Artikel Pilihan

Bahan-Bahan yang Bisa Digunakan untuk Mengusir Semut Hitam Pengganggu Pohon Bidara

Pohon Bidara

Pohon bidara merupakan pohon yang berbuah dan berbunga. Pohon dengan nama latin Ziziphus mauritiana ini dapat tumbuh di daerah yang panas dan dataran rendah. Ciri-ciri tanaman ini adalah mampu tumbuh hingga 40 meter, memiliki buah yang mirip buah apel dengan warna hijau hingga kemerahan, daunnya yang berbentuk oval dan lonjong.

Kalau anda ingin menanam, cobalah tanam pohon bidara karena tanaman ini sangat mudah ditanam. Anda tidak perlu menyiraminya setiap hari karena tanaman yang satu ini memang tidak membutuhkan banyak air. Namun, ada banyak hama yang mengganggu tanaman ini, salah satunya adalah semut hitam. 

Cara Mengusir Semut Hitam di Pohon Bidara 

Pohon Bidara
Sumber: indozone.id

1. Pakai Cuka dan Lada 

Anda bisa menggunakan cuka dan lada sebagai pestisida mengusir semut hitam karena hama yang satu ini tidak menyukai kedua bahan yang mudah di temukan di dapur tersebut. 

Taburkan lada di sekitar pohon bidara terlebih dahulu baru semprotkan cuka. Tidak lama semut hitam akan pergi. Anda juga bisa mencampurkan kedua bahan tersebut ke dalam air baru disemprotkan ke sekitar tanaman. 

2. Tepung Jagung atau Maizena 

Tepung jagung atau yang lebih dikenal sebagai maizena tidak akan mengusir semut, tetapi membuat semut mati. Cara penggunaannya cukup gampang, taburkan saja tepung jagung di sekitar pohon bidara. 

Semut akan memakan tepung jagung yang anda sebarkan. Namun, tidak lama kemudian semut akan mati karena tepung jagung akan mengembang ketika sudah berada di dalam perut semut. Hal ini menyebabkan semut tidak bisa mencerna tepung jagung dan kemudian mati. 

3. Cengkeh 

Bahan alami selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mengusir semut adalah cengkeh. Bahan yang berasal dari kuncup bunga yang telah kering dan sering digunakan sebagai bahan masakan ini memiliki aroma yang sangat kuat. 

Aroma tersebut tidak akan disukai oleh semut hitam. Sebarkan beberapa cengkeh di sekitar pohon bidara untuk mengusir semut hitam. Masak cengkeh dengan air mendidih dan menyemprotkan air tersebut juga efektif mengusir semut hitam yang membandel. 

4. Kopi 

Apakah anda suka minum kopi? Kalau iya, anda bisa menggunakan bubuk kopi untuk mengusir hama semut hitam yang mengganggu pertumbuhan dari pohon bidara. Kopi tidak hanya bagus untuk membuat ruangan semakin wangi. Namun, juga untuk mengusir beberapa hewan yang mengganggu. 

Cara pemakaiannya juga sangat mudah, cukup taburkan bubuk kopi di sekitar tanaman atau tempat tinggal semut hitam. Maka, semut hitam akan menjauh. Karena aromanya yang tidak bisa bertahan lama, mungkin anda harus menaburkannya secara rutin agar semut hitam tidak kembali lagi. 

5. Daun Sirih 

Daun sirih memiliki manfaat yang hampir sama dengan daun bidara, yaitu mencegah infeksi, mengatasi masalah pencernaan, mengatasi masalah kulit, mengatasi demam, hingga mengatasi penyakit jantung. 

Kalau anda memakan atau meminum air hasil rebusan daun sirih sebagai obat, bagaimana rasanya? Baunya sangat menyengat. Bau inilah yang tidak disukai oleh semut. Anda bisa merebus beberapa helai daun sirih dan menyebarkan air rebusan tersebut di sekitar pohon bidara. 

Bila tidak ingin terlalu ribet, anda bisa meremas beberapa helai daun sirih dan langsung meletakkannya di tempat semut hitam sering lewat. Tidak beberapa lama, semut hitam akan langsung hilang. 

6. Lemon 

Bukankah buah-buahan disukai oleh semut dan justru akan mengundang semut hitam lebih banyak lagi? Benar buah-buahan bisa menarik perhatian semut. Namun, tidak dengan buah lemon. 

Lemon dan jeruk memiliki aroma yang menyengat dan sangat tidak disukai beberapa hewan, termasuk semut hitam. Peras beberapa lemon hingga mendapatkan airnya dalam jumlah yang cukup. 

Campurkan perasan air lemon tersebut dengan air biasa dengan takaran 2 banding 1. Setelah itu, masukkan ke dalam semprotan dan semprot di sekitar pohon bidara dan tempat biasanya semut hitam lewat. 

7. Sabun Cuci 

Sabun cuci memiliki bahan kimia dan aroma yang tidak terlalu disukai oleh semut. Anda bisa melarutkan cairan sabun cuci ke dalam 1 liter air dan semprotkan ke pohon bidara. Semut hitam akan langsung pergi begitu anda semprotkan cairan ini. 

Anda juga bisa mencampurkan cairan sabun cuci ke bahan-bahan untuk mengusir semut hitam yang lainnya. Menambahkan sedikit sabun cuci akan membuat pengusiran semut hitam semakin efektif. 

8. Kulit Telur 

Bahan terakhir yang dapat digunakan untuk mengusir semut hitam dari pohon bidara adalah kulit telur. Namun, proses pembuatannya hingga bisa mengusir semut lumayan sulit. 

Anda perlu menjemur kulit telur hingga warnanya menjadi kehitaman. Setelah itu, tumbuk hingga halus. Sebarkan ke sekitar pohon bidara atau tempat semut hitam biasanya lewat. 


Kerusakan Pohon Bidara yang Disebabkan Semut Hitam 

Pohon Bidara
Sumber: anadhif.com
Semut hitam dapat menyebabkan kerusakan yang fatal untuk pohon bidara. Semut hitam akan memakan daun bidara dan mengambil buah bidara. 

Bukan itu saja, semut hitam juga akan merusak bunga yang terletak di antara ranting dan daun bidara. 

Apakah anda sudah memiliki bahan-bahan untuk mengusir hama semut hitam tersebut dari pohon bidara? Kalau belum, sebaiknya anda segera membeli salah satu bahan tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Bahan-Bahan yang Bisa Digunakan untuk Mengusir Semut Hitam Pengganggu Pohon Bidara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel