Artikel Pilihan

Mitos-Mitos yang Paling Sering Diucapkan Soal Pohon Beringin

Ciri Ciri Pohon Beringin

Kalau anda penggemar pohon beringin atau bonsai beringin, anda pasti sering mendengar mitos soal tanaman ini. Kesan angker merupakan mitos yang sering berhembus berhubungan dengan bonsai beringin. Sebenarnya tidak ada bukti ilmiah tentang mitos tersebut, tetapi hampir semua orang tetap mempercayainya.

Beberapa daerah di Indonesia masih menyimpan beberapa cerita angker. Jika anda tinggal di salah satu daerah angker tersebut, coba anda perhatikan. Kebanyakan tempat angker tertanam pohon beringin atau bonsai beringin. Selain mitos angker, masih ada beberapa mitos yang perlu anda ketahui.

Mitos Tentang Pohon Beringin

1. Menolak Bahaya

Mitos ini merupakan kepercayaan dari Tradisi Masangin. Mitos ini mengatakan kalau anda bisa melewati pohon beringin kembar yang berada di dekat Keraton Yogyakarta dengan mata tertutup, anda akan terhindar dari bahaya.



Tradisi Masangin dilakukan setiap malam 1 suro. Aturannya sangat gampang, anda hanya perlu melewati celah antara dua pohon beringin di dekat Keraton Yogyakarta dengan mata tertutup.

Tradisi melewati pohon beringin ini berasal dari adat Jawa dan terus dilakukan, baik siang maupun malam. Gara-gara mitos ini, banyak orang dari luar Yogyakarta yang ingin mencobanya. Apakah anda ingin mencobanya juga?

2. Tempat Tinggal Genderuwo

Genderuwo adalah setan yang memiliki rupa seperti kera. Anda pasti sering mendengar tentang Genderuwo saat masih kecil. Setan ini berasal dari adat Jawa dan dipercaya tinggal di pohon beringin atau bonsai beringin.

Pohon dengan daun yang sangat rindang dengan akar menggantung yang tidak kalah banyaknya pasti menimbulkan kesan seram kepada siapa saja yang melihatnya. Ternyata, kisah pohon beringin sebagai tempat tinggal Genderuwo sudah diceritakan sejak zaman dahulu.

Sebagian orang percaya bahwa pohon beringin adalah istana bagi para makhluk halus. Bahkan banyak orang mengaku melihat penampakan di pohon beringin. Apakah anda pernah melihat penampakan di tanaman bonsai beringin yang anda rawat?
Tidak Boleh Ditebang

Mitos selanjutnya adalah pohon beringin dan bonsai beringin tidak boleh ditebang dan dibuang. Mitos ini mungkin berhubungan dengan mitos tumbuhan ini sebagai tempat tinggal para makhluk halus.

Orang-orang percaya bila menebang pohon beringin maka akan menimbulkan kesialan. Banjir besar dan longsor mungkin akan menghantam tempat pohon itu ditebang.
Ciri Ciri Pohon Beringin
Sumber: wikipedia.org

3. Jangan Kencing di Pohon Beringin

Kalau anda memiliki bonsai beringin, jangan pernah mengencingi tanaman tersebut. Mitos ini masih berhubungan dengan makhluk halus. Kalau anda kencing di bawah pohon beringin, anda akan mengalami gangguan dari setan.

Para setan dan jin akan merasa terganggu dengan anda karena rumah mereka diganggu oleh anda. Begitulah gambaran secara garis besarnya.

4. Dilarang Bermain di Akar Gantung

Kalau anda memperhatikan bonsai beringin, pasti ada akar gantung di sekitar batangnya. Pohon beringin juga memiliki akar gantung yang sama. akar tersebut sangat kuat dan cocok dijadikan mainan, seperti Tarzan.

Ada mitos yang mengatakan kalau anda tidak boleh bermain di akar gantung itu kalau hidup anda tidak ingin bergantung kepada orang lain. Anda akan mengalami banyak musibah dalam kehidupan sehingga susah untuk mandiri.

Penjelasan dari Mitos Beringin

Setiap mitos dari pohon beringin pasti memiliki penjelasan ilmiahnya. Mitos yang menyebutkan bahwa menebang pohon beringin akan membawa kesialan ternyata berhubungan dengan karakteristik pohon tersebut.

Pohon beringin memiliki akar yang menyerap banyak air sehingga dapat menahan banjir atau longsor. Kalau anda menebang pohon tersebut, tidak akan ada yang mampu menyerap air lagi sehingga daerah itu menjadi lebih mudah banjir dan terkena bencana lainnya.



Kesan yang membuat tempat sekitar pohon beringin tumbuh menjadi angker juga memiliki penjelasan ilmiah. Keberadaan tanaman ini akan membuat udara sekitar menjadi lembab. Hal inilah yang membuat kesan angker di sekitarnya.

Anak-anak sangat suka bermain di akar gantung yang ada di pohon tersebut. Karena takut jatuh, orang tua mengarang cerita yang membuat anak enggan bermain di akar itu lagi. Nyatanya tidak ada yang bisa menjelaskan hubungan akar gantung dengan nasib seseorang.

Apakah anda merasa takut setelah membaca tentang beberapa mitos terkait pohon beringin? Semua mitos dari pohon beringin memiliki penjelasan yang ilmiah. Jadi, anda tidak perlu takut.

Belum ada Komentar untuk "Mitos-Mitos yang Paling Sering Diucapkan Soal Pohon Beringin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel