Artikel Pilihan

Bidara Diserang Hama Semut Hitam? Buat Jebakan Mudah Ini Saja

Pohon Bidara
Salah satu tanaman yang paling banyak dijumpai di pekarangan rumah adalah pohon bidara. Tanaman yang memiliki nama latin Ziziphus mauritiana ini memang banyak ditanam. Alasan pohon bidara banyak ditanam adalah karena perawatannya yang mudah dan manfaat yang bisa diberikan oleh tanaman yang satu ini.

Anda memerlukan tanah yang subur dan memiliki unsur hara yang banyak kalau ingin menanam pohon bidara. Meski tidak perlu disiram secara rutin, tanaman yang satu ini tetap tidak akan bisa bertahan bila ada hama yang memakan tanamannya. Salah satu hama yang paling sering mengganggu adalah semut hitam. 

Buat Jebakan Untuk Semut Hitam yang Rusak Pohon Bidara 

Kalau banyak semut hitam yang memakan daun atau buah bidara milik anda, buat saja jebakan untuk menangkap semut-semut tersebut. Ada beberapa jebakan yang bisa anda buat dengan cara yang mudah. Berikut ini adalah caranya: 

1. Siapkan Tempatnya 

Pertama, anda harus menyiapkan tempat untuk menjebak semut terlebih dahulu. Siapkan botol plastik dengan ukuran yang besar. Potong botol tersebut hingga membuka beberapa bagiannya. 

Pastikan kalau botol tersebut memiliki diameter sebesar 20 cm. Ukuran itu lebih cocok dengan batang pohon bidara yang agak kecil. Kalau anda tidak memiliki botol plastik, anda bisa menggunakan gayung atau botol kaca. Tentunya anda harus memperhatikan diameter botol tersebut agar tidak terlalu besar ataupun kecil. 

2. Buat Lingkaran Kecil 

Setelah anda menyiapkan tempat jebakannya serta memastikan kalau diameter jebakan tersebut sesuai dengan batang pohon bidara. Maka, anda bisa lanjut ke tahap selanjutnya, yaitu membuat lingkaran kecil. 

Lingkaran kecil ini berfungsi untuk memasukkan batang ke tengah botol yang telah anda lubangi sebelumnya. Masukkan botol ke batang yang menjadi jalannya semut. Anda bisa meletakkannya saat semut sedang berkeliaran atau sedang tidak ada. 

Setelah itu, pastikan kalau botol tersebut sudah menggantung dengan kuat agar tidak mudah jatuh. 

3. Siapkan Kertas 

Setelah menyiapkan botol dan dipasangkan ke bagian batang yang sering dilalui semut hitam, anda harus menyiapkan kertas. Fungsi dari kertas ini adalah untuk membuat semut jatuh ke dalam jebakan. 

Letakkan kertas di dalam botol yang sudah menempel di salah satu batang pohon bidara ini. Anda bisa menggunakan kertas HVS biasa atau kertas bekas. Sesuaikan ukurannya dengan botol yang anda gunakan agar bisa masuk. 

Jangan sampai kertas menutupi seluruh bagian botol. Cukup letakkan kertas di bagian bawah botol saja sehingga anda masih bisa melakukan langkah selanjutnya untuk menjebak semut hitam. 

4. Oleskan Kertas Dengan Vaseline 

Vaseline merupakan salah satu brand produk kecantikan yang biasanya digunakan untuk memuluskan kulit. Produk ini banyak dipakai oleh para cewek dan ternyata bisa digunakan untuk menjebak semut hitam. 

Caranya adalah dengan mengoleskan vaseline dengan takaran yang cukup banyak ke kertas yang telah anda siapkan dan masukkan ke dalam botol sebelumnya. Oleskan cukup banyak agar semakin banyak semut hitam yang terjebak. 

Semut sangat menyukai aroma dari produk kecantikan yang satu ini, terutama aroma yang mengandung bau bunga atau buah-buahan. Kenapa semut hitam menyukai vaseline? Tentu saja karena aromanya yang begitu menggoda untuk semut. 

5. Pastikan Posisinya 

Jebakan untuk semut hitam yang sering mengganggu pohon bidara telah selesai anda buat. Kini, anda hanya harus memastikan posisinya agar semut hitam tidak bisa keluar dari jebakan itu lagi. 

Letakkan jebakan tersebut di salah satu batang pohon bidara tepat di bagian bawahnya. Posisi kertas yang telah diolesi vaseline harus berada di bagian bawah, sedangkan kertasnya menghadap ke atas. 

Posisi seperti ini akan membuat semut hitam sulit keluar dari jebakan tersebut. Periksa jebakan tersebut selama satu hari setelah anda memasangnya. Kalau sudah banyak semut hitam yang terjebak di jebakan tersebut, segera ambil jebakan itu. 

Anda bisa membuat jebakan yang baru kalau ternyata masih banyak semut hitam yang memanjat pohon bidara milik anda. Lakukan tahap ini terus sampai semut hitam tidak ada lagi. 

Gunakan Bahan Lain untuk Melindungi Pohon Bidara 

Semut Hitam
Sumber: fumida.co.id
Jebakan tersebut bukan satu-satunya cara untuk melindungi pohon bidara dari hama semut hitam. Anda bisa menggunakan beberapa bahan yang mudah ditemukan lainnya untuk membuat pestisida pengusir semut hitam. 

Salah satu bahan yang bisa anda gunakan adalah lemon. Perasan air dari lemon mengandung asam nitrat yang sangat tinggi. Semut hitam sangat tidak menyukai asam nitrat karena bisa membuat mereka terbunuh. 

Cara membuatnya juga cukup gampang, peras beberapa lemon hingga tidak ada lagi serat yang tersisa. Anda juga bisa mencampurkannya dengan garam, cabai, atau bawang putih. Kalau anda ingin mencampurkan dengan bawang putih dan cabai, tumbuh kedua bahan tersebut terlebih dahulu hingga menjadi halus. 

Setelah mencampur semua bahannya, cairan ini siap digunakan untuk mengusir hama semut hitam pada pohon bidara. Anda juga dapat mengganti lemon terus dengan jeruk biasa atau jeruk nipis. 
Semut Hitam
Sumber: wajibbaca.com
Apakah anda sudah berhasil mengusir hama semut hitam yang mengganggu pohon bidara? Kalau belum, mungkin anda harus membuat jebakan dan pestisida yang lebih banyak lagi. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Belum ada Komentar untuk "Bidara Diserang Hama Semut Hitam? Buat Jebakan Mudah Ini Saja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel