Artikel Pilihan

Tempat Mencari Bakal Bibit Bonsai Beringin yang Bagus

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin

Agar memiliki bonsai beringin yang bagus, anda harus mencari bakal bibit yang kuat dan berkualitas. Bakal bibit itu didapatkan dari batang pohon beringin yang dilakukan dengan cara mencangkok, stek, atau okulasi. Anda harus mencari bibit bonsai beringin dari pohon beringin yang tumbuh sehat dan lebat.

Anda bisa saja membeli bibit bonsai beringin di toko tanaman atau toko online. Namun, kualitas bibit dari toko-toko tersebut juga tidak sebagus langsung mengambil dari alam liar. Kalau ada memiliki jiwa petualang, mungkin anda harus mencari langsung bakal bibit dari tempat pohon beringin tumbuh. Anda harus mengetahui habitat pohon beringin terlebih dahulu.

Dimana Bakal Bibit Bonsai Beringin Bisa Didapatkan?

Karena bakal bibit bonsai beringin adalah pohon beringin, anda harus mencari ke tempat habitat pohon ini tumbuh. Ada beberapa habitat dari tumbuhan yang satu ini.



1. Di Hutan Tropis

Habitat utama dari pohon bakal bibit bonsai beringin ini adalah di hutan tropis. Pohon yang masuk dalam kelas Magnoliopsida ini akan banyak anda temukan di hutan tropis dengan ketinggian kurang lebih sekitar 600 meter dari permukaan laut.

Bila anda tinggal di daerah dataran tinggi, anda dapat dengan mudah menemukan pohon beringin. Daerah di dataran tinggi juga banyak memiliki hutan tropis yang dipenuhi dengan pohon beringin.

2. Dekat Sumber Air

Pohon beringin memang memiliki habitat di dataran yang lumayan tinggi. Namun, anda yang tinggal di dekat sumber air tetap bisa mencari bakal bibit bonsai beringin ini. Pohon beringin juga banyak ditemukan dekat dengan sumber air.

Anda dapat menemukan tumbuhan dari famili Moraceae ini di dekat danau, telaga, dan bahkan pantai. Tanaman ini juga sering ditanam di daerah yang mudah banjir karena akarnya yang mampu menyerap banyak air.

3. Kawasan Bebatuan

Anda juga akan menemukan bakal bibit bonsai beringin di kawasan bebatuan. Kawasan bebatuan atau karst juga menjadi tempat tinggal pohon beringin. Akar pohon beringin yang kuat mampu menembus batu-batu yang keras.

4. Beberapa Wilayah di Indonesia

Anda akan menemukan pohon beringin dengan mudah di berbagai wilayah Indonesia. Bonsai beringin mudah tumbuh di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Pohon dari genus Ficus ini juga tumbuh di Sulawesi, tetapi hanya sedikit.


5. Negara Asia dan Pasifik

Selain di Indonesia, bonsai beringin juga tumbuh di beberapa negara lainnya, khususnya di Asia dan Pasifik. Di Asia, pohon dari ordo urticales ini menyebar di Australia dan Malaysia. Sedangkan di Pasifik, tanaman ini tumbuh di Florida, Arizona, dan Hawaii.

6. Daerah Curah Hujan Tinggi

Salah satu karakteristik dari bonsai beringin adalah akarnya yang mampu menyerap banyak air dan menyimpannya sebagai cadangan energi. Hal ini menyebabkan pohon beringin senang tinggal di daerah yang curah hujannya tinggi.

Anda dapat mencari pohon beringin di Jambi, Riau, Bangka Belitung, dan Sumatera Selatan. Daerah tersebut memiliki curah hujan yang paling tinggi di Indonesia.


Membedakan Bonsai Beringin Dengan Tanaman Lain

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin
Sumber: i.pinimg.com
Saat mencari bibit bonsai beringin di daerah yang telah disebutkan sebelumnya, anda mungkin kebingungan membedakan pohon beringin dengan pohon lainnya. Karena itu, anda harus mengetahui keunikan yang hanya dimiliki pohon ini.



Pohon dengan nama latin Ficus Benjamina ini memiliki akar gantung yang berasal dari bunga semu. Akar gantung ini akan banyak menjuntai dari setiap cabangnya. Akar gantung ini berfungsi sebagai membantu proses respirasi saat pohon ini melakukan fotosintesis.

Ciri-ciri lainnya yang harus anda ketahui dari bakal bibit bonsai beringin ini adalah tingginya yang mencapai 15 sampai 25 meter dengan daun yang lebat. Dengan bentuknya yang tinggi, banyak orang yang berteduh di bawahnya.

Apakah anda jadi bersemangat dan langsung ingin pergi berburu bibit bonsai beringin di tempat tinggal utama tanaman ini? Bila anda tidak suka melakukan petualangan, anda tetap dapat membeli di berbagai toko tanaman. Selamat mencoba!

Belum ada Komentar untuk "Tempat Mencari Bakal Bibit Bonsai Beringin yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel