Artikel Pilihan

Tahu Pohon Angsana? Kenali Juga Beberapa Kerabatnya

Ciri Ciri Pohon Angsana

Angsana merupakan salah satu jenis pohon besar yang bisa kita temukan dengan mudah di Indonesia. Pohon Angsana atau yang lebih akrab dikenal dengan Pohon Sonokembang ini bisa tumbuh mencapai 40 meter tingginya dan bisa sangat rimbun sehingga bisa menjadi peneduh yang sangat baik.

Pohon Angsana ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk lingkungan dan juga untuk manusia, mulai dari manfaat untuk lingkungan yaitu sebagai penyerap polutan yang baik dan juga daun serta kulit kayunya yang ternyata bermanfaat untuk menyehatkan manusia. Mulai dari mengurangi kadar kolesterol hingga membantu untuk mencegah penyakit diabetes.

Baca juga : Berapa Harga Bibit Pohon Angsana Berkualitas?

Pohon yang lebih akrab dengan nama Sonokembang ini ternyata memiliki nama pohon yang berbeda di tiap daerah di Indonesia bahkan sebutannya di negara lain juga berbeda. Selain itu, ternyata Pohon Angsana juga memiliki kerabat yang masih satu rumpun.




Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada Anda mengenai kerabat dari Angsana sehingga Anda lebih mengenal lagi Pohon Angsana. Tahu Pohon Angsana? Kenali juga beberapa kerabatnya!

Kerabat Dekat Pohon Angsana

Mungkin banyak dari Anda yang sudah mengetahui bagaimana wujud dari Pohon Angsana, namun banyak dari Anda yang belum mengenal nama latin dari Pohon Angsana atau Sonokembang ini. Angsana atau Sonokembang memiliki nama latin atau nama binomial Pterocarpus indicus.

Marga dari Pterocarpus ini memiliki sekitar 20 jenis spesies anggota. Yang tersebar di seluruh dunia, yaitu sekitar 11 spesies yang tersebar di Afrika Barat. Kemudian sebanyak 5 spesies yang tersebar di Indo-Pasifik, dan kemudian sekitar 1 spesies yang tersebar secara merata dan alami di kawasan Malesia yaitu Pterocarpus indicus.

Dan sisanya yaitu 4 spesies lainnya, tersebar di Indo-Pasifik yang juga menghasilkan kayu Narra. Berikut merupakan beberapa kerabat dekat Pohon Angsana yang harus Anda ketahui:

1. Pterocarpus Santalinus L.F (India)

Yang pertama adalah Pterocarpus Santalinus yang memiliki nama umum Cendana merah atau red sanders. Kerabat dari Angsana yang satu ini merupakan salah satu jenis spesies Pterocarpus yang bisa ditemukan di pegunungan selatan Ghats di India Selatan.

Baca juga : Mengetahui Ciri-Ciri Utama Pohon Angsana

Pohon ini memiliki khas warna merah pada kayunya, serta tidak berbau aromatik kayunya. Tidak seperti Angsana yang digadang-gadang mampu tumbuh 40 meter, jenis ini hanya mampu tinggi sampai 8 meter saja. Selain itu juga memiliki buah yang panjangnya 6 sampai 9 cm.

2. Pterocarpus marsupium Roxb (India)

Jenis kerabat dari Angsana yang kedua adalah Pterocarpus marsupium Roxb yang dikenal juga sebagai nama Malabar kino atau pohon Kino yang bisa ditemukan di India. Jenis Pterocarpus marsupium Roxb ini bisa tumbuh besar hingga 30 meter. Di India, pohon ini akan dengan mudah kita temukan di wilayah Ghats Barat di wilayah Karnataka-Kerala dan di hutan India Tengah, Sri Lanka, dan juga Nepal.

3. Pterocarpus macrocarpus Kurz (Burma, Thailand, Indocina)

Ciri Ciri Pohon Angsana
Sumber: live.staticflickr.com
Yang ketiga adalah Pterocarpus macrocarpus yang merupakan salah satu jenis pohon asli dari hutan tropis di kawasan Asia Tenggara tepatnya di Myanmar, Kamboja, Laos, Thailand, dan Vietnam. Pohon yang masih kerabat dekat dari Angsana ini bisa tumbuh mencapai 10 meter hingga 30 meter dengan diameter batang mencapai 1,7 meter.

Kulit pohonnya berwarna abu kecoklatan, yang memiliki warna bunga sama seperti bunga Angsana yaitu warna kuning. Sama seperti Angsana, kayu dari adalah Pterocarpus macrocarpus tahan terhadap rayap sehingga baik digunakan untuk industri mebel.

4. Pterocarpus dalbergioides Roxb (Kep. Andaman)





Kerabat dekat dari Pohon Sonokembang atau Angsana yang selanjutnya adalah Pterocarpus dalbergioides yang bisa dengan mudah ditemukan di kepulauan Andaman. Pohon yang satu ini disebut juga sebagai Pohon Mahoni India Timur atau Andaman redwood. Namun sama seperti spesies yang lainnya, sering disebut sebagai kayu Narra.

Nah sekarang Anda sudah mengetahui apa saja jenis-jenis dari Angsana dan juga kerabat dekatnya. Mungkin memang tidak sama persis, namun jenis-jenis pohon di atas memiliki kemiripan dengan Angsana dan bisa dibilang masih menjadi satu kerabat.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Tahu Pohon Angsana? Kenali Juga Beberapa Kerabatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel