Artikel Pilihan

Hewan yang Bisa Menguntungkan Pohon Bidara

Pohon Bidara
Pohon bidara merupakan salah satu tanaman yang bisa tumbuh subur dalam cuaca yang panas. Habitat asli dari pohon bidara memang di daerah dengan curah hujan yang sedikit dan matahari yang sangat terik. Selain itu, pohon bidara juga mampu tumbuh di ketinggian hingga 1.000 meter dari permukaan laut.

Pohon bidara sama seperti tanaman lain, bisa diserang oleh hama. Ulat tanah, semut hitam, dan kupu-kupu putih menjadi hama yang paling sering mengganggu tanaman ini. Selain hama, ada juga hewan yang bisa memberikan pengaruh positif untuk tanaman dengan nama latin Ziziphus mauritiana ini. Hewan apa sajakah itu? 

Hewan yang Baik Untuk Pohon Bidara 

Kupu-Kupu
Sumber: dream.co.id

1. Kupu-Kupu 

Hewan pertama yang sangat bermanfaat untuk pohon bidara adalah kupu-kupu. Hewan yang memiliki tampilan yang cantik ini memang memiliki hubungan yang saling menguntungkan dengan banyak tanaman, begitu juga dengan tanaman ini. 

Kupu-kupu bisa hingga di pohon ini karena pohon ini juga berbunga. Kupu-kupu bisa membuat bunga bidara tumbuh lebih subur dengan menyebarkan serbuk. Hewan yang satu ini memiliki peran yang sangat penting dalam ekosistem hewan dan tumbuhan. 

2. Kepik 

Kepik adalah serangga yang bentuk sayapnya bulat berwarna merah dengan bintik berwarna hitam. Hewan yang lucu ini juga ternyata sangat bermanfaat untuk tumbuhan, termasuk pohon bidara. 

Manfaat kepik untuk tanaman tidak main-main karena hewan yang satu ini akan melahirkan larva yang memakan hama-hama yang merugikan tanaman. Namun, kepik jarang menyukai bidara. Hewan yang satu ini lebih menyukai bunga matahari dan bunga aster. 

3. Tawon 

Salah satu alasan mengapa tawon sangat berguna bagi pohon bidara adalah hewan yang satu ini akan memangsa hewan lainnya yang merugikan bagi semua tanaman. Beberapa penelitian juga menyebutkan kalau tawon memegang peran sebagai pengendali hama pada tumbuhan. 

Selain itu, peran tawon juga sama seperti kupu-kupu, yaitu membantu proses penyerbukan bunga bidara sehingga bisa tumbuh lebih subur lagi. Namun, anda juga harus berhati-hati kalau ada tawon di sekitar tumbuhan bidara anda karena tawon bisa menyengat anda begitu merasa terancam. Racun dari sengatan tawon bisa terasa sangat sakit. 

4. Belalang Sembah 

Peran belalang sembah sama seperti tawon, yaitu memakan serangga hama yang lain. Belalang sembah memang merupakan serangga predator yang cukup tangguh untuk ukuran serangga kecil. 

Hewan yang memiliki ritual perkawinan yang sadis ini akan memakan hama sampai larvanya. Jadi, tidak akan ada lagi hama yang tersisa. Anda harus bersyukur kalau ada belalang sembah di sekitar pohon bidara anda karena hewan ini akan memakan habis ulat tanah, semut hitam, kumbang, jangkrik, sampai kupu-kupu putih. 

5. Kumbang Tanah 

Satu lagi predator serangga yang sangat bermanfaat untuk pohon bidara. Kumbang tanah akan memangsa berbagai serangga lainnya di sekitar tanaman, termasuk hama yang sering merugikan tanaman. 

Hewan yang kuat dan berwarna hitam ini mudah tertarik dengan kayu dan dedaunan sehingga mudah terpancing datang ke pohon bidara. Kumbang tanah akan lebih mudah datang kalau anda menanam sayuran. 

6. Lebang Bunga 

Hewan yang mirip-mirip dengan tawon ini memiliki manfaat yang sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan pohon bidara. Peran lebah bunga sama seperti kupu-kupu, yaitu menyebarkan serbuk biota. 

Serbuk dari lebah bunga bisa membantu pertumbuhan sari bunga agar lebih lebat lagi. Lebah bunga sangat tertarik dengan bunga yang berwarna cerah, seperti bunga lavender, bunga matahari, dan bunga mawar. 

Bunga bidara yang berwarna kekuningan juga akan mudah mendapatkan perhatian dari lebah bunga. Kalau ada lebah bunga yang mampir ke tanaman bidara anda, sebaiknya anda berhati-hati daripada disengat oleh hewan ini. 

7. Capung 

Makanan utama dari capung adalah serangga kecil yang merupakan hama bagi tanaman. Capung sangat suka memangsa semut hitam dan kupu-kupu putih. Semua hama yang merugikan tanaman akan dimakan habis oleh capung. 

Selain berguna untuk mengusir hama tanaman, hewan ini juga bisa membuat lingkungan sekitar anda jadi nyaman. Capung juga akan memakan nyamuk dan lalat. 

8. Laba-Laba 

Anda pasti sudah mengetahui kalau sebagian besar laba-laba adalah predator dan karnivora. Laba-laba yang hidup di pohon bidara akan membuat sarang untuk menjebak hewan-hewan hama. 

Kupu-kupu putih dan semut hitam sering terjebak di sarang laba-laba. Tanpa adanya laba-laba, hama akan semakin banyak. Anda tidak perlu takut dengan laba-laba jenis ini karena tidak mengandung racun dan akan langsung kabur begitu anda mendekat. 

Cara Mengusir Hama yang Merugikan Pohon Bidara 

Kalau hewan yang menguntungkan tersebut tidak datang ke pohon bidara milik anda, jangan menyerah dulu karena anda bisa mengusir hama merugikan dengan beberapa bahan. Anda bisa membuat pestisida dari bawang putih dan cabai untuk mengusir ulat tanah. 

Anda juga bisa membuat jebakan yang terbuat dari botol dan kertas yang telah dioleskan vaseline untuk menarik perhatian semut hitam. Buatlah pestisida dari perasan air lemon untuk mengusir kupu-kupu putih yang mengganggu. 
Tawon
Sumber: rumah123.com
Apakah anda ada melihat tanda-tanda hewan menguntungkan tersebut di sekitar pohon bidara milik anda? Semoga informasi kali ini bermanfaat ya untuk anda.

Belum ada Komentar untuk "Hewan yang Bisa Menguntungkan Pohon Bidara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel