Daerah seperti Sumatera, Jawa, dan Sulawesi sering menjadi tempat tinggal bagi tanaman yang satu ini. 

4. Temukan di Dataran Rendah 

Pohon bidara tinggal di dataran rendah, meski juga tumbuh di dataran yang tinggi. Salah satu jenis bidara, yaitu bidara laut, tumbuh di dekat sumber air. Anda bisa mendapatkan bibitnya di dekat sungai, pantai, atau danau. 

Pohon yang memiliki sedikit duri di bagian daunnya ini bisa tinggal hingga ketinggian 1.000 meter dari permukaan laut. Pohon bidara juga bisa tumbuh di ketinggian lebih dari 1.000. Namun, biasanya tidak memiliki kualitas yang baik. 

Karena itu, lebih baik anda mencari pohon bidara di tempat yang lebih rendah dan dekat dengan sumber mata air. 

5. Curah Hujan yang Sedikit 

Kalau anda tinggal di daerah dengan curah hujan yang sedikit setiap tahunnya, anda lebih mudah menemukan pohon bidara. Tanaman yang satu ini hanya dapat tinggal di daerah panas, tetapi beberapa juga tinggal di daerah dengan sedikit curah hujan. 

Meski senang dengan daerah yang kering, tanaman ini tetap membutuhkan air untuk pertumbuhan rantingnya menjadi lebih kuat dan panjang. Karena itulah, anda tetap harus rajin menyiram tanaman ini, meski tetap bisa tumbuh tanpa disiram. 

Ciri-Ciri Pohon Bidara yang Harus Anda Tahu 

Pohon Bidara
Sumber: agrobibittanaman.com
Percuma saja anda pergi mencari tanaman ini bila tidak mengetahui ciri-ciri pohon tersebut. Bila membeli di toko online atau toko tanaman, masih anda penjual yang akan mengarahkan anda.

Namun, tidak ada yang menunjukkan bibit pohon bidara yang bagus kepada anda bila anda pergi mencarinya sendiri di daerah habitat pohon ini. 

Karena itulah, anda harus mengetahui ciri-ciri dari tanaman ini terlebih dahulu sebelum pergi mencarinya. Setidaknya ada lima jenis pohon bidara yang harus anda ketahui. Kelima pohon tersebut memiliki ciri-ciri yang hampir mirip. 

Anda bisa melihat perbedaan setiap pohon bidara berdasarkan daun, buah, dan bunganya. Kelima jenisnya adalah bidara upas, bidara arab, bidara cina, bidara laut, dan bidara apel india. Daun bidara upas memiliki bentuk yang lonjong dan agak melebar. 

Pohon bidara arab memiliki bentuk yang lonjong dan memanjang. Daun bidara arab merupakan jenis yang sering digunakan untuk mengusir makhluk halus. Daun bidara cina berbentuk oval dan agak lebar, serta bergerigi pada setiap sisinya. 

Pohon bidara laut memiliki bentuk daun yang hampir sama dengan daun bidara cina. Namun, lebih lebar dan agak menekuk ke bagian dalam. Daun bidara apel india sama seperti daun bidara pada umumnya, yaitu lonjong dan panjang. 
Pohon Bidara

Semua jenis pohon bidara tersebut memiliki buah yang berbentuk bulat dan mirip seperti buah apel. Warnanya mulai dari hijau hingga kemerahan bila sudah matang. Setelah mengetahui tempat mendapatkan pohon bidara, apakah anda sudah memutuskan akan membeli atau mencarinya ditempat tanaman ini tumbuh?

Belum ada Komentar untuk "Dimana Anda Bisa Mendapatkan Pohon Bidara?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel