Artikel Pilihan

Cara Mengusir Kupu-Kupu Putih yang Mengganggu Pohon Bidara

Pohon Bidara

Pohon bidara sering kali diserang oleh hama yang memakan daun, buah, hingga batangnya. Berbagai hama yang sering memakan bagian dari pohon bidara itu adalah ulat tanah, semut hitam, dan kupu-kupu putih. Rengit atau kupu-kupu putih adalah salah satu hama yang paling merugikan.

Selain memakan banyak bagian dari pohon bidara, hewan yang satu ini juga suka membuat sarang pada tanaman ini. Kerugian lainnya, kupu-kupu putih atau rengit bisa membuat kulit anda gatal-gatal. Tentu saja anda jadi tidak bisa mendekati tanaman anda. Namun, anda masih bisa mengusirnya dengan beberapa bahan yang gampang didapatkan. 

Cara Mengusir Kupu-Kupu Putih Dari Pohon Bidara 

Kupu-Kupu Putih
Sumber: lintaslima.com

1. Pakai Daun Mint 

Banyak serangga yang tidak menyukai daun mint, salah satunya adalah hewan yang masuk Ordo Lepidoptera ini. Begitu ada daun mint di sekitarnya, kupu-kupu putih akan langsung kabur. 

Tumbuh beberapa daun mint hingga menjadi sangat halus. Setelah itu, campurkan air sesuai dengan banyaknya daun mint yang anda gunakan. Semprotkan ke bagian pohon bidara yang menjadi tempat tinggal kupu-kupu putih. 

Anda juga bisa langsung meletakkan daun mint di dekat hewan ini. Namun, karena hinggap di batang yang tinggi dan miring, sulit untuk meletakkannya. Belum lagi kalau anda terkena hewan ini dan jadi gatal. 

2. Gunakan Kapur Barus 

Kapur barus sering dipakai dalam rumah, terutama untuk lemari pakaian dan toilet agar tidak ada serangga. Karena memang dibuat untuk mengusir serangga, anda juga bisa menggunakannya untuk mengusir kupu-kupu putih dari pohon bidara. 

Kupu-kupu putih tidak menyukai kapur barus karena aromanya yang sangat kuat. Sebenarnya kapur barus merupakan zat padat yang hampir sama seperti lilin. Karena aromanya terlalu kuat, bahkan beberapa orang tidak kuat jika harus menghirup aromanya. 

Cukup letakkan beberapa kapur barus di bawah pohon bidara. Anda juga bisa meletakkannya di dalam kantong dalam gantungkan di tempat kupu-kupu putih sering nongkrong. 

3. Memakai Cengkeh 

Serangga memang tidak suka dengan segala benda yang memiliki bau menyengat. Salah satunya adalah cengkeh, yang sebenarnya sangat enak dijadikan bahan masakan. Tanaman yang berupa bunga kering ini bisa membuat kupu-kupu putih pergi. 

Cukup tumbuk beberapa cengkeh hingga menjadi halus. Larutkan di air yang mendidih. Agar lebih ampuh, anda bisa menambahkan sabun cuci. Lalu semprotkan ke kupu-kupu putih dan beberapa bagian pohon bidara lainnya agar hewan tersebut tidak kembali lagi. 

4. Pakai Saja Bunga Lavender 

Kalau anda sering memperhatikan banyak produk pengusir serangga, banyak yang menawarkan aroma lavender karena memang aroma yang satu ini sangat efektif untuk mengusir berbagai jenis serangga. 

Anda juga mengusir kupu-kupu putih yang mengganggu tanaman anda dengan bunga lavender. Cukup tanam beberapa bunga lavender di sekitar pohon bidara. Anda juga bisa merebus beberapa bunga bidara dan semprotkan air hasil rebusan tersebut ke pohon bidara. 

5. Pakai Daun Kayu Putih 

Tanaman kayu putih, khususnya daun dan batangnya terkenal sering digunakan menjadi bahan pembuatan minyak, dinamakan sebagai minyak kayu putih. Minyak dari bahan kayu putih ini selalu ampuh mengusir berbagai jenis serangga. 

Alasan serangga tidak menyukai aroma dari minyak kayu putih tentu saja karena aromanya yang tajam. Selain itu, rasanya juga lumayan panas di kulit. Anda bisa menggunakan minyak kayu putih untuk mengusir kupu-kupu putih di pohon bidara. 

Cukup semprotkan beberapa minyak kayu putih ke berbagai sisi tanaman, kupu-kupu putih akan langsung segera pergi. Bau dari minyak kayu putih ini bisa bertahan dalam waktu yang lama sehingga kupu-kupu putih tidak akan kembali lagi dalam waktu dekat. 

 Selain mengusir kupu-kupu putih, minyak kayu putih juga ampun mengusir hama lainnya. Hama lain yang bisa diusir dengan minyak kayu putih adalah ulat tanah dan semut hitam. 

6. Jeruk Nipis 

Air dari jeruk nipis, jeruk biasa, serta lemon mengandung asam nitrat yang begitu tinggi. Hampir semua serangga tidak menyukai asam nitrat karena bisa membuat mereka mati, begitu juga dengan kupu-kupu putih. 

Peras beberapa jeruk nipis atau lemon dan campurkan dengan bawang putih, cabai, dan garam. Sebelum dicampurkan, cincang dulu bawang putih dan cabai hingga menjadi halus. 

Setelah selesai dicampurkan, segera semprotkan cairan ini ke berbagai sisi pohon bidara-untuk segera mengusir kupu-kupu putih. Selain mengusir kupu-kupu putih, cairan ini juga ampuh mengusir semut hitam. 

Kenapa Kupu-Kupu Putih Tertarik Dengan Pohon Bidara? 

Kupu-Kupu Putih
Sumber: pixabay.com
Kupu-kupu putih biasanya sering terdapat di dalam rumah yang tidak terawat dan lembap. Ternyata selain rumah yang lembap, hewan ini juga sering hinggap pada tanaman, terutama pohon bidara. Kenapa kupu-kupu putih sering sekali menjadi hama tanaman? 



Jawabannya adalah karena pohon bidara memiliki aroma buah yang sangat menarik bagi kupu-kupu putih. Buah bidara yang telah matang hingga mau busuk memiliki aroma yang sangat kuat dan manis. Itulah yang menyebabkan kupu-kupu putih hingga di pohon bidara hingga membuat sarang di sana.

Itulah cara untuk mengusir kupu-kupu putih yang hinggap di pohon bidara. Apakah anda sudah memiliki bahan-bahan tersebut? Kalau belum, anda harus segera membeli dan membuatnya untuk melindungi pohon bidara anda.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengusir Kupu-Kupu Putih yang Mengganggu Pohon Bidara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel