Artikel Pilihan

Pohon Bidara Akan Menunjukkan Gejala Ini Kalau Kekurangan Unsur Hara

Pohon Bidara

Unsur hara merupakan salah satu komponen yang penting dalam pertumbuhan pohon bidara. Unsur seperti nitrogen, phospor, dan kalium dapat membuat pohon bidara jadi kuat dan sehat. Anda dapat memberikan pupuk yang mengandung berbagai unsur hara untuk tanaman atau memilih tanah yang mengandung unsur hara dengan jumlah yang banyak.

Unsur hara ada dua jenis, yaitu unsur hara makro dan mikro. Unsur hara makro merupakan unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. Unsur hara mikro dibutuhkan pohon bidara dalam jumlah yang sedikit. Anda harus mengetahui gejalan yang ditunjukkan oleh bidara kalau kekurangan unsur hara. 

Gejala yang Ditunjukkan Pohon Bidara Kalau Kekurangan Unsur Hara 

Pohon Bidara
Sumber: dream.co.id

1. Kekurangan Nitrogen 

Pohon bidara sangat membutuhkan nitrogen karena dapat merangsang pertumbuhan. Unsur hara dengan lambang N ini merupakan unsur hara makro yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang banyak. 

Tanaman akan menunjukkan banyak gejala kalau kekurangan nitrogen. Salah satu gejalanya pohon bidara jadi kecil, pendek, kurus, dan tidak tumbuh. Daun bidara yang tumbuh juga kekuningan dan mudah layu. 

Sangat jarang ada buah bidara kalau pohonnya kekurangan nitrogen. Kalau berbuah, buahnya tidak akan berkualitas, biasanya kecil dan cepat busuk. 

2. Kekurangan Phospor 

Phospor juga merupakan unsur hara makro yang sangat dibutuhkan oleh pohon bidara. Peran phospor sangat penting untuk membentuk karbohidrat dan protein, serta membantu proses pernapasan. 

Bila kekurangan unsur berlampang P ini, daun bidara akan cepat menua dan warnanya berubah merah serta mengkilap. Sedangkan bagian batang dan cabangnya juga akan berubah merah keunguan. Tidak lama kemudian, batangnya akan segera layu. 

3. Kekurangan Kalium 

Satu lagi unsur hara makro yang dibutuhkan oleh pohon bidara. Kalium berfungsi untuk memperkuat tanaman. Tanpa adanya unsur hara yang satu ini, tumbuhan bidara akan cepat kering dan akhirnya mati. 

Daun bidara yang cepat mengering, keriting, serta mengkerut menjadi tanda kalau pohon kekurangan unsur hara yang berlambang K ini. Agar lebih pasti, lihat dengan teliti daunnya. Kalau muncul noda merah atau cokelat, bisa jadi pertanda tumbuhan kekurangan kalium. 

Selain itu, buah bidara yang tumbuh memang sangat jelek, kecil, dan akan cepat membusuk. Hal ini terjadi karena pembentukan karbohidrat dan protein yang kurang sempurna. 

4. Kurang Kalsium 

Kalsium merupakan unsur hara mikro yang sebenarnya dibutuhkan pohon bidara dalam jumlah yang sedikit saja. Namun, kekurangan unsur yang satu ini tetap bisa membuat tumbuhan tidak subur. 

Tanda-tanda pohon bidara yang kekurangan kalsium bisa dilihat dari tepi daunnya yang mulai berubah warna menjadi kuning. Warna kuning ini akan terus menjalar hingga mencapai tulang daun. 

Kalau sudah mencapai tulang daun, tandanya pohon bidara sudah sangat membutuhkan kalsium. Selain itu, kalau tumbuhan yang anda miliki masih sangat mudah, risiko tumbuhan tersebut mati sangat besar bila kekurangan kalsium. 

5. Kurang Magnesium 

Unsur hara mikro selanjutnya yang dibutuhkan oleh pohon bidara adalah magnesium karena unsur yang satu ini membantu proses pembentukan zat hijau daun. Selain itu, magnesium juga berperan membentuk lemak dan karbohidrat. 

Coba lihat daun bidara, kalau warnanya berubah menjadi kuning, bisa menjadi pertanda pohon bidara kekurangan magnesium. Hal ini disebabkan karena klorofil atau zat hijau daun tidak terbentuk. 

 Daun bidara juga akan cepat kering dan akhirnya rontok. Daya tahan buah bidara juga berkurang sehingga tidak bisa kamu konsumsi. 

6. Kekurangan Belerang 

Meski hanya dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit, belerang tetap berperan untuk membentuk akar pohon bidara. Kalau kekurangan belerang, tumbuhan akan menunjukkan gejala umum seperti kekurangan unsur hara lainnya. 

Gejala yang ditunjukkan antara lain adalah warna hijau pada daun tidak merata serta agak putih. Kalau terus dibiarkan, daun bidara akan berubah warna menjadi kuning. Tumbuhan juga akan jadi kecil dan tidak kokoh. 

7. Seng 

Unsur hara dengan lambang Zn ini memiliki peran yang sangat penting, meski hanya sedikit dibutuhkan. Seng berperan untuk membentuk enzim penting bagi pohon bidara. Unsur yang satu ini juga berperan untuk membentuk batang yang kuat dan tinggi. 

Gejala yang sering terlihat kalau pohon bidara kekurangan unsur seng adalah daun bidara berubah warna menjadi kuning atau merah. Daun juga mudah berlubang dan kering meski tidak ada hama. 

Pertumbuhan pohon bidara juga seolah berhenti dan terus mengalami keguguran kalau kekurangan Seng. 

Cara Memenuhi Kebutuhan Unsur Hara untuk Pohon Bidara 

Setelah mengetahui gejala tanaman yang kekurangan unsur hara, anda harus segera melihat pohon bidara yang anda miliki. Kalau ternyata pohon anda menunjukkan gejala yang sama, bisa jadi tanda kalau kekurangan unsur hara. 

Untuk memenuhi unsur hara bagi pohon bidara, anda bisa memberikan pupuk yang tepat. Banyak pupuk yang mengandung unsur kalium, nitrogen, dan phospor karena ketiga unsur tersebut memang dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang banyak. 

Ada juga beberapa pupuk yang khusus mengandung beberapa unsur mikro. Anda hanya perlu menyesuaikan pupuk tersebut dengan gejala yang ditunjukkan pohon bidara anda. 
Pohon Bidara
Sumber: 99.co
Apakah pohon bidara yang anda miliki menunjukkan gejala yang disebutkan? Kalau iya, anda harus segera memberikan tambahan unsur hara yang kekurangan agar tanaman tidak cepat mati, ya.

Belum ada Komentar untuk "Pohon Bidara Akan Menunjukkan Gejala Ini Kalau Kekurangan Unsur Hara "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel