Artikel Pilihan

Matoa, Buah Kecil dengan Berjuta Manfaat Baik Bagi Kesehatan

Ciri Ciri Pohon Buah Matoa

Sudah kenal belum dengan buah kecil, manis, legit dan kaya akan manfaat ? Iya.. buah tersebut adalah buah Matoa, buah asli Papua yang memiliki banyak keunikan. Selain disebut dengan buah yang langka, buah Matoa memiliki bentuk unik yang berbeda dengan buah lainnya.

Buah Matoa yang telah matang berbentuk lonjong, memiliki kulit yang sedikit keras dan berwarna hijau tua sedikit merah kecoklatan. Daging buah yang dibalut dengan cangkang/kulit akan membuat bagian dalam terlindungi dari kotoran serta hama buah. Sehingga jika terjatuh tetap terjaga kebersihan dan rasa buahnya.

Seperti buah tropis lainnya dan tergolong buah kecil, pohon buah Matoa membutuhkan banyak asupan air. Karena itu, pohon buah Matoa hanya dapat berkembang pada tanah yang memiliki kriteria gembur, subuh dan berada pada curah hujan yang tinggi. Keadaan tanah yang baik inilah yang membuat buah Matoa mengandung banyak khasiat bagi tubuh.

Apa saja khasiatnya, yuk kita simak ulasannya!



Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kondisi tubuh manusia yang normal adalah memiliki tekanan darah antara 90/60 mmHG sampai 120/80 mmHG. Jika mencapai 140/ 90 mmHG akan disebut memiliki tekanan darah yang tinggi. Tekanan darah tinggi akan berakibat fatal bagi tubuh diantaranya dapat menyebabkan serangan jantung bahkan stroke.

Buah Matoa merupakan salah satu buah kecil yang mampu menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan buah Matoa mengandung zat yang memiliki sifat diuresis atau mampu meningkatkan jumlah cairan yang dikeluarkan oleh tubuh. Bahkan menurut beberapa penelitian ekstrak yang diambil dari biji dan daun dapat dijadikan obat penurun tekanan darah tinggi.

Membantu Melawan Kuman dan Penyakit

Tubuh manusia dewasa membutuhkan asupan vitamin C sejumlah 75 sampai 95 miligram per hari. Tak hanya dari minuman yang mengandung vitamin C, makanan berupa buah yang dikonsumsi juga mampu untuk memenuhi kebutuhan vitamin C bagi tubuh.

Buah Matoa tidak hanya dapat membantu memenuhi kebutuhan akan vitamin C karena buah kecil ini juga mengandung mineral, vitamin E dan zat besi yang juga diperlukan oleh tubuh. Saat kondisi lingkungan saat ini, mengkonsumsi buah matoa merupakan pilihan yang tepat. Karena kandungan vitamin di dalamnya dapat membantu melawan segala macam virus dan kuman penyakit termasuk virus corona.

Menangkal Berbagai Penyakit Berbahaya Bagi Tubuh

Tahukah anda mengapa banyak orang bisa terkena diabetes, kanker atau penyakit menyeramkan lainnya ? Hal ini ternyata dikarenakan kandungan radikal bebas yang terdapat dalam tubuhnya. Tubuh sendiri mempunyai kandungan radikal bebas namun jumlahnya tidak seberapa namun radikal bebas dari luar justru paling banyak diserap oleh tubuh. Beberapa diantaranya seperti asap rokok, asap kendaraan, minuman beralkohol dan makanan yang mengandung minyak berlebih.

Karena itu mengkonsumsi buah yang mengandung zat Tanin sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Buah Matoa merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan zat Tanin karena itu sangat dianjurkan untuk sering mengkonsumsi buah ini.
Ciri Ciri Pohon Buah Matoa
Sumber: katusba.com

Membantu Program Kehamilan

Memiliki buah hati merupakan impian dari setiap pasangan yang sudah menikah. Sehingga banyak pasangan yang mengupayakan segala cara untuk dapat memperoleh keturunan yang sehat dan cerdas. Program hamil dilakukan oleh calon ibu, dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan dan buah – buahan yang mampu meningkatkan produktivitas sel telur serta memperkuat dinding rahim dalam tubuh.



Vitamin E dan zat antioksidan merupakan dua zat yang diperlukan dalam program ini. Dan diantara buah lainnya, buah Matoa ternyata memiliki kandungan vitamin E dan zat antioksidan yang mumpuni. Karena itu buah Matoa dapat dijadikan alternatif buah saat menjalankan program kehamilan.

Wah, mengejutkan sekali bukan khasiat dari buah Matoa. Meskipun tergolong buah kecil namun manfaat yang dihasilkan oleh buah Matoa sangatlah besar. Meski memiliki harga yang relatif mahal dan sulit untuk diperoleh, buah Matoa layak dijadikan buah favorit karena rasa dan juga kandungan zat – zat penting di dalamnya.

Belum ada Komentar untuk "Matoa, Buah Kecil dengan Berjuta Manfaat Baik Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel