Artikel Pilihan

Berbagai Hama yang Merugikan Pohon Bidara dan Cara Mengusirnya

Pohon Bidara

Pohon bidara atau tanaman yang memiliki nama latin Ziziphus mauritiana ini memiliki banyak sekali manfaat. Daun dan buah dari pohon bidara memiliki kandungan yang sangat bergizi untuk menyembuhkan penyakit jantung, masalah pencernaan, masalah kecantikan, hingga kesulitan tidur dan depresi. Selain itu, tanaman ini juga bisa mengusir jin dan setan.

Seperti tanaman lainnya, pohon bidara juga sering menjadi sasaran empuk dari para hama. Banyak sekali hama yang mengincar daun dan buah dari tanaman ini sebagai makanan. Selain bauh dan daunnya, hama juga kerap memakan batangnya. Namun, anda tidak perlu bingung karena setiap hama memiliki cara pengusiran tersendiri. 

Cara Mengusir Hama yang Merugikan Pohon Bidara 

Hama
Sumber: idntimes.com

1. Tungau Laba-Laba 

Hama pertama yang sering merugikan pohon bidara adalah tungau laba-laba. Hama yang satu ini juga cukup berbahaya bagi tanaman karena bisa menghisap unsur hara yang penting bagi pertumbuhan tanaman. Selain itu, tungau laba-laba juga sering menyerap carian pada daun sehingga membuat daun tampak kering. 

Tungau laba-laba kebal terhadap insektisida sehingga anda butuh pembasmi hama yang lebih kuat dari insektisida. Anda dapat menggunakan akarisida, sebuah cairan dengan senyawa kimia yang sangat beracun dan sangat ampuh untuk membunuh tungau laba-laba. 

2. Ulat 

Ulat juga merupakan salah satu hama yang paling sering merugikan tanaman, termasuk pohon bidara. Ada banyak sekali jenis hama yang menyerang tanaman. Kebanyakan hama akan memakan daun. Namun, ada beberapa hama yang memakan batang tanaman hingga membuat patah, seperti ulat tanah. 

Untuk mengusir hama yang satu ini, anda bisa menggunakan dua cara, yaitu mengambil hamanya secara manual dan membuangnya atau menggunakan pestisida. Cara yang kedua dinilai lebih efektif. 

Anda juga bisa membuat pestisida yang secara alami, cukup gunakan bawang putih dan bubuk cabai yang telah direbus dengan air. Tambahkan sedikit sabun cuci ke dalam air tersebut dan semprotkan ke sekitar pohon bidara. 

3. Belalang 

Hama selanjutnya yang sering memakan daun pohon bidara adalah belalang. Hewan yang satu ini sering merusak daun bidara dan menjadikan batangnya menjadi tempat tinggal. 

Untuk mengusir belalang, anda bisa menggunakan pestisida yang khusus digunakan untuk mengusir hewan ini. Kalau ingin menggunakan bahan yang alami, anda bisa membuat racikannya sendiri. Sudah banyak resep racikan pestisida pengusir belalang yang sangat ampuh. 

4. Kutu 

Kutu ada banyak sekali jenisnya, seperti kutu kasur, kutu rambut, kutu hewan, dan kutu tanaman. Seperti namanya, kutu yang terakhir adalah kutu yang paling sering mengganggu tanaman. 

Dua jenis kutu tanaman adalah kutu perisai dan kutu putih. Kutu yang paling sering memakan bagian dari pohon bidara adalah kutu putih. Kutu yang berwarna putih ini akan bergerombol saat menggerogoti daun dan batang bidara. 

Hama yang satu ini merupakan hama yang paling sulit diberantas karena memiliki sistem kekebalan yang sangat kuat. Kutu putih, yang sering memakan bagian dari pohon bidara, memiliki lapisan lilin pada tubuhnya yang melindungi diri dari senyawa kimia yang beracun. 

5. Tungau 

Tungau juga merupakan salah satu jenis kutu yang kerap mengganggu di rumah. Tungau bisa terdapat di dalam kasur dan membuat anda gatal-gatal. Hama ini juga bisa berada di lemari pakaian dan tinggal di pakaian anda. Selain itu, tungau juga menyerang pohon bidara yang anda tanam. 

Daun bidara yang diserang oleh tungau akan meninggalkan bercak hitam. Tungau merupakan salah satu hama yang paling sulit dilihat karena ukurannya yang sangat kecil. Selain bercak hitam, ciri-ciri daun yang dimakan tungau adalah mudah gugur dan warnanya jadi pucat. 

Anda bisa mengatasi serangan tungau dengan langsung memotong daun yang memiliki tanda-tanda diserang. Tungau tidak akan berhenti menyerang tanaman anda, meski telah dipotong daunnya. Anda harus membakar daun yang telah dipotong tersebut. 

Cara ini akan memastikan kalau tungau akan mati. Setelah itu, semprotkan insektisida di sekitar pohon bidara agar memastikan tidak ada tungau yang kembali ke pohon milik anda. 

6. Tikus 

Tikus bisa memanjat pohon yang tinggi untuk mengambil buahnya. Salah satu tanaman yang sering menjadi korban adalah pohon bidara. Kalau kamu sering mendapati ada buah bidara yang sering jatuh, maka itu bisa menjadi tanda kalau pohon milik anda telah diserang oleh tikus. 

Untuk mengusir tikus, anda bisa menggunakan jebakan tikus atau lem tikus. Hebatnya, tikus merupakan hewan yang pintar dan jarang terjebak dengan jebakan atau lem tikus. Bila tikus tidak terjebak, anda bisa menggunakan zat pembasmi tikus atau menggunakan suara yang ditakuti tikus. 

Hewan yang Menguntung Pohon Bidara 

Selain hama yang merugikan, ada juga hewan yang menguntung dan membantu proses pertumbuhan pohon bidara. Hewan seperti kupu-kupu, tawon, dan lebah bisa membantu proses penyerbukan pada bunga bidara. 

Selain itu, capung dan belalang sembah juga membantu pohon bidara dengan cara memakan hama-hama yang sering mengganggu tanaman yang satu ini. 
Hama
Sumber: lampost.co
Pohon bidara milik anda paling sering diserang oleh hama yang mana? Apapun jenis hamanya, kini anda telah tahu cara mengatasinya, ya. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Hama yang Merugikan Pohon Bidara dan Cara Mengusirnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel