Artikel Pilihan

Sajian Buka Puasa Kreatif Dengan Buah Matoa

Tidak terasa sebentar lagi bulan suci Ramadhan akan segera berakhir, namun kemeriahan sajian berbuka puasa masih dapat dinikmati. Setelah seharian menahan haus dan lapar, sajian buka puasa dengan rasa yang manis dan menyegarkan merupakan pilihan yang tepat.

Sajian buka puasa berupa es buah atau kolak merupakan menu yang paling banyak diminati. Menggunakan pisang yang manis, berbagai macam buah – buahan yang segar merupakan isian yang paling sering disajikan dalam es buah. Namun, ternyata buah Matoa dapat juga dijadikan alternatif sajian berbuka puasa.

Ciri Ciri Pohon Buah Matoa

Buah Matoa memiliki karakteristik rasa yang manis, daging buah yang kenyal serta memiliki kandungan air yang banyak sehingga sangat cocok disajikan sebagai menu berbuka puasa.



Buah Matoa Sebagai Kudapan

Buah Matoa adalah buah yang tumbuh di negara yang beriklim tropis. Buah ini hanya dapat tumbuh dan berkembang pada tanah yang gembur serta membutuhkan banyak air. Karena itu buah Matoa mengandung banyak vitamin C, E dan antioksidan yang sangat baik dan berguna bagi tubuh.

Seharian berpuasa namun tetap beraktivitas tentu menguras tenaga dan juga energi. Karena itu menyantap buah Matoa merupakan sajian buka puasa yang paling tepat. Mengkonsumsi 3 – 5 butir buah Matoa setelah minum segelas air putih mampu mengembalikan energi dan memberikan kesegaran.

Sebagai Isian Sup Buah

Sup buah merupakan sajian minuman pelepas dahaga dengan berbagai buah yang memiliki tekstur menyegarkan. Jika kita biasa menjumpai mangga, semangka, melon, buah naga, nanas dan kelengkeng dalam satu mangkuk tentu merupakan hal yang lazim. Tapi tentu akan menjadi spesial jika buah Matoa ikut serta di dalamnya.

Matoa memiliki tekstur yang hampir mirip dengan buah leci dan kelengkeng yaitu daging buah yang kenyal, memiliki rasa manis, beraroma wangi dan mengandung banyak air. Sehingga akan menjadi sup buah spesial jika potongan daging buah Matoa menjadi isian dalam sup buah yang disajikan sebagai menu berbuka puasa.

Sebagai Isian Puding

Melewati 30 hari masa puasa tentu makanan yang disajikan harus bervariasi. Makanan yang lezat tentu akan membuat waktu berbuka puasa menjadi berkesan dan layak untuk dinantikan. Selain puding coklat, puding dengan rasa buah merupakan menu yang layak disajikan untuk berbuka puasa.

Buah Matoa adalah salah satu jenis buah yang cocok di ‘duet’ kan dengan puding. Masak agar – agar / jelly rasa plain, masukan gula ½ dari takaran seharusnya, kemudian potong buah matoa kecil – kecil dan tata didalam cetakan. Tuangkan agar – agar atau jelly yang telah masak, setelah dingin siap untuk disantap.



Salad Buah

Sajian salad buah kini sedang menjadi tren di kalangan pecinta kuliner di Indonesia. Bagaimana tidak , dalam semangkuk salad buah, lidah kita diajak untuk menjelajahi beberapa rasa buah yang memiliki keunikan rasa masing – masing. Mulai dari asam, manis dan juga tanpa rasa. Dengan menyertakan beberapa porong buah matoa dan salad buah, akan membuat rasa manis alami lebih terasa.

Ice Tea Matoa

Dengan tekstur yang menyerupai buah leci, merupakan suatu hal yang baru jika membuat sajian dengan resep yang sama dengan Ice Tea Leci. Pertama siapkan gelas kosong, isi dengan dua sendok makan sirup leci , kemudian isi dengan seperempat air teh tawar, isi dengan es batu kemudian tambahkan 3 potong buah Matoa tanpa biji. Hmmm...pasti rasa nya menyegarkan.
Ciri Ciri Pohon Buah Matoa
Sumber: recipeamak.blogspot.com
Lima menu diatas dapat anda siapkan sebagai menu penyegar menjelang berbuka puasa. Meski belum banyak ditemui, sajian ini dapat pula disajikan sebagai menu kreatif dalam bisnis kuliner. Selamat mencoba, ya!

Belum ada Komentar untuk "Sajian Buka Puasa Kreatif Dengan Buah Matoa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel